Widget HTML Atas

Pantai Ladeha: Akses ke Lokasi, 4 Aktivitas Objek Wisata & HTM

Pantai Ladeha adalah destinasi alam terbaru di Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya. Objek wisata ini menjadi primadona karena memiliki pecahan ombak eksotik, tebing karang berbentuk goa dan kolam alami. Pantai ini semakin khas dengan pemandangan sempurna yang terekspos begitu indah.

pantai ladeha
pantai ladeha, amandraya, nias selatan - image credit: nur sultan nazar bahar
Berjarak 4 kilometer dari Amandraya, Pantai Ladeha yang berada di Kabupaten Nisel ini sering disebut tujuan favorit lantaran menghadirkan atraksi alam memesona. Oleh karena itu, wisatawan yang mendatanginya saat musim libur selalu takjub sangking indahnya.

Bagi pengunjung yang mendatangi sosok wisata alam ini akan terpukau dengan keindahan aset Pantai Ladeha Nias. Di atas lempengan karang, ceruk air laut yang membentuk kolam renang alami jadi atraksi utama. Bagaimana, tertarik menjelah pantai tersembunyi ini?

Pantai Ladeha

Merupakan pantai yang proses terbentuknya bisa dikatakan unik. Semula, kawasan tersebut dipadati tebing berbatu curam. Entah karena abrasi atau akibat insensitas tekanan ombak berarus tinggi. Kemudian permukaan tebing berubah dan sejajar dengan ketinggian air laut.

Dibukanya Pantai Lahega tentu saja membuat namanya semakin dikenal luas. Meski saat ini pengunjungnya didominasi oleh wisatawan lokal dan Indonesia, tapi sudah ada juga lho turis mancanegara yang turut menyambanginya.

Namun, ombak cukup kencang kerap mengintai nih. Kalau terlalu sembrono terhadap alam bisa apes. Maka dari itu, selalu patuh dan ikuti pedoman berlibur yang senantiasa dianjurkan pengelola.

Harga Masuk Pantai Ladeha

Bagi wisatawan yang memasuki tempat berlibur di Amandraya ini perlu membayar sejumlah uang masuk kepada pengelola. Berikut rinciannya:

Tiket lokal: Rp10.000,-
Tiket wisatawan mancanegara: Rp15.000,-
Makan/minum: Mulai dari Rp8.000,-

Estimasi biaya berkunjung ke Pantai Ladeha di atas tidak bersifat permanen. Pengelola bisa saja menyesuaikan harga banderol tiket masuk. Namun yang jelas, biaya itu sudah mencakup seluruh aktivitas di objek wisata.

Aktivitas Wisata di Pantai Lahega

Pemandangan pertama yang akan menyambut wisatawan ketika mengunjungi pantai Lahega adalah bongkahan batu berstruktur padat dengan warna coklat dan hitam yang mengisi seluruh area pantai. Sedangkan di bagian depan sudah terhampar samudera luas.

Cakrawala samudera dengan riak-riak air laut di sini nyaris serupa dengan Pantai Sirombu. Bedanya, di Ladeha Beach material alamnya justru didominasi oleh batuan dengan sedikit pasir. Tak semua memang, jika mengadah ke bagian selatan, rerimbunan pohon sedikit banyak masih menyisakan nuansa tropis.

Berikut rangkuman aktivitas wisata air yang dapat dilakukan setibanya di sana.

1. Menikmati Kolam Alami di Pantai Laheda

pantai ladehe
kolam alami di pantai ladeha - image via fb/nursultan.nazarbahar
Daya tarik kedua ialah kolam alami di Pantai Laheda yang sekaligus membuat destinasi ini mencuri perhatian traveler. Walaupun airnya terasa asin, tetapi dijamin lebih bersih dari kolam buatan karena 100 persen tanpa klorin.

Merasakan sensasi berendam di kolam alami yang terisi air garam ini pastinya wajib dilakukan. Airnya yang hijau dengan gradasi warna biru mengisi ceruk begitu menggoda untuk direnangi. Namanya saja benar-benar alami, pasti kamu tau sendiri bagaimana cantiknya kolam tepian pantai ini, kan? Betul! Summer vibe-nya terasa kuat.

Di Indonesia sendiri, jarang sekali ada kolam alami yang terbentuk di area pantai. Dan, objek wisata menakjubkan di bisa dibilang jadi salah satu yang menempati daftar tersebut. Tentunya selain sederet pantai di Jogja yang punya daya tarik serupa.

2. Goa Pantai Ladeha yang Unik

image via @ladehabeach
Goa alami yang ada di objek wisata merupakan bagian dari keunikan Pantai Laheda. Strukturnya sangat indah dan menampilkan keunikan misterius. Saat terus disusuri, terpaan cahaya dari balik goa akan memberikan view yang sulit diabaikan.

Tatkala berkunjung ke sana, sebaiknya gunakan alas kaki atau sepatu yang bagus. Selain itu, kuatnya ombak dan bebatuan licin wajib diperhatikan ketika berjalan ke goa pantai. Hal tersebut tak lepas dari posisi pantainya yang cukup rendah sehingga terjangan ombak sekonyong-konyong bisa saja terjadi.

Goa di pantai Ladeha Nias Selatan ini berbentuk gerbang, diameternya cukup luas. Goa ini juga berfungsi sebagai pintu masuk ke area wisata. Letak goa alami tersebut tidak terlalu jauh dari area parkir.

3. Tebing Karang Menjulang Tinggi

image credit: yakin laia/fb
Sebagian besar wilayah Amandraya memiliki garis pantai yang memanjang. Mulai dari arah Tanjung Somasomo, Desa Lolozaria hingga ke Desa Lolomoyo. Di sekujur pesisir Nias Selatan ini dihiasi oleh batu-batu karang yang menjulang tinggi.

Selain formasi bebatuan di sekujur pantai yang terlihat unik. Jadi jangan heran kalau pengunjung seolah berlomba menaiki spot ini, pasalnya bagian puncak, pemandangan epik yang bikin terkesima akan tersaji sempurna.

Sebenarnya di ujung pantai ini pengunjung bisa menemukan tempat yang agak landai. Tetapi ombaknya masih lumayan kencang sehingga tidak direkomendasikan untuk aktivitas berenang. Owh iya, sunset dan sunrise-nya keren lho!

Cara ke Lokasi

Pantai ini beralamat di Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Transportasi umum ke lokasinya belum tersedia, tapi kalian bisa menggunakan mobil rental sekitar Rp70.000 per unit dan sudah bisa dipakai seharian. Agar perjalananmu lebih mudah, gunakan GPS atau Google Map berikut: titik koordinat lokasi.

Mengenai rute menuju Pantai Ladeha, dari arah Kota Teluk Dalam sekitar 1 jam 27 menit. Panjang jalur yang akan ditempuh sekitar 50,9 kilometer. Kamu tak akan bosan kok selama di perjalanan. Sebab, beberapa objek wisata lain bisa disinggahi, seperti Sorake dan Lagundri.

Berlangganan via Email