Widget HTML Atas

6 Tempat Wisata di Manduamas yang Keren Banget!

Sebelumnya, pernah nggak dengar tentang Manduamas dan objek wisata yang ada di sana?

Bagi warga kecamatan di Tapanuli Tengah, Manduamas adalah salah satu contoh lokasi yang wajib dipertimbangkan ketika kamu hendak mengisi musim liburan terdekat. Pesona tempat wisata pecahan dari Kecamatan Sirandorung ini memang tidak kalah menarik, asri dan juga indah.

Jika traveling via jalan darat, Manduamas adalah pintu akhir dari Tapteng. Sedangkan di sebelah daerah ini sudah masuk area Provinsi Aceh. Nah, transportasi ke tempat tersebut adalah Himpak. Jaraknya sekitar 9 jam dari Kota Medan.

Tak berlebihan bila kalian mengambil beberapa waktu kosong agar kalian dapat mengeksplor tempat wisata di Manduamas secara menyeluruh. Sekaligus menjelajahi pesona wisata di Sirandorung. Bisa dikatakan, destinasinya masih terjaga. Mulai dari lereng, perbukitan, rawa, pulau hingga pantai.

Manduamas

Lima tempat wisata di Manduamas ini akan menunjukkan kepada kamu bagaimana kawasan ini sangat keren dan patut direkomendasikan.

Pantai Sindeas

pantai sindeas via rudi rahaya/google map
Menilik obyek wisata pantai di Manduamas terpopuler, maka Pantai Sindeas Desa Siambaton Napa adalah tujuan rekreasi pertama yang harus kamu sambangi.

Kerap disebut sebagai landmark daerah Manduamas, pantai yang diberi anugerah keindahan alam pesisir dengan nuansa laut menyejukkan ini, selalu menjadi destinasi pilihan masyarakat lokal. Bahkan, namanya sudah sangat terkenal dari dulu.

Selain karena ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi, fasilitasnya lebih dari cukup memadai, karenanya kamu tidak akan keberatan jika membawa keluarga ikut serta berlibur. Wisata pantai yang terletak di Desa Siambaton Napa ini punya pesona lain berupa danau-danau kecil.

Pasar Onan Manduamas

manduamas
pasar onan manduamas via @jesikadanjosua
Kamu harus tahu, kalau Pasar Onan Manduamas merupakan ibukota dari kecamatan. Sebab itu, roda ekonomi masyarakat berpusat di tempat ini. Pasar yang dalam bahasa lokal disebut onan ini dimanfaatkan warga untuk jual beli hasil bumi.

Jumlah desa di Kecamatan Manduamas ini sebenarnya ada 19 buah, seperti Perluasan, Binjohara, Tumba Jae, desa Saragih, Desa Pagaran Nauli, Sarma Nauli dan Parsihotangan. Tetapi, tidak semua desa tersebut terletak di wilayah laut.

P.O Manduamas terletak pada ketinggian 14 meter di atas permukaan laut. Namun, lokasinya yang dekat dengan laut membuat suhu udara di sini cukup panas. Di ibukota dan pasar tradisional ini, kamu bisa berburu makanan lokal lebih dahulu sebelum menelusuri tempat wisata cantik lainnya.

Paling asik sih membeli ikan hasil tangkapan para nelayan yang masih segar. Nanti, ikan-ikan itu bisa diolah saat mengisi kegiatan dengan barbeque-an di pinggir pantai.

Pantai Muara Tapus

manduamas
pantai muara tapus via @siagian agia /googlemap
Sedikit bergeser ke arah desa Muara Tapus, pantai biru di Manduamas nggak kalah Instagramable. Kamu akan menemukan suasana yang ekstra menyenangkan. Pepohonan yang tumbuh rapat di tepian pantai membuat pengunjung sedang menikmati liburan di pantai private!

Infrastruktur pariwisata menuju pantai di Desa Muara Tapus ini sudah sangat layak. Baik masyarakat maupun pengurus desa berjuang untuk membenahi segala aspek agar wisatawan mudah berkunjung. Jalan yang baru dibangun di desa ini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Setibanya di sana, puaskan diri dengan berenang atau berendam. Pasir putih yang tampak cemerlang di pinggir lautnya pun begitu memesona ketika dipijak.

Pulau Mangkir Gadang

pulau mangkir gadang
pulau mangkir gadang via juli armansyah
Daerah Manduamas ini menyimpan beragam pulau kecil yang belum tersentuh. Salah satunya adalah Mangkir Gadang yang beberapa waktu lalu sempat jadi bahan rebutan antara NAD dan Provinsi Sumut. Berdasarkan surat keputusan dari pusat, diketahui bahwa 4 pulau di Sumatera Utara ini masuk wilayah Sumut.

Sayangnya, akses ke arah Pulau Mangkir masih belum begitu memadai. Wisatawan harus berjuang ekstra agar dapat menikmati keelokan alamnya. Tapi jangan khawatir, silahkan sewa kapal nelayan yang banyak ditemukan di tepi pantai.

Dolok Bunga Sirandorung

wisata manduamas sirandorung
dolok bunga sirandorung via @asrulpane
Dolok Bunga Sirandorung adalah air terjun dan pemandian alam jernih yang terletak di Kecamatan Sirandorung. Kendati berada di daerah berbeda, tetapi letaknya sendiri tidaklah terlalu jauh apabila ditempuh dari Manduamas.

Namun, bukanlah hal mudah untuk bisa sampai ke obyek wisata yang kerap disebut Sampuran Siringgare ini. Pengunjung harus berjalan kaki atau naik motor selama 2 kilometer lebih melalui perkebunan sawit. Hal ini dijamin sebanding dengan apa yang akan kamu lihat.

Curahan air terjun setinggi 25 meter dengan debit besar yang indah. Pesona wisata di Sirandorung ini benar-benar istimewa. Hanya saja, lokasinya yang terletak di Desa Pardomuan membutuhkan perhatian lebih serius, terutama mengenai kondisi jalan yang sedikit memprihatinkan.

Sungai Lae Tapus

wisata manduamas
via @rahmadloebis /googlemap
Potensi wisata alam tak kalah hebat, beberapa sungai yang diketahui bermuara di kawasan laut Manduamas menciptakan ekosistem rawa-rawa. Jika dikelola untuk tujuan pariwisata, tentu akan menjadi daya tarik baru.

Misalnya sungai Lae Tapus yang merupakan sebuah aliran sungai di Manduamas. Sungai penopang lini kehidupan ini, ditinggali beberapa spesies ikan air tawar sehingga bisa dikembangkan untuk wisata mancing. Sedangkan di bagian hilir, terdapat kawasan mangrove yang cocok untuk kegiatan ekowisata.

Kawasan hutan di daerah ini juga terjaga baik sehingga menarik untuk kegiatan lintas alam. Wajib menengok permainya saat kalian menyambangi Sirandorung. daya pikatnya memang luar biasa, apalagi view dari laut lepas dari jajaran bukit.

Berlangganan via Email