Widget HTML Atas

Sirungkungon - Panatapan Wisata di Ajibata yang Instagramworthly

Ajibata tidak hanya sekedar tempat penyeberangan kapal saja, tapi bagi Anda yang suka berlibur, tempat wisata di sini juga menarik untuk dikunjungi. Dari sekian ragam destinasi, panatapan di Sirungkungkon jadi salah satu tujuan memukau yang cocok disinggahi.

sirungkungon
sirungkungon tobasa jadi objek wisata di ajibata yang sedang tersohor - image via @kaldera.toba
Secara defenitif, Sirungkungon adalah desa kecil dengan keindahan pemandangan Instagramworthly yang terletak di seputaran Kec.Ajibata, Tobasa. Mungkin belum begitu banyak wisatawan familiar akan nama desa seluas lima kilometer persegi yang memiliki Bukit Kura-kura ini.

Melipir ke Panatapan Sirungkungon Tobasa sah-saja saja dilakukan. Selain untuk melepas penat, mata akan disegarkan dengan pemandangan yang keindahannya tidak terelakkan. Pasalnya, panorama alam yang menenangkan itu tak kalah cantik dari Lombok.

Akses Menuju Lokasi

Tentu tidak ada salahnya mencicipi wisata yang melingkupi kawasan ini. Jika tergoda, Anda bisa langsung menuju lokasinya yakni Desa Sirukungon, Kecamatan Ajibata, Tobasa, Sumatera Utara. Bila memerlukan peta, nanti lihat saja pada akhir ulasan.

Udara yang tak henti membawa kesejukan senantiasa menemani perjalanan kali ini. Jalur dari ibukota kabupaten ke arah Sirungkungon sudah cukup nyaman. Waktu tempuhnya pun cuma 1/2 jam saja. Kecuali, Anda sering mematikan kendaraan karena terpikat mengambil gambar di sisi jalan, tentu aksesnya akan lebih lama lagi.

Ajibata merupakan desa kecil yang memiliki penduduk cukup padat. Karena itu, akses ke Panatapan Sirungkon mudah dicapai. Namun belum tersedia angkutan umum. Kalau mengambil rute melalui jalan utama, rute yang dilewati melalui: Ajibata - Sosor Aek - Parsaoran. Satu hal lagi, Anda perlu trekking ke area panatapan.

Aktivitas dan Daya Tarik

Desa Sirungkungon menjadi tempat pelarian usai lima atau enam hari sibuk beraktivitas. Di sini, pengunjung bisa mengembalikan semangat yang terlanjur pudar. Tidak hanya satu, Anda juga bisa menyisir destinasi wisata di Ajibata yang instagramworthly lainnya.

1. Panorama di Panatapan Sirungkungon 

panorama alam dari ketinggian panatapan sirungkungon
Warga lebih sering menyebut Panatapan Sirungkungon dengan istilah Dolok Nagodang. Dalam bahasa lokal berarti bukit yang besar. Penamaan itu seolah menggambarkan bagaimana bentuk dari objek wisata di Ajibata ini secara keseluruhan.

Panatapan Sirungkungon memiliki kemiringan sekitar 70 derajat. Dari ketinggian perbukitan ini, keasrian Danau Toba yang membentang ke segala penjuru tak perlu diragukan keindahannya. Tak main-main, relief alam yang disajikan selalu membuat mata sulit berkedip sangking cantiknya.

Bukit Kura-kura yang berada di sisi Desa Sirunkkungon menjadi dua pemandangan yang tak terelakkan. Di ketinggian spot inilah wisatawan biasa berfoto. Perbukitan, tebing dan danau di kejauhan memang sangat proporsional untuk latar belakang.

2. Menengok Desa Sirungkungon

wisata ajibata - image credit: osborn subur siallagan
Desa Sirunkkungon hanya dihuni oleh 400-an jiwa, mereka rata-rata bermukim di sepanjang bantaran danau. Hidup sebagai nelayan tradisional dan petani membuat desa ini begitu asri, hijau dan terhindar dari polusi. Tiap kali menghirup udara, sangat terasa segar.

Ada beberapa aktivitas yang menarik untuk dilakukan ketika Anda berkunjung ke Desa Sirungkungon. Seperti berkemah, memancing ikan dan tentu saja berenang. Jernihnya air di tepian wisata alam ini pasti membuat Anda ingin langsung nyebur!

Keseruan lainnya tentu mengitari Bukit Kura-kura. Jika ingin mencapai puncak, para wisatawan harus trekking, tidak terlalu lama kok. Nanti dari atas bukit kecil tersebut, suguhan lukisan alam dapat disaksikan dengan mata telanjang.

3. Menyisir Wisata Ajibata


Sebenarnya, menemukan objek wisata di Ajibata merupakan hal mengasyikkan. Pasalnya, mencari tempat berlibur yang beragam dan instagramworthly bukanlah perkara sulit. Dari sekian banyak referensi, ada beberapa tujuan yang masih enak untuk dijelajahi.

Selain Kaldera Sunset Hill, wisata di Ajibata selanjutnya adalah Long Beach. Ini cocok bagi Anda yang ingin berendam atau berenang. Sedangkan bagi Anda yang membutuhkan ketenangan, Bukit Senyum yang tersembunyi tak boleh dilewatkan.

Mengunjungi 4 destinasi wisata alam di Ajibata rasanya sudah cukup untuk 1 hari perjalanan, bukan? Jika hendak kembali ke kota asal, Anda bisa melalui Parapat dan menyinggahi Hutan Kera Sibaganding. Selengkapnya bisa dilihat di artikel kami 12 Tempat Wisata di Parapat.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keseluruhan objek wisata di atas, kita tentu perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Namun, biaya berlibur ke Sirungkungon sendiri masih murah, wisatawan hanya merogoh biaya sebesar Rp5.000 per orangnya.

Bagi Anda yang hobi berkemah, siapkan peralatan camping sendiri karena di sini belum jasa operator yang menyediakan jasa penyewaan tenda. Mengenai logistik, terdapat warung makanan di sekitar disewa untuk memenuhi keperluan makan dan minum.

Berlangganan via Email