Widget HTML Atas

Pemandian Marjandi Embong: Lokasi, HTM dan Wisata Panei

Marjandi Embong merupakan sebuah wilayah di Panombean Panei yang terletak di daerah persimpangan. Berada di bagian dataran membuat desa ini memiliki sungai Bah Binoman dan sumber mata air artesis alami yang sekarang dikelola jadi rekreasi pemandian.

marjandi embong - foto:@compil_jejakalima / hudy prayoga
Sajian utama wana wisata pemandian di Marjandi Embong adalah spring water yang ditampung ke dalam beberapa kolam renang berundak. Tempat ini cukup rekomended untuk dikunjungi karena baru saja dibangun dengan begitu menarik oleh pengelola.

Sebagian besar wilayah nagori Marjandi Embung terkenal sebagai pertanian, komplek perumahan puri dan area perkebunan. Maka tak heran jika selama perjalanan menuju ke objek wisata di sana, pengunjung akan melewati kawasan hijau yang menyejukkan.

Berikut kami ulasan mengenai pemandian Marjandi Embong yang sepertinya wajib Anda kunjungi dalam waktu dekat ini!

Tiket Masuk

Kalau berlibur ke pinggiran Panombeian Panei dan berkunjung ke wisata yang lagi hits yakni Marjandi Embong menjadi pilihanmu, sepertinya tak perlu khawatir lagi soal harga tiket masuk. Sebab, destinasi ini hanya memungut biaya sepuluh ribu per orangnya.

Tiket masuk: Rp10.000
Biaya parkir roda dua: Rp3.000
Parkir roda empat: Rp5.000

Wisata di Desa Marjandi Embong ialah tempat rekreasi alam yang belum lama ini dibuka untuk umum. Sehingga tarif masuk sementara masih mumer alias murah meriah. Biaya tercantum sudah meliputi penggunaan kolam renang dan kunjungan ke tangkahan di sekitar lokasi.

Lokasi Marjandi Embong

Tempat