Widget HTML Atas

PRSU Medan - Pekan Raya Sumatera Utara (Sumut Fair) 2020

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) atau yang sekarang menjadi Sumut Fair adalah ruang kegiatan pameran dan pertunjukan terbesar di Medan, Indonesia. Baik untuk skala daerah maupun nasional.

prsu medan pekan raya sumatera utara
prsu medan menjadi lokasi event sumut fair menggantikan pekan rasa sumatera utara - image via instagram/dhonyzr
Lokasi PRSU Medan yang ada di Jalan Gatot Subroto, Sei Sikambing merupakan tempat penyelenggaraan bermacam acara. Kawasan yang dahulu populer lewat nama Tapian Daya tersebut sudah sering digunakan untuk kegiatan MICE, panggung hiburan rakyat dan atraksi pasar malam.

Adapun PRSU Medan digunakan terakhir kali pada 2019 lalu. Di mana saat itu bertepatan dengan hari jadi Pemprov Sumut ke-71. Oleh Gubernur Eddy Rahmayadi, Pekan Raya Sumatera Utara akhirnya dicitraulang (re-branding). Nama baru yang dipilih untuk event tersebut adalah Sumut Fair 2020.

Pekan Raya Sumatera Utara (Sumut Fair)

Dengan tuan rumah Kab. Batubara, berikut merupakan info tentang PRSU Medan (Sumut Fair 2020) mencakup tiket masuk, jadwal acara, kegiatan dan lainnya yang kalian butuhkan.

Jadwal

Terhitung sejak pertama diadakan, PRSU di Medan sudah memiliki jadwal tetap setiap tahunnya. Kelebihan dari event pariwisata di Sumut yang sudah masuk ke dalam agenda Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini ialah berlakunya sistem tuan rumah yang ditunjuk dari 33 Pemerintahan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara.

Jadwal PRSU/Sumut Fair yang dihabiskan selama 1 bulan penuh umumnya diisi dengan beberapa kategori/sub-event. Meliputi pameran, penampilan artis ibu kota, games, pertunjukan tradisional, ekshibisi, seminar, pameran produk kerajinan dan lainnya. Masing-masing kegiatan itu berlangsung dari hari pertama pembukaan hingga penutupan.

Untuk tahun 2020, Pekan Raya Sumatera Utara seharusnya digelar 20 Maret sampai dengan 20 April 2020. Akibat pandemi, event tersebut terpaksa ditunda dalam rentang waktu yang belum ditentukan oleh Pemprovsu. Di lapangan, waktu penyelenggaraan bisa saja bergulir tanpa pemberitahuan dari pihak event organizer maupun tuan rumah.

Kegiatan

prsu medan pekan raya sumatera utara
pekan raya sumatera utara - image via @prsu2019official
Karena tujuan diadakannya Sumut Fair adalah untuk membangun sinergitas antar daerah, membuka ruang promosi, menciptakan iklim investasi dan menampilkan khasanah budaya, maka kegiatan di arena panggung utama PRSU sangatlah beragam, berikut di antaranya:

1. Festival Budaya
Panggung hiburan akan dimeriahkan dengan pementasan seni daerah, seperti tahun 2019 saat Dairi menjadi tuan rumah, kabupaten itu menyuguhkan drama musikal "Pertaki". Sedangkan di Sumut Fair 2020, corak kegiatan lebih berwarna karena scope event melibatkan seluruh lapisan masyarakat, di mana akan ada Malay Night, Indian Night, Jazz Night dan Aceh Night.

2. Perlombaan
Kemasan event tak cuma menampilkan bingkai keunikan Sumatera Utara tetapi juga hal-hal yang berhubungan dengan kekinian dan teknologi modern turut dihadirkan. Sebut saja robotic show, lomba abang kakak Sumut, e sport, shopper of the day, kompetisi fotografi, color run, lomba cosplay dan yang digandrungi kawula muda yaitu kompetisi stand up comedy.

3. Hiburan 
Histeria Sumut Fair tidak berhenti di situ. Format baru PRSU menurut laporan Medanbisnisdaily, konsep entertainment yang diangkat akan berpedoman pada talkshow dan hiburan lintas generasi yang diharapkan bisa memberikan efek edukatif yang menginspirasi. Selain festival band lokal, sederet penyanyi ibukota akan menyuguhkan penampilan sepanjang acara berlangsung.

4. Acara Lain
Tak sekadar itu, pun pengunjung bisa ikut merasakan keseruan great sale berbagai barang elektronik, berburu barang di pasar murah dan mengikuti rekor MURI. Pengunjung event juga bisa mengunjungi stan BUMN, Pemkab/Pemko dan UMKM Binaan yang dari masa ke masa selalu mengisi 33 stand/paviliun PRSU.

Tiket

Soal tiket masuk PRSU, terdapat beberapa jenis tiket yang bisa dibeli on the spot atau di tempat tertentu yang telah menjalin kerjasama dengan penyelenggara. Jelasnya, harga tiket untuk tiap tahun selalu berbeda-beda. Jika 2019 lalu tiketnya Rp20.000 - Rp25.000 maka untuk biaya masuk ke Sumut Fair kemungkinan besar lebih dari nominal itu.

Diskon atau tiket promo dapat diperoleh melalui Instagram resmi Sumut Fair. Biasanya pengurus akan mengadakan give a away dan potongan harga jelang hari H. Karenanya, kalian bisa memantau sosial media resminya.

Jam Buka

Jam buka normal mulai pukul 09:00 WIB dan tutup pukul 23:00 WIB. Sedangkan weekend (sabtu/minggu) beberapa arena akan diperpanjang jam operasionalnya. Apalagi jika musisi dan pengisi acara tampil saat malam hari.

Hari biasa, senin sampai jumat, komplek PRSU Medan tetap dibuka untuk kunjungan umum sebab di tempat tersebut telah dibangun beberapa stand permanen yang diisi oleh sederet usaha UMKM dari berbagai daerah.

Akses ke Lokasi PRSU Medan

Kamu bisa menaiki angkot yang trayeknya ke arah PRSU Medan yang beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto, Km 4,5, Sei Sikambing, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara.

Beberapa angkutan umum yang melintasi jalan tersebut seperti Mr. X Medan, KPUM kuning nomor 46, angkot Medan Wampu Mini kuning nomor 108 dan 136. Biar cepat sampai dan lebih nyaman, silakan menggunakan transportasi ojol atau becak.

Sejarah PRSU

Berdasarkan sejarah PRSU, siapa sangka jika asal usul Pekan Raya Sumatera Utara sendiri bermula dari 60-an. Kala itu, mantan Walkot Medan yakni Sjoerkani menggagas Taman Ria (Medan Fair) yang merupakan cikal bakal kemunculan pesta rakyat yang paling ditunggu masyarakat Sumut pada masanya.

Sekitar tahun 1973, PRSU direlokasi ke Tapian Daya. Putusan itu dilatarbelakangi oleh kapasitas arena yang kurang luas sedangkan pengunjung pesta rakyat tersebut cukup tinggi. Sejak dipindahkan ke tempat baru seluas 2,2 hektar itu tak lagi pernah diganti.

Itulah dia seputar PRSU Medan, semoga Pekan Raya Sumatera Utara atau Sumut Fair ke depan menjadi lebih bagus dari yang sebelumnya.

Berlangganan via Email