Widget HTML Atas

Tahu Balik Binjai di Pondok Surya, Rasanya Maknyus!

Siapa sih tak kenal "tahu"? makanan sejuta umat yang berasal dari fermentasi tepung kedelai tersebut sudah kandung familiar bagi masyarakat Indonesia lantaran memiliki cita rasa gurih dan bergizi. Tetapi resep yang satu ini mungkin jarang ada di kota lain yaitu Tahu Balik Binjai.

tahu balik
tahu balik di pondok surya - via @sanny.lavier
Menu spesial Tahu Balik Binjai menjadikan Pondok Surya di Kampung Tanjung, Kota Binjai ketiban untung. Meski sajian kuliner uniknya sudah banyak diikuti oleh warung-warung lain. Rasanya akan lebih maknyus kalau mencicipinya langsung ke rumah makan yang membuat nama Tahu Balik Binjai terkenal, bukan?

Di Pondok Surya, Tahu Balek adalah panganan paling populer yang banyak diburu oleh para foodies setelah sempat viral beberapa waktu lalu. Sembari menunggu pemilik dan stafnya mengolah tahu balek, di tempat ini kita bisa sekalian cuci mata karena lokasi warungnya berada di tepi sungai nan hijau.

Pondok Surya merupakan warung yang boleh dibilang sudah berpengalaman meracik berbagai resep makanan. Lantaran usia tempat makannya sudah eksis kurang lebih selama 9 tahun. Warung tersebut sudah cukup terkenal, baik bagi warga sekitar maupun luar kota sebagai destinasi wisata di Binjai bidang kuliner.

Lokasi Pondok Surya

pondok surya
pondok surya - via @changliehwa
Letak Pondok Surya sendiri memang bukan berada di jalur strategis. Jika baru pertama kali ke sini mungkin sedikit muter-muter bahkan tak sedikit juga yang ujungnya kesasar. Supaya lebih detail, baiknya menggunakan google maps.

Intinya, dari jalan raya terus arahkan kendaraan ke alamat Pondok Surya yaitu di jalan Ade Irma, Gang Anggrek Nomor 06, Binjai Kota. Nanti setelah ketemu simpang gang yang agak sempit, masuk saja sampai mentok dan menjumpai plang yang menandakan kamu sudah sampai ke tujuan.

Perlu diketahui, tahu balik dan makanan lainnya di Pondok Surya ini halal untuk disantap. Tak perlu kaget jika melihat pengunjungnya yang didominasi etnis Tionghoa ya. Mengenai tempat parkir, areanya lumayan luas, bisa menampung beberapa mobil dan kendaraan roda dua

Resep Dibalik Tahu Balik

Setelah memilih tempat duduk yang pas di hati, saatnya untuk mengunyah menu utama Pondok Surya. Eits, jangan lupa untuk pesan terlebih dahulu ya. Pada menu yang tertera, pastikan order 1 porsi tahu bolak balek, nanti sudah ditambahkan juga sambal TB yang diramu spesial.

Sambil menunggu sang koki selesai memasak, minum sebotol teh sosro atau teh manis dingin untuk melegakan tenggorokan tentu nikmat. Kalau berbicara mengenai Pondok Surya dari segi tampilan, warung ini tampak sederhana, bukan sesuatu yang terkesan instagenik dan kekinian.

Di balik kelezatan Tahu Balik, tersimpan resep keluarga, mulai dari tahun 2000-an sampai sekarang, resep tersebut tetap dipertahankan. Dari segi kebersihan tak perlu diragukan, apalagi tahu-nya dibuat sendiri oleh pengelola. Jadi tidak dibeli dari pajak (pasar) ya.

Berdasarkan penuturan sang pemilik, tahu balek memang paling laris dibandingkan menu lainnya. Kurun satu minggu, warung makan ini bisa menjual ribuan potong. Peredarannya tak cuma di Kota Binjai, pesanan berdatangan dari luar kota. Sayangnya, Pondok Surya di Medan belum ada hingga sekarang.

Cita Rasa Tahu Bolak Balek

tahu balik pondok surya
tahu balik pondok surya - via @shandyaurora87
Mengupas Tahu Balik merupakan hal paling ditunggu, usai pelayan meletakkan piring berisikan tahu yang penyajiannya tidak berlebihan, air liur langsung berdesir dan tak sabar untuk segera melahapnya. Emang bagaimana sih bentuknya?

Jadi, tahu tersebut sedikit mirip dengan tahu yang diisi dengan potongan bakso daging ayam. Bedanya, tahu tersebut dibolak-balikkan, bagian dalamnya dibuat keluar terlebih dahulu, setelah itu digoreng dengan panas merata sampai matang.

Karena melalui proses penggorengan, rasa tahu balik terdengar kriuk-kriuk tatkala dikunyah. Sedangkan bagian dalam, tekstur makanannya terasa lebih lembut karena diisi dengan bakso ayam pilihan. Supaya lebih maknyus dan menggigit dilidah, sambal TB-nya jangan sampai kelupaan.

Warung Pondok Surya juga menawarkan beragam panganan lain yang nggak kalah sedap dan maknyus yaitu mie goreng/kuah, bakso ayam, mie soup, indomie goreng belacan dan aneka varian tahu goreng seperti kisy-kisy dan ojek. Berbagai minuman yang mampu menetralisir rasa pedas juga disediakan.

Baca Juga: 6 Kolam Renang Di Binjai yang Wajib Dikunjungi

Harga Per Porsi

tahu bolak balek
image via @sansanhuang90
Satu porsi tahu balik dibandrol dengan harga Rp25.000 - 35.000,-. Sedangkan makanan dan minuman lainnya sekitar Rp10.000 ke atas. Jika mau menjadikan Tahu Balik sebagai oleh-oleh atau ingin membawa pulang, kamu bisa minta pelayan untuk membungkus kudapan maknyus tersebut.

Tempat makan ini buka setiap hari senin sampai dengan minggu dari pukul 12:00 siang dan tutup pukul 21:00 atau sembilan malam. Tipsnya, usahakan datang lebih awal jika hari sabtu atau minggu supaya terlayani dengan baik, pasalnya jika sudah terlalu siang, dipastikan akan ramai pengunjung.

Seputaran Pondok Surya ini sebenarnya cukup banyak tempat makan lainnya, sebut saja Mie Pangsit Ayong, Bakso Vonny dan Es Campur Kalimantan. Jika ingin mengeksplor kuliner lainnya, spot berburu makanan itu bisa juga direkomendasikan.

Berlangganan via Email