Widget HTML Atas

Sekali Jalan, Air Terjun Natumika & Sampuran Harimau Bisa Ditaklukkan

Sadar atau tidak, sebagian objek bertipe wisata alam mulai ditinggali pengunjung. Barangkali karena bosan atau tergoda akan spot terbaru. Seperti dua destinasi cantik yang letaknya sejalur ke arah Tobasa ini, yaitu Air Terjun Natumika dan Sampuran Harimau.

air terjun natumika dan sampuran harimau
image via junita dewi pratama, @endang_mr/instagram - pariwisatasumut.net
Air terjun Sampuran Harimau di Desa Halado adalah tempat wisata yang sudah lebih dulu dikenali oleh para penikmat perjalanan. Sedangkan Air Terjun Natumika di Kec. Borbor sendiri menjadi spot tersembunyi yang kini namanya sedang melambung agak tinggi setelah muncul di medsos.

Baik air terjun Natumika maupun Sampuran Harimau bersalin rupa dengan komposisi keindahan berbeda, jadi kedua tempat ini terbilang rival bilamana dinilai dari segi daya tarik.

Lantaran ke-2 wisata air terjun tersebut bisa ditaklukkan sekaligus dalam 1 kali perjalanan saja, maka tak perlu risau menentukan mana lokasi yang pertama akan dijelajahi. Sebagai pedoman, sila temukan pada ulasan yang dirangkum oleh PSN berikut!

Air Terjun Sampuran Harimau

air terjun sampuran harimau
atraksi panjat tebing di sampuran harimau - image via ifran tri handoko
Dengan ketinggian lebih dari 200 meter, Sampuran Harimau atau dalam bahasa lokalnya disebut Air Terjun Harimau terletak di perbatasan Kab. Asahan dan Kab. Toba Samosir. Tepatnya di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Provinsi Sumatera Utara.

Di area ini, rekan-rekan dapat menikmati pesona air terjun berketinggian 200 meter lebih dengan pola bertingkat. Pada masanya, kawasan wisata di Halado, Pintu Pohan Meranti tersebut adalah primadona warga sekitar. Terutama warga Porsea dan Asahan. Namun seiring dengan berkurangnya debit air terjun, lambat-laun warga mulai beralih.

Konon katanya, volume air terjun ini tidaklah kecil seperti sekarang. Pertama kali ditemukan, debitnya sangat besar sehingga jika didengar dari jauh menyerupai auman harimau. Itu jugalah yang menjadi asal mula kenapa disebut Sampuran Harimau.

sampuran harimau
pondok di sekitar air terjun - image via irfan tri handoko/fb
Kata penduduk, volume air berkurang secara dratis sekitar tahun 2.000-an, paska Bendungan Tangga Asahan dioperasikan oleh PT. Inalum. Keindahan alam yang disajikan oleh Sampuran Harimau bukan hanya berasal dari tampilan air terjunnya saja. Jika Anda duduk di salah satu gazebo, pemandangan tebing-tebing yang tinggi menciptakan atraksi wisata mempesona, mirip Lembah Harau di wisata Payakumbuh.

Spot itu lumayan sering didatangi oleh pengunjung yang hobi olahraga panjat tebing karena dianggap ekstrim dan seru untuk ditaklukkan. Bayangkan saja, tingat elevansinya mencapai 80 derajat.

Menyoal fasilitas, di wisata air terjun tersebut sudah disiapkan rumah-rumah kecil untuk pengunjung beristirahat. Meski dapat dijelajah dengan keluarga, tetapi Sampuran ini bukanlah tujuan yang cocok jika kalian ingin berenang atau bermain air. Pasalnya, cekungan air yang membentuk kolam di Sampuran Harimau sangatlah dalam.

Air Terjun Natumika

air terjun natumika
air terjun natumika - image via @dcky_dmra dan @babanghar
Lokasi Air Terjun Natumika adalah temuan baru yang elok. Tempat wisata ini terletak di kawasan Meranti Utara, Kab Toba Samosir. Untuk mencapai lokasinya, kita harus menerabas jalan dari arah Aek Songsongan sekitar 63 kilometer. Tetapi ada 2 pilihan rute masuk, pertama dari Parhitean dan kedua dari Porsea.

Pemandangan alam dan pepohonan tropis menjadi suguhan paling spesial selama menuju objek wisata Air Terjun Natumika tersebut. Namun satu-satunya cara untuk bisa sampai ke destinasi hanyalah roda dua, aksesnya belum memadai untuk kendaraan roda empat karena jalurnya cukup ekestrim. Setelah itu, harus berjalan kaki lagi ke dalam hutan sejauh 1 kilometer.

Setibanya di sana, keindahan bak nirwana akan didapat. Di dasar lembah, pemandian dengan air yang jernih sudah menanti. Debitnya cukup stabil, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, sehingga akan sangat nyaman untuk kalian berendam melepas penat.

Berhubung kedua destinasi tersebut di atas masih lumayan jauh dari jangkauan, jadi tidak ada tiket masuk jika kalian ingin mengunjunginya. Namun, perlu dicatat bila kondisi kendaraan kalian harus benar-benar bagus. Terutama bila ingin mendatangi Air Terjun Natumika. Satu lagi, jangan lupa bawa persediaan bekal.

Berlangganan via Email