Widget HTML Atas

Lake Toba Star: Kolam Renang di Panatapan Haranggaol

Pernah menikmati kolam renang di ketinggian dengan pesona pemandangan yang ekstra glam? Jika belum, maka Lake Toba Star, sebuah objek wisata terbaru di Panatapan Haranggaol layak jadi rekomendasi liburan Anda pada akhir pekan ini.

kolam renang di penatapan haranggaol yakni lake toba star - image via/pokdarwis haranggaol
Lake Toba Star merupakan tempat berlibur yang terletak di seputaran Panatapan Haranggaol. Tak hanya pemandangan sunset dan sunrise istimewa, destinasi ini juga memiliki kolam renang dengan view yang luar biasa mengesankan mata.

Berkunjung ke kolam renang di Haranggaol ini sudah tentu menyenangkan. Apalagi Panatapan Lake Toba Star sendiri baru saja dibangun sehingga sarana rekreasi atau fasilitas yang ada di objek wisata tersebut masih segar. Dalam artian belum banyak digunakan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Lake Toba Star

Perlu membayar tiket masuk untuk merasakan kesegaran kolam renang Lake Toba Star. Meski begitu harganya tidaklah terlalu mahal kok. Tambah lagi biaya yang tertera sudah include akses ke seluruh spot di lokasi ini.

Tiket normal: Rp20.000/orang.
Parkir: Rp3.000/kendaraan.
Makan/minum: Mulai dari Rp6.000,-

Tarif di atas berlaku setiap hari dan tidak berbeda baik saat weekend maupun weekday. Objek wisata ini buka selama 24 jam. Jadi, pengunjung dapat juga menikmati panorama malam hari di berbagai waktu kunjungan.

Atraksi Wisata Panatapan Lake Toba Star

Dibangun di sisi lereng jalan dan perbukitan, Panatapan Lake Toba Star selalu dibalut dengan suasana sejuk dan dingin. Cocok untuk bersantai atau sekedar melepas penat. Tapi, jangan kamu lewatkan kesempatan untuk bersantai sepuasnya di kolam renang.

Nah, tunggu apa lagi? berikut ini beberapa atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di area kolam renang Panatapan Haranggaol.

1. Kolam Renang di Lereng Bukit Haranggaol

kolam renang lake toba star haranggaol
kolam renang lake toba star haranggaol - image via @leopurba23
Lebih dari sekadar kolam renang, Panatapan Lake Toba Star punya kejutan menarik untuk Anda yang suka suasana tropikal. Ya, kolam renang unik tetapi tak begitu luas ini seolah bertengger anggun di antara lereng bukit Haranggaol.

Tidak hanya satu, ada dua buah kolam renang yang nyaman digunakan. Pertama bagi keluarga dan terakhir untuk si kecil. Semuanya bertipe outdoor, jadi Anda bisa menyesapi langsung vitamin dari sinar matahari ketika sedang berendam.

Waktu paling bagus untuk menikmati kolam renang di Lake Toba Star Haranggaol ini adalah menjelang siang atau sore. Kecuali daya tahan tubuh Anda cukup kuat berenang di saat malam hari. Mungkin tak perlu khawatir akan dinginnya air dan udara yang menyentuh kulit.

Baca Juga: Hotel dan Penginapan di Simalungun

2. Panatapan Haranggaol

panatapan haranggaol
pemandangan yang tersaji di panatapan - image: pokdarwis haranggaol
Meski paling spesial di Panatapan Haranggaol adalah Kolam Renang Lake Toba Star yang dibatasi tebing, namun Anda pasti terkesan juga dengan semua pemandangan alam yang tak henti-hentinya disuguhkan oleh objek wisata ini.

Direnovasi pada pertengahan tahun 2020, Panatapan Lake Toba Star adalah tempat persinggahan wisatawan yang dibangun di ketinggian 896 mdpl dan berjarak sekitar 1,5 km dari arah ibukota. Sebelumnya, di sekitar View Point Haranggaol memang sudah ada beberapa bangunan dengan fungsi yang sama yakni Cafe Panatapan Mutiara, PIH dan kafe Manorsa.

Dari titik ketinggian ini, masyarakat dan wisatawan bisa menyaksikan bermacam panorama yang menakjubkan. Bila melempar pandangan ke depan, kemilau air Danau Toba seperti permata yang baru diasah. Sedangkan jika mengadah ke bagian belakang, deretan pohon dan bukit tak kalah epic.

3. Atraksi Memesona Lain

lake toba star
view di kolam renang lake toba star - image via yesi anastasia simanjuntak
Sambil ngaso dan minum kopi di Panatapan Haranggaol, panorama lain yang akan kamu temukan dalam perjalanan wisata Danau Toba kali ini berupa barisan rumah penduduk yang membujur di bawah lereng seperti Sihorbo dan Sihalpe.

Ditopang oleh langit biru, rumah-rumah warga di kejauhan terlihat mini. Warna hijau yang berasal dari areal persawahan di sekitarnya ikut memanjakan mata. Sunrise di sini amazing juga, lho! Jadi pastikan untuk menunggu sinar keemasannya turun di cakrawala barat.

Jika ditelusuri, tiap nagori (desa) di Haranggaol memiliki daya tarik masing-masing. Jika kamu berminat mengeksplor setiap keindahannya, kamu bisa turun dari panatapan menuju ibukota kecamatan. Dari titik ini, kamu bisa merealisasikan petualangan baru.

Lokasi

Secara defenitif, Lake Toba Star dan Panatapan Haranggaol di bawah administrasi Kecamatan Haranggaol, Kab Simalungun, Sumatera Utara.


Akses ke objek wisata ini sebenarnya belum terlalu bagus. Pun jalan sekitarnya masih rawan akan longsor. Karena itu, selama melakukan perjalanan wisata melintasi Panatapan Haranggaol dan daerah sekitarnya Anda harus sedikit bersabar dan tak lengah di sepanjang rute.

Mengenai rute sudah cukup jelas, Pariwisatasumut.net menyertakan google map sebagai panduan. Oh iya, biar lebih nge-hits dan asyik menikmati liburanmu, jangan lupa ambil foto yang banyak untuk stok feed Instagram ya.

Berlangganan via Email