Widget HTML Atas

8 Keunikan Sumatera Utara yang Perlu Anda Ketahui

Jika dilihat dari posisi geografis, letak astronomis Sumut yang berada pada garis 1° - 4° LU (Lintang Utara) dan 98° - 100° BT (Bujur Timur) menjadikan Provinsi Sumatera Utara memiliki beragam keunikan khusus yang dapat ditemukan dari berbagai aspek.

pariwisata dan budaya adalah dua keunikan utama yang ada di sumatera utara - image via instagram/medanfoto

Meski tak bisa dipungkiri, bahwa sebagian besar orang Indonesia mengetahui perihal Kota Medan dan Sumatera Utara karena Danau Toba saja. Padahal aslinya tidak cuma itu, Sumut jika ditelusuri lebih dalam lagi, maka akan ditemukan sederet fakta dan keunikan yang mungkin selama ini belum Anda ketahui.

Lantas, apa saja keunikan yang ada di provinsi Sumatera Utara?


Keunikan Sumatera Utara

Faktor keunikan Sumatera Utara merupakan identitas yang menunjukkan bagaimana daerah dengan ibukota Medan ini dikenal, baik oleh warganya sendiri maupun orang luar. Berikut adalah 8 keunikan dari Medan, Sumatera Utara.

1. Memiliki Hutan Biosfer

keunikan sumatera utara
instagram/gunungleusernationalpark
Tanah Sumatera Utara, daerah yang membujur di Pulau Sumatra ini sebenarnya diwarisi hal- hal membanggakan yang juga menjadi sisi khas dari Provinsi Sumut. Salah satunya adalah keberadaan hutan tropis Gunung Leuser yang merupakan penyumbang oksigen dunia.

Berada di 2 provinsi yakni Aceh dan Sumut, Leuser sangking populernya bahkan pernah dikunjungi oleh aktor internasional, Leonardo Dicaprio, Adrien Brody dan sederet selebriti dunia lainnya pada tahun 2018 silam.

Dari sisi internasional, hutan di Sumatera Utara ini mendapatkan pengakuan dunia sebagai salah satu cagar biosfer sejak 1981. Tidak itu saja lho! Kawasan seluas 1.094.692 hektar ini juga memperoleh predikat baru dari World Heritage Commitee dan UNESCO sebagai warisan alam budaya.

2. Memiliki Julukan Paris Van Sumatera

keunikan sumatera utara
ibukota sumatera utara pernah diberi julukan yang unik, yakni paris van sumatra
Keunikan Sumatera Utara yang kedua adalah Medan sendiri. Taukah kamu? kota yang sekarang memiliki jumlah penduduk terpadat ke-3 di Indonesia ini sempat dirancang menyerupai tata kota Eropa oleh Belanda pada masanya sehingga muncullah istilah Paris Van Sumatera.

Sebutan tersebut mulai digaungkan semasa kolonial. Rupanya cikal bakal julukan itu berawal dari ketatnya kompetisi antara Inggris dan Belanda dalam membangun daerah jajahan pada era ke-20. Agar tak kalah saing, kaum pengusaha pun menciptakan nama "Parijs Van Sumatra" yang kala itu ditandai dengan peradaban kota dan gaya hidup modern.

Hal itu masih bisa kalian lihat jika mengunjungi daerah kesawan dan Landmark Kota Medan lainnya.

3. Memiliki Hewan-hewan Khas

keunikan sumatera utara
image via steemit/@yungbe
Selain spesies gajah purba dan harimau Sumatera, burung beo Nias adalah bukti keunikan provinsi Sumut jika ditelusuri dari segi flora dan fauna. Satwa tersebut tersebar di beberapa titik daerah. Namun, kondisinya kondisinya kini semakin langka bahkan hampir mendekati kepunahan.

Yap, burung khas dari Nias yang dalam bahasa daerahnya dinamai Ciong ini sangat ulung meniru perkataan atau omongan manusia. Selain bobot tubuhnya yang cukup besar dan bisa mencapai 42 cm, burung bercorak hitam dan memiliki nama ilmiah Gracula robusta ini biasanya hidup di pohon-pohon tua.

Kawasan hutan tropis di Sumatera Utara memang begitu luas. Hal itu menyebabkan persebaran flora dan fauna cenderung merata. Di beberapa pedalaman kabupaten, sering kali tumbuh tanaman unik yang disebut juga langka di dunia yaitu Rafflesia arnoldii.

