Top Ad unit 728 × 90

10+ Tempat Wisata di Payakumbuh Terdekat dan Paling Hits Dikunjungi

-- --
wisata payakumbuh - image via @adrianpradipto93
Destinasi wisata Payakumbuh merupakan kumpulan dari beragam tujuan wisata populer, terbaru sekaligus terbaik. Yang dapat dijumpai di 5 kecamatan daerah Payokumbuah meliputi Lamposi Tigo Nagari hingga Payakumbuh Utara.

Infrastruktur yang mendukung kemajuan sektor pariwisata membuat perjalanan ke berbagai tempat wisata di Payakumbuh banyak diminati pelancong. Kendati populer dengan objek wisata alam seperti air terjun, danau buatan dan dan lembah, tetapi destinasi kekinian di kota ini juga bagus untuk dikunjungi.

Meskipun Payakumbuh ke Padang terpaut jarak 123 km. Namun, kota terbesar kedua di Sumbar ini menjadi salah satu kawasan yang memiliki gudang wisata raksasa paket komplit. Sehingga, durasi perjalanan 2 jam itu akan beralih jadi menyenangkan setelah melihat panorama air terjun, harau dan gunung yang menjulang tinggi.

Wisata Payakumbuh menawarkan spot alami khas Tanah Minang yang sesuai untuk konsep liburan keluarga maupun petualangan. Lebih lagi, kentalnya budaya lokal masih bisa dijumpai di berbagai elemen kota.

Tempat Wisata di Payakumbuh

Demi memudahkan trip ke Payakumbuh, pariwisatasumut.net hadirkan sederet lokawisata disertai dengan info alamat dan tiket masuk ke setiap destinasi yang diulas.

1. Kampung Eropa Payakumbuh

wisata kampung eropa payakumbuh
Payakumbuh menjadi destinasi kampung ala Eropa di Sumatera. Salah satunya adalah Harau Dream Park di Kampung Sarosah yang tampil beda, menyajikan spot alam dilengkapi wahana dan spot instagenik.

Di tengah pemandangan alam dengan kontur tebing yang menjulang, sederet bangunan unik sama seperti yang ada di benua Eropa terlihat berdiri cantik. Dari Menara Eiffel, kincir angin sampai rumah beratap segitiga menjadikan Kampung Sarosah sebagai wisata paling romantis di Payakumbuh.

Bagi penikmat K-Pop, Harau Dream Park ini juga ternyata menghadirkan suasana ala Korea Selatan. Pengelola sudah mempersiapkan beragam busana hanbok dan backdrop berfoto menyerupai ikon dari negeri ginseng.

Tiket masuknya hanya Rp20k per pengunjung sehingga termasuk wisata murah yang ekstra low budget. Nah, Kampung Eropa ini sebenarnya beralamat di Jorong Lubuak Limpato, Tarantang. Namun, karena dekat dari Kota Payakumbuh, tak salah rasanya berkunjung ke Harau Dream Park tersebut.

2. Ngalau Indah

wisata goa di payakumbuh - image via indonesiakaya.com
Sebagai tujuan wisata speologi, Ngalau Indah merupakan goa dengan kedalaman 80 meter. Di setiap ruangan goa setinggi 9-10 meter tersebut, gumpalan stalagmit dan stalagnit menjuntai, sebagian menyembul indah dari bebatuan.

Lantaran terletak di dataran tinggi 645 mdpl, maka Ngalau Indah mewajibkan kita trekking terlebih dahulu untuk sampai di puncak. Kegiatan itu sama sekali tak melelahkan, karena aset wisata unggulan Payakumbuh ini dikelilingi bentang alam menawan. Di perjalanan menuju lokasi, mata tak akan jemu menikmati eksotika Sumbar, seperti Gunung Singgalang dan Gunung Sago.

Saat berada di pintu gerbang Ngalau Indah, pelancong pasti terpana oleh eloknya ukiran bebatuan yang disinari lampu warna-warni. Kepakan sayap dan suara kelelawar yang tinggal di dalamnya terdengar begitu riuh, mereka seolah ikut menyambut kedatangan pelancong.

