Widget HTML Atas

Pantai Sirombu: Tempat Wisata Terentang di Bumi Aekhula, HTM & Pesona

Jika punya kesempatan ke Lahomi maka singgahlah ke Pantai Sirombu. Barangkali, keindahan objek wisata tersohor di Bumi Aekhula ini bisa menjadi destinasi pembuka sebelum menyambung ekspedisi perjalanan ke tempat berlibur lain.

pantai sirombu
pantai sirombu adalah tempat wisata paling populer di bumi aekhula - image via budiman halawa/googlemap
Tak disebutkan pun, Pantai Sirombu adalah bucketlist pertama yang akan direkomendasikan warga Nias Barat bagi wisatawan pendatang. Terlepas dari alasan lokasinya dekat dari ibukota kecamatan, rentang laut biru dan indah di semenanjung pulau ini memang sangat menggugah mata.

Dahsyatnya ombak di seputaran Bumi Aekhula memang pernah mengubah paras dari Sirombu Beach. Tempat wisata indah sekitarnya juga tak luput dari dampak tersebut. Tetapi setelah dibenahi Pemko Nias Barat, sekarang Sirombu Beach ibarat hadir kembali dengan pesona baru yang lebih menawan.

Akses ke Lokasi

Alamat detil pantai terletak di Desa Sirombu yang berjarak sekitar 13,8 km (30 menit perjalanan) dari pusat kota Lahomi. Pengunjung akan semakin mudah menemukan lokasinya jika menggunakan panduan GPS atau google map.

Mengenai posisi persis, destinasi tersebut berada di jalur wisata Sirombu dan tidak jauh dari Pantai Gu'u, Toziro Beach, Sobagi Mboho, RPJ Resto Beach dan Danau Bawa. Seluruh kawasan ini dikenal luas dengan istilah Aekhula (ke arah Barat) yang merupakan brand pariwisata lokal.

Untuk bisa sampai ke pusat rekreasi ini silahkan ambil rute dari tempat tinggal Anda ke Gunung Sitoli. Kemudian lanjut ke arah Lahomi. Jika mengambil rute via Gusit, akan habiskan 3 jam melewati Ononamolo - Desa Siana'a - Jl. Fabaliwa. Setibanya di jalan Tetesua, belok kiri kemudian temukan plank objek wisatanya.

Tiket Masuk Sirombu

Tiket masuk ke pantai eksotik yakni Sirombu Beach dikenakan tarif retribusi standar sebesar Rp5.000,- yang dihitung per wisatawan. Sedangkan biaya parkir mulai dari Rp2.000,- per unit kendaraan. Selebihnya, tidak ada biaya pengeluaran lain yang perlu dibayarkan selama Anda menyisir wisata di Aekhula.

Sebenarnya, hampir semua tempat wisata di Sirombu dapat dinikmati secara gratis. Para pengunjung juga kebanyakan berasal dari lokal dan wisatawan nusantara. Sedangkan turis mancanegara biasanya memilih berlibur privat ke pulau-pulau terpencil.

Di pinggiran pantai ini terdapat bangunan penginapan atau homestay yang juga menyediakan cafe dan spot bersantai. Jadi wisatawan tak usah khawatir kelaparan atau buru-buru pulang takut kemalaman. Toh sudah tak terhitung penginapan di Nias tepatnya di Sirombu yang nyaman.

Spot Menarik dan Aktivitas di Pantai Sirombu

Gugusan pantai di seputaran daerah Tetesui, Nias Barat ini selalu jadi incaran wajib karena banyak kegiatan populer bisa dilakukan. Tak harus menunggu Lebaran atau Nataru ya, pantai ini sangat ramai pengunjung saat weekend tiba.

Wisatawan bukan hanya bisa melihat pemandangan pantai dengan lautnya yang biru, tetapi tempatnya juga enak banget untuk bersantai. Daripada sekadar duduk atau nongkrong, coba deh susur pantainya yang epik banget!

1. Spot Surfing untuk Pemula

pantai sirombu bumi aekhula
bumi aekhula - image via jar laoli
Bagi para peselancar pemula, ombak di pantai ini ibarat kelas pertama untuk ruang berlatih. Pasalnya, Ombaknya termasuk bersahabat dengan grade yang masih standar. Yap, di sini kamu bisa belajar sebelum menantang ombak yang tingkatannya lebih sulit lagi.

Ombak besar di Sirombu ini berlangsung sepanjang tahun lho! Jadi, hampir setiap hari turis bisa bermain selancar. Kecepatan angin dengan intensitas tinggi dari arah laut akan membuat para surfer tertantang menaklukkan hempasan ombaknya yang indah. Pokoknya, tak kalah dari pantai di Bali.

Untuk melakukan surfing di pantai yang luas ini, tentu memerlukan peralatan bukan? Beberapa provider di area pantai sudah menyediakan kebutuhan itu. Kamu hanya perlu menyiapkan energi dan pakaian renang yang kawai.

2. Pantai Indah dengan Sapuan Langit Biru

pantai sirombu
pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di sirombu yang populer - image via budiman halawa/googlemap
Keindahan semesta tanpa batas adalah kata yang pas disematkan untuk Bumi Aekhula ini di Nias Barat ini. Eksotika pantai biru dengan garis laut dengan view pulau telo di seberangnya benar-benar mampu mengusir kepenatan.

Bahkan sunrise dan sunset terbaik selalu menghiasi kawasan ini saat pagi maupun menjelang sore. Pun pasir putihnya, sangat nyaman dijadikan alas untuk bermalas-malasan. Sembari merilekskan diri, menatap paduan warna biru yang terpancar dari langit dan laut begitu menenangkan.

Ada barisan pohon cemara yang menedukan wisatawan dari teriknya matahari, gundukan pasir putih yang asik untuk rebahan, wahana banana boat, spot foto-foto kekinian dan tak lupa pondok di tepian pantainya yang bisa digunakan usai berenang. Wah, atraksinya lengkap banget kan?


Tidak itu saja guys! Homestay dan resto di pesisir pantai ini punya menu yang spesial bagi penggemar seafood. Atau, bisa pesan makanan khas nias yang tak diragukan lagi kenikmatannya. Usai puas berjalan-jalan di objek wisata Sirombu, menutup kunjungan dengan berwisata kuliner pasti maknyus.

Secara geografis, keindahan alam di Bumi Aekhula tercipta dari letaknya yang langsung menghadap samudera luas. Soal tempat berlibur, turis sih tak akan kekurangan tempat. Dari Toziro Beach, Pantai Gu'u sampai yang dibahas kali ini yaitu Sirombu Beach semuanya layak dikunjungi.

Berlangganan via Email