4. Mempunyai Transportasi Khas

image via instagram/kai.marcko
Keunikan lainnya adalah transportasi di Sumatera Utara yang sangat khas. Bukan cuma angkot Medan, pun becak Siantar dan becak Sidempuan punya style tersendiri. Kendaraan itu sengaja dimodifikasi nyentrik agar terlihat unik dan keren.

Itulah uniknya Indonesia, setiap daerah termasuk Medan punya alat angkutan umum yang khas. Sampai sekarang, kendaraan itu masih tetap digunakan oleh warga lokal. Bahkan beberapa diantaranya dimodif supaya menarik bagi wisatawan luar.

Jadi jangan kaget saat kalian sedang berlibur ke berbagai daerah di Sumut, tiba-tiba menengok kendaraan berkarakter unik.

5. Produk Tani Unggulan

produk andalan
Apa yang ingin kalian cicipi ketika berkunjung ke suatu kawasan? Selain makanan, buah-buahan dan hasil pertanian khas yang terkenal dari suatu daerah pun sering kali membuat kita penasaran, bukan? Apalagi kalau tanaman itu hanya tumbuh di tempat yang sedang kita kunjungi.

Beberapa tumbuhan khas dari Sumatera Utara pun sudah punya nama di kancah nasional. Sebutlah kopi Silintong, nenas Pakpak Bharat, markisa Berastagi, Andaliman, durian atau rambutan Binjai yang sering dibawa wisatawan sebagai oleh-oleh dari Medan.

Sebagian tanaman andalan itu bahkan sudah pula dijadikan sebagai ikon daerah. Atas kreativitas warga, sederet lahan pertanian pun mendapatkan perhatian khusus. Di setiap wilayah, kini bisa dijumpai agro wisata yang menarik.

6. Memiliki Sektor Pariwisata Potensial

keunikan sumatera utara
image via instagram/debbyjii
Sumatera Utara di mata dunia juga sering kali diincar karena keunikan pariwisatanya. Sejak awal abad 70-an, turis luar negeri kerap berdatangan untuk plesiran ke berbagai destinasi terkemuka. Sebab itu pula, lebih banyak investor melirik sektor hospitality ketimbang lainnya karena dianggap punya potensi besar.

Turis mancanegara kerap mengatur waktu perjalanan mereka dalam jangka panjang agar dapat menikmati keunikan yang ditawarkan oleh Sumatera Utara. Sebagian besar memilih Danau Toba, Wisata Nias, Tangkahan dan Bukit Lawang.

Sesuai fakta, keempat destinasi itu memang punya daya tarik tersendiri dibandingkan tempat-tempat lain. Mulai dari keluhuran budaya, spot surfing terbaik yang difavoritkan para peselancar, hingga riasan alam yang spesial.

7. Kerajaan-kerajaan Lokal

image via instagram/torusdrone.id
Peradaban Sumatera Utara sudah dimulai sejak ribuan tahun silam. Hal itu dapat dibuktikan dari sederet kerajaan yang pernah berjaya, salah satu diantaranya adalah Istana Maimun yang legendaris di pusat kota.

Keunikan paling mencolok yang dapat dilihat di sana ialah gaya istana itu sendiri yang bercorak kebudayaan Eropa dan Melayu. Dengan dana yang fantastis mencapai 1 juta Gulden. Istana tersebut sangat kokoh, tak habis dimakan zaman meski usianya kini sudah 131 tahun.

Keunikan kerajaan biasanya dipengaruhi oleh letak dan budaya yang mengikatnya. Karena itu pula terdapat sederet kerajaan lain selain Kesultanan Deli yang ada di Sumatera Utara, seperti Huta Siallagan dan Kerajaan Panai di Labuhanbatu.

8. Ragam Atraksi Budaya

keunikan sumatera utara
image via instagram.com/balemarojahan
Luasnya yang mencapai 71 680,68 km persegi adalah faktor utama mengapa banyak sekali fakta unik yang ada di Sumatera Utara. Tak boleh dilewatkan adalah eksotika budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah yang khas dengan ragam atraksi dan adat istiadat.

Pasti kamu bertanya-tanya tentang keunikan budaya Sumatera Utara? Kami telah banyak mengulasnya di situs ini, mulai dari pernikahan adat Batak yang rumit, keindahan pakaian tradisional Sumatera Utara hingga alat-alat musik yang khas.

Berlangganan via Email