Widget HTML Atas

Pemandian Bah Tio Sajikan Kolam Alami ala Air Aqua

Masih ingat kapan terakhir kali berenang di kolam yang benar-benar alami? Jika dalam waktu dekat ini kamu punya rencana nge-trip tapi bingung hendak ke mana, maka tujuan wisata yang kali ini Pariwisata Sumut rekomendasikan adalah Bah Tio yang terletak di P. Silampuyang.

bah tio
pemandian bah tio - foto @jojoconverse /googlemap
Bagi warga lokal, Bah Tio yang berada di ketinggian 1,456 mdpl ini merupakan pemandian wisata unik. Selain karena airnya diduga kuat berasal dari Danau Toba, kejernihannya pun sebanding dengan air mineral dalam kemasan.

Nggak heran juga sih, dari Parapat ke lokasi pemandian dingin yang sering kali disebut Bah Sampuran ini hanya terpaut jarak 39,6 kilometer. Meskipun keberadaannya ditutupi oleh areal perkebunan sawit hijau. Tetapi, lumayan mudah menemukan akses kesini.

Semenjak dahulu sampai sekarang, tempat ini masih dikelola sederhana. Bahkan jauh dari kesan eksklusif. Tapi pengunjung yang datang ke pemandian Bah Sampuran nggak cuma warga Siantar dan Simalungun saja lho. Tak jarang juga wisatawan luar kota terlihat mengunjunginya.

Pemandian Bah Tio

Berlokasi di Pematang Silampuyang, Bah Tio menyajikan sederet hal menarik yang selengkapnya dapat kamu simak pada ulasan berikut.

1. Panorama Bah Tio yang Indah

image via @joshuagultom/googlemap
Walaupun pemandian Bah Tio berada di kawasan perkebunan yang dipenuhi pohon-pohon sawit. Namun, panorama yang terlihat dari bukit kecil ke arah Bah Sampuran sangat menawan sehingga spot tersebut selalu dijadikan latar berfoto oleh para pengunjung.

Luas kolam pemandian Bah Tio mencapai 160 meter dan berbentuk setengah lingkaran. Di setiap pinggir pemandian dibuat jalan setapak. Mata airnya yang terletak di bagian kiri kolam mampu menyemburkan air mineral 210 liter kubik.

Air yang mengisi cekungan kolam alami berkedalaman 1-5 meter ini tidak mengendap di situ saja lho! Pasalnya terdapat pintu air di sebelah kanan. Hal itu membuat sirkulasi air di dalam Bah Sampuran berganti secara terus-menerus.

2. Pemandian Alam Bersuhu Dingin

bah sampuran
image via @darkoberampu
Secara keseluruhan, permukaan air di pemandian ini berwarna biru toska dan putih jernih yang bila disentuh terasa begitu dingin. Hal itu disebabkan oleh dua hal yakni terjadinya pertukaran air di dalam kolam yang mengalir tiada henti dan bebatuan yang menjaga suhu air tetap stabil.

Daya tarik utama dari obyek wisata Bah Sampuran yang ditemukan sejak tahun 2000-an ini adalah warnanya yang unik. Pesona keindahannya bahkan menjadikan MTMA, serial petualangan TV bergenre traveling tertarik untuk mengeksplornya.

Masyarakat di desa ini sebenarnya memanfaatkan airnya untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk mandi dan mencuci. Namun semenjak dikembangkan warga sebagai tujuan wisata, hal itu tak lagi dilakoni agar pengunjung betah berendam dan menikmati kolam renang alami ala air mineral seperti dalam kemasan ini.

3. Kegiatan Seru di Pemandian Sampuran Bah Tio

image via @lindungsinaga/googlemap
Selain berendam dan merasakan kesejukan dari airnya, tempat wisata ini tidak kalah seru untuk dijadikan spot keren hunting foto yang tentunya bertemakan alam. Karenanya, kamera adalah teman traveling yang wajib kamu bawa.

Lantaran dibolehkan untuk mandi ke dalam kolam, maka menyeburlah ke pemandian alami ini dan berbaur dengan para pengunjung lainnya. Jangan hanya sekedar basah-basahan, cobalah berenang ke bagian tengah sambil menikmati pantulan sinar matahari yang menerpa permukaan air.

Jika membawa action camera atau cukup bermodalkan handphone tahan air, abadikan momen serumu dengan mengambil foto under water bersama teman-teman. Nanti potret bawah airnya tag ke Instagram @pariwisata_sumut dan pakai tagar #pariwisatasumutnet juga ya sobat!

4. Jam Buka dan Lokasi Bah Tio

Pemandian Bah Tio beralamat di Desa Pematang Silampuyang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21151. Kamu dapat mengikuti rutenya melalui map yang kami sematkan berikut


Tempat wisata di Nagori Pematang Silampuyang ini dibuka dari pukul 8 pagi dan ditutup sore harinya pada pukul 5. Tetapi tidak ada jadwal menetap, kapan pun kamu mau berkunjung tetap dipersilahkan. Hanya saja, tidak ada orang yang menjaga pemandian.

Akses ke Bah Tio dari Siantar hanya memakan waktu sekitar 14 menit saja. Kendati perjalanannya termasuk singkat, tetapi kondisi jalannya masih kurang layak. Entah karena letaknya kawasan perkebunan sawit atau memang tidak begitu diperhatikan oleh Pemkab Simalungun.

5. Tiket Masuk dan Fasilitas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tentang fasilitas wisata di tempat wisata ini memang belum terlalu maksimal. Kalau hanya sebatas tempat makan dan minum, sudah ada warung kecil di pinggir kolam.
Baca Juga: Kolam Renang Morina Indah
Soal tiket masuk Bah Tio tidak perlu kamu pikirkan. Pasalnya, setiap pengunjung sama sekali tidak dipungut biaya. Bahkan parkir yang disediakan oleh penduduk desa pun bisa dipakai secara gratis. Setelah pandemi berlalu, kamu bisa atur jadwal nge-trip kemari.

Berlangganan via Email