Bermodalkan tiket Rp5k saja, kita sudah dapat berjalan-jalan melalui jalur yang khusus disediakan oleh Pemko untuk menikmati setiap daya tarik Ngalau Indah goa di Payakumbuh.

Lokasi: kelurahan pakan sinayan, kecamatan payakumbuh barat, sumatera barat. (peta google).

3. Bendungan Talawi

bendungan talawi via dinas pupr
Bendungan Talawi adalah danau buatan sekaligus ruang terbuka hijau di utara Payakumbuh. Selain digunakan untuk irigasi dan normalisasi aliran sungai, bendungan terbesar ini tentu membuka potensi pariwisata baru. Sekitar danau buatan Talawi yang dikelilingi persawahan itu telah ditanami berbagai jenis pohon. Agar ramah untuk anak-anak, aneka permainan dan wahana menarik juga turut dibangun.

Lokasi: kelurahan ompang tanah sirah (ots), kecamatan payakumbuah utara, sumatera barat.

4. Jembatan Kelok 9

kelok sembilan - image via popo.licious
Tempat wisata di Payakumbuh yang paling sering dilintasi pelancong adalah Jembatan Kelok 9. Jalan layang yang sekaligus menjadi ikon pariwisata Sumbar ini posisinya mengelilingi perbukitan. Kalau dilihat dari atas, bentuknya sangat epik.

Kelok 9 punya beberapa predikat menarik. Selain sebagai jalan layang tertinggi di Tanah Air, rute ruas penghubungan lintas tengah pantai timur ini, disebut juga jembatan terpanjang di Pulau Sumatera.

Uniknya lagi, Kelok 9 yang legendaris tersebut sudah berdiri sejak 1914 lho. Struktur beton yang menopang jembatan tersebut berada di tengah dua cagar alam sekaligus yaitu Harau dan Cagar Alam Air Putih.

Melintas di atas jembatan yang ekstrim ini akan memberikan pengalaman mengemudi tak terlupakan. Jangan lupa singgah sejenak di beberapa menara pandang yang tersedia. Entah sekedar berfoto atau menikmati keanggunan panoramanya. Paling seru kalau ke sana saat malam hari, sinar lampu-lampu yang cantik akan terlihat mengagumkan.

Alamat: jalan kelok sembilan, jalinsum harau, payakumbuh utara, sumbar (peta google).

5. Rumah Gadang Sungai Baringin

rumah gadang payakumbuh - image via mrz.mrz
Kebudayaan Minang di Rumah Gadang Sungai Baringin masih menjadi destinasi budaya paling top. Pasalnya, tempat wisata ini boleh juga disebut sebagai museum yang mengoleksi barang antik hingga perlengkapan sehari-hari urang Minang tempo dulu.

Setiap hari, selalu ada pengunjung yang mendatangi destinasi budaya tersebut. Sangking indahnya, spot di perbasan Payakumbuh dan Kab. lima Puluh Koto ini juga sering diburu fotografer dan videographer untuk dijadikan lokasi foto pre-wedding berkonsep tradisional di Sumbar.

Turis yang berkunjung biasanya cuma diminta membayar tiket retribusi sebesar Rp5 k (anak-anak) dan Rp10 k (dewasa). Rumah Gadang Sungai Baringin sangat direkomendasikan bagi penikmat tradisi budaya. Apalagi jika kita ingin melihat langsung bagaimana wujud rumah tradisonal etnik Minangkabau.

6. Bumper Guak Lago

bumper guak lago image via titadjumaryo
Berkemah adalah kegiatan out door yang tidak hanya disukai pecinta alam. Generasi milenial traveler juga menyukai trend tersebut. Bagi sahabat PSN yang ingin mencoba tipe berlibur seperti ini. Saatnya menyusun itenary perjalanan ke Buper Guak Lago, sebuah destinasi wisata yang viral di Payakumbuh.

Bumi Perkemahan Guak Lago di Limbanang menarik perhatian pelancong karena puncaknya yang selalu diselimuti oleh awan saat pagi hari. Inilah sekaligus alasan kenapa para pendaki dianjurkan untuk bermalam di puncak bumper, agar kita dapat menangkap momen luar biasa tersebut dari ketinggian.

