Top Ad unit 728 × 90

8 Tempat Wisata di Binjai yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

-- --
tempat wisata di kota binjai
Kerap disebut Langkat, Binjai sebenarnya sudah berstatus sebagai Pemko pada 1956 silam. Semenjak itu, kota idaman ini semakin bertransformasi, terlihat dari pembangunan di lintas sektor termasuk industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wisata Binjai populer dengan sederet destinasi kota berupa heritage, sejarah, taman bermain dan kuliner. Pun posisinya yang strategis, berada di jalur lintas Sumatera Utara dan Aceh membuat hotel di Binjai kerap dijadikan tempat singgah oleh pemudik. Pada waktu tertentu, Dinas pariwisata setempat cukup sering menyelenggarakan berbagai event budaya.

Tempat Wisata di Kota Binjai

Berjarak 19,9 km dari Medan, Binjai si "smart city" di Sumut ini wajib dikunjungi bila traveller sedang melancong ke Medan. Nah, pariwisatasumut.net sudah menghimpun deretan tempat wisata di Binjai yang hits dan asik untuk berlibur.

1. Taman Balita Kota Binjai

taman balita binjai
Tak harus keluar duit banyak untuk traveling dengan si kecil, ada taman kanak-kanak yang ditata menarik di lapangan terbuka Kota Binjai. Layaknya tempat berlibur khusus anak-anak, Taman Balita Binjai punya banyak wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, besi panjat dan masih banyak lagi.

Asiknya, Taman Balita tersebut dapat dinikmati tanpa harus membayar tiket masuk lho!, Ya, tempat wisata yang juga menyediakan lapak baca buku gratis ini dibangun sebagai sarana rekreasi masyarakat. Nah, lokasinya berada di Jalan Veteran, Tangsi, Binjai Kota.

2. Taman Selfie Binjai

taman selfie dan kuliner binjai
Destinasi selanjutnya adalah Taman Selfie yang bahkan pengunjungnya juga datang dari Kota Medan. Bukan sekedar makan atau minum saja, traveller bisa coba berfoto di berbagai spot keren yang disiapkan pengelola lho!.

Tempat wisata kuliner di Binjai yang dekat dari stasiun kerea api ini cukup hits alias kekinian, ada banyak sekali pilihan spot foto keren di sekitar Taman Selfie seperti Hitzpark, teras terbalik, mini golf, masuk TV, teras romantis dan titi jodo yang instagenik habis!

Nah, sudah enggak sabar kan mau ke sini? langsung ke alamat Taman Selfie aja di Jalan MT Haryono Nomor 2, Kebun Lada, Binjai Utara yuk sobat!

Baca Juga: Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-Teroh di Langkat

3. Pujasera Binjai

pujasera
Mau cari tempat nongkrong di Binjai terkenal lainnya? bisa nih ke Pujasera tau Pusat Jajanan Sejuta Rasa. Berbagai menu makanan khas Nusantara bisa kamu cicipi. Selain area cukup luas, ada banyak stand dan gerai makanan di tempat ini.

Pujasera, wisata kuliner Binjai ini memang baru dibuka beberapa tahun terakhir. Namun, destinasi kuliner Binjai ini tak pernah sepi di jam buka terutama saat malam hari. Suasanya cozy dan bisa jadi tempat nongkrong ketika kamu lagi di Kota Binjai. Nilai tambahnya, ada Wi-Fi gratis lho!

Pujasera Binjai yang ikonik ini bisa kamu jumpai di Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 09, Satria, Binjai Kota. Jangan khawatir, harga makanan di sini cukup murah kok.

4. Lapangan Merdeka Binjai

lapangan merdeka foto via @iwanvanwillan
Tak salah rasanya bila menyebut Lapangan Merdeka sebagai jantung kota Binjai. Setiap hari, lapangan luas ini selalu ramai dipadati masyarakat terutama pada malam hari. Selain mencari jajanan malam, di juga ada sederet permainan yang disediakan untuk anak-anak.

Lapangan Merdeka ini cukup bersejarah, sudah ada semenjak lama dan menjadi titik lokasi untuk perhelatan event terutama dari Pemerintahan Binjai.

Baca Juga: Bukit Lawang, Wisata Paling Populer di Bahorok, Sumatera Utara

5. Tugu Pahlawan 45 Binjai

tugu pahlawan 45 foto via @maschand_naon
Nah, ini salah satu bangunan bersejarah di Kota Binjai yang mulai dibangun sejak September 1971. Tugu 45 terlihat mencolok karena berada di tepi jalan lingkar. Bangunannya unik, terdiri dari 3 patung yang tampak berdiri di atas monumen seraya memegang bendera Merah Putih.

Nah, sejarah Tugu Pahlawan 45 berawal dari keinginan Korem 023 Binjai untuk mendirikan prasasti terkait perjuangan warga Binjai di era perjuangan. 1 tahun setelah dibangun, wisata sejarah Binjai tersebut kemudian diresmikan oleh Pangdam Brigdjen TNI Jasir Hadibroto dan Marah Halim Harahap pada 17 Januari 1972.

6. Binjai Supermall

binjai supermall
Bagi yang suka belanja dan nonton film layar lebar di bioskop, Binjai Supermall paling tepat bagi kamu. Gak hanya shopping, pusat perbelanjaan modern pertama di Binjai ini kerap mengadakan berbagai event menarik, seperti kirab budaya.

Menariknya, banyak warga Medan jauh-jauh datang ke Binjai Supermall yang berada di Jalan Soekarno - Hatta, nomor 14 di Timbang Langkat ini lho. Selain sambil berjalan-jalan, para pengunjung dari Ibukota biasanya menghabiskan waktu untuk menonton bioskop di Binjai Supermall.

Baca Juga: 7 Potret Rumah Pohon Habitat di Pamah Simelir Langkat

7.  Masjid Raya Binjai

masjid raya binjai via @teza_sungger
Bangunan bersejarah lainnya di Binjai adalah Masjid Raya Binjai yang diketahui sudah berusia 120 tahun.dan masih kokoh berdiri.Masjid kebanggaan masyarakat Binjai ini dibangun pada 1840 silam dan selesai di tahun 1984.

Diresmikan oleh Kesultanan Langkat yakni Sultan Abdul Aziz, Masjid Raya Binjai yang terletak di Jalan Jalan Kh Wajid Hasyim, No 03 Pekan Binjai ini dapat sobat kunjungi setiap hari, apalagi jika kamu tertarik di bidang wisata heritage atau sejarah peradaban Islam.

8. Kolam Renang Tirta Raerim

kolam renang di binjai foto via @risnandarawang
Kolam Renang di Binjai bernama Tirta Raerim Mencirim ini sudah sejak dulu menjadi lokasi favorit bagi warga setempat yang ingin berenang atau menikmati wahana air. Yap, kolamnya sangat lengkap dan terbagi ke dalam beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan usia.

Di tepi kolam ada juga gazebo untuk bersantai. Uniknya, kolam renang ini berada di ruangan terbuka dan di sisi kolam ada pohon kelapa yang bikin suasana semakin adem. Tiket masuknya juga gak mahal, cuma Rp5.000/pengunjung. Kolam Renang Tirta Raerim berada di Jalan Ir H. Juanda, bilangan Mencirim, Binjai Timur. (LN/PSN)
8 Tempat Wisata di Binjai yang Menarik dan Wajib Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 4/21/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.