Widget HTML Atas

Sijukjuk Hill: Hidden Gem Danau Toba dari Boho

Sijujuk Hill adalah destinasi wisata alam di Desa Boho, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir. Objek wisata ini menawarkan tiga atraksi alam berupa spot penatapan, tempat bersantai dan area camping dalam satu kawasan.

sijukjuk hill
sijukjuk hill adalah salah satu hidden gem danau toba - image: binhot limbong
Dari atas ketinggian, lukisan alam pegunungan dengan air Danau Toba yang biru beriak. Deretan pinus menjulang di kejauhan dengan sederet hutan hijau yang mengapit. Siapapun itu pasti terkesan dengan suguhan panorama yang ditawarkan oleh Sijukjuk Hill.

Mungkin akan sedikit lelah menuju puncak bukit Sijunjung Hill. Sebab sebelum tiba di hidden gem Danau Toba ini, wisatawan harus melalui rute cukup panjang dengan kondisi jalan belum begitu bagus, bahkan sedikit menguras energi. Tapi rasa capek itu akan terbayarkan lewat keindahan yang diperlihatkan.

Tiket Masuk

Tempat pembayaran tiket masuk berada di bagian puncak. Mengenai harga tiket boleh dibilang murah sekali. Untuk per orangnya hanya dibanderol biaya Rp5.000 per wisatawan dan sudah termasuk uang parkir.

Bila Anda merencanakan piknik saat berkunjung ke Sijukjuk Hill, biaya untuk berkemah atau camping tentu saja berbeda. Tetapi tidak terlalu mahal, paling sekitar Rp10.000 khusus untuk satu malam. Pastikan Anda membawa serta perlengkapan camping ya.

Jika hanya berniat berkunjung dengan sistem pulang pergi. Tak usah membawa makanan dan minuman. Di puncak Desa Boho ini terdapat beberapa warung kecil untuk sekedar makan atau minum kopi. Harganya juga masih tergolong standar.

Lokasi Sijukjuk Hill

Sijukjuk Hill berlokasi di sebuah desa di arah barat Danau Toba, tepatnya Desa Boho, Harian, Samosir, Sumatera Utara. Dibawah ini, Kami telah mencantumkan peta dan rute yang dapat Anda pakai apabila hendak bermain-main ke sana.


Hanya ada satu jalur yang bisa digunakan yakni melalui Pangururan - Aek Rangat - Desa Boho. Jalurnya sendiri cukup menantang karena melewati tanjakan dan tikungan. Jalan ke puncak pun belum sepenuhnya diaspal. Ini jugalah yang menyebabkan hidden gem Danau Toba ini belum banyak diketahui orang.

Perhatikan kondisi kendaraan yang dipakai sebelum melakukan perjalanan. Di beberapa titik, jalan masih berlumpur. Anda harus senantiasa berhati-hati agar meminimalisir resiko berlibur ke objek wisata tersembunyi ini.

Daya Tarik Sijukjuk Hill

Layaknya wisata alam di ketinggian 905 meter di atas permukaan laut, banyak hal menarik yang akan kalian temukan, berikut diantaranya.

1. Hidden Gem Danau Toba

sijukjuk hill hidden gem danau toba
image via @bennisimbolon/instagram
Suasana di Sijukjuk Hill sangat indah. Jika Anda menatap ke arah barat. Ada pemandangan bukit menyerupai teletubies. Di sudut serupa, deretan ilalang yang seperti sedang menari karena tiupan angin cukup kencang dari Danau Toba juga tak kalah memesonakan pengunjung.

Susah rasanya mengabaikan pesona yang ditawarkan oleh wisata alam tersembunyi tersebut. Apalagi soal pemandangan yang menarik dan cantik. Tempat ini pasti menjadi surganya pemburu foto. Meski sekilas keelokan yang disajikan sedikit sama dengan bukit burung Samosir. Namun, perspektif alam yang terlihat tetaplah berbeda.

Sebagai hidden gem-nya Danau Toba, barangkali perjalanan ke sini masih agak susah. Tetapi eksotika alam yang istimewa akan membuat pengunjung merasa puas. Entah dari alamnya, maupun nuansa yang akan ditemukan.

2. Menikmati Malam di Ketinggian

hidden gem danau toba
hidden gem danau toba - image via bennisimbolon/ig
Jika malam hampir tiba, mendirikan tenda ketika langit senja turun di Sijukjuk adalah aktivitas seru bagi mereka yang berjiwa petualang. Area camping di puncak cukup luas, anginnya pun cukup menunjang dan aman.

Menikmati nuansa malam di hidden gem Danau Toba dengan berkemah merupakan pilihan wajib bagi Anda yang suka akan kesunyian. Ibarat tidur di hotel bintang lima yang khas dengan alam, pengalaman seperti ini pasti akan sangat mengesankan.

Sebelum beranjak ke peraduan, coba keluar dan lihat permukaan Danau Toba yang berubah hitam karena tak lagi diterangi oleh matahari. Hanya ada kerlap-kerlip lampu yang berasal dari rumah dan pemukiman warga Desa Boho menjadi sumber penerang.

Lamat-lamat, desiran air dari kejauhan yang terdengar di telinga hadirkan atmosfir syahdu. Suara itu sekaligus menjadi pengantar tidur yang lelap. Jika Anda agak kemalaman, ada banyak sekali penginapan di Pangururan yang cukup worth it untuk beristirahat.

3. Spot Berfoto yang Keren

image via twitter/togarsiboro
Meski lebih mengutamakan keindahan alam, Sijujuk Hill tetap mengasyikkan bagi wisatawan kekinian. Dengan adanya spot foto, mencari tempat selfie yang bagus dan instagramable bukanlah perkara sulit.

Salah satunya ialah jembatan unik yang seolah terpotong di bagian ujung dan menjorok ke atas danau. Jika berdiri di sana, background persawahan dan Danau Toba akan membuat jepretan kamera Anda keren maksimal.

Memang tak banyak objek foto instalasi di sini. Toh, pemandangan alam di Desa Boho saja sudah sangat bagus secara visual. Mulai dari pohon-pohon pinus, areal persawahan hingga danau itu sendiri akan menghasilkan foto yang menakjubkan.

Untuk menutup agenda liburan, silahkan singgah dan berendam di Aek Rangat. Setidaknya dengan berendam di air panas ini, rasa capek usai menuruni bukit di Sianjur Mula-mula tersebut dapat terpulihkan. Nah, itulah dia ulasan mengenai hidden gem Danau Toba yakni Sijunjung Hill sebagai tambahan referensi berlibur Anda.

Berlangganan via Email