Seantero puncak Bumper Guak Lago cukup luas. Bisa menampung hingga ratusan tenda. Rute jalan raya ke tempat tersebut sudah sangat memadai. Selain lapak untuk camping, di sekitarnya juga tersedia warung-warung kecil.

7. Museum Rumah Tan Malaka

rumah tan malaka image via dirmawanhatta
Secara tampilan, Museum Tan Malaka terlihat biasa saja. Bahkan sangat sederhana, tapi di balik itu tersimpan riwayat tokoh besar, penulis ternama yang telah mencatatkan namanya sebagai sosok panutan sekaligus pelopor konsep RI dari Tanah Minang.

Museum Tan Malaka adalah rumah kecil dimana Sutan Ibrahim Gelar Datuk Malaka lahir dan dibesarkan sebelum kemudian pindah ke Bukittinggi. Di dalam rumah ini, kita akan melihat beberapa peninggalan Tan Malaka, berikut buku-buku yang pernah ditulis.

Lokasi: kelurahan pandam gadang, gunuang omeh, sumbar (koordinat).

8. Puncak Marajo

puncak simarajo image via pajangpajang_id
Untuk menyaksikan bentang alam Kota Payakumbuh, Puncak Marajo yang diapit oleh kawasan hutan konservasi ini ialah spot terbaik untuk menyendiri. Angin semilir ditambah pemandangan lembah di hadapan mata akan membuat kita terpana.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kabupaten Agam

Di Puncak si Marajo, pemukiman penduduk yang memadati kota seluas 80,4 kilometer persegi terlihat menyerupai miniatur. Pesona landskap tersebut kian menambah eksotika Bukit Barisan dimana Payakumbuh berada.

Lokasi: kelurahan pakan sinayan, payakumbuh barat, sumatera barat (peta google).

9. Tugu Adipura

pusat kuliner payakumbuh image via yudidajek
Jika sudah melihat Tugu Adipura, itu tandanya kita sudah ada di Payakumbuh. Bagi pendatang dari luar daerah, tak perlu bingung mencari pusat kuliner. Di sini, pada sore hingga malam hari akan berjajar aneka makanan lezat nan menggiurkan di sepanjang sisi landmark kota tersebut.

Membahas makanan khas yang patut dicoba dan hanya bisa ditemukan di sini yakni boreh rondang, martabak tolua dan galamai. Nah, sederet makanan enak tersebut merupakan kuliner tradisional dari Payakumbuh.

Lokasi: nagari daya bangun, kec payakumbuh barat, sumatera barat.

10. Panorama Ampangan

image via rahmayodii/instagram
Panorama Ampangansudah begitu familiar bagi masyarakat Sumbar. Bahkan sebelum wisata baru di Payakumbuh bermunculan, objek ini tak pernah sepi. Terutama saat hari libur nasional seperti imlek, natal dan hari raya idul fitri. Akses yang mudah ditambah gratisnya tiket masuk membuat Panorama Ampangan selalu dijadikan tempat nongkrong.

Selain jadi tempat nongkrong di Kota Payakumbuh, Panorama Ampangan sejujurnya memiliki view yang memanjakan mata. Perbukitan di sekitar seolah tak henti memasok udara segar sehingga nyaman juga untuk merilekskan tubuh. Setiap pagi, kawasan ini menjadi spot olahraga bagi penduduk sekitar. Di waktu tertentu, Panorama Ampangan pun kerap dijadikan lokasi event pariwisata.

Lokasi: kelurahan aua kuniang, kecamatan payakumbuh selatan, 26233 (google map).

Keragaman destinasi alam, budaya hingga kuliner yang mewarnai pesona wisata Payakumbuh tentu menjadi pedoman bagi kita untuk segera menyusuri eksotika tersebut. Apalagi, di sana terdapat beberapa akomodasi penginapan yang semakin memudahkan kita mengeksplor sepenggal tanah Minang.
10+ Tempat Wisata di Payakumbuh Terdekat dan Paling Hits Dikunjungi Reviewed by Pariwisata Sumut on 1/07/2020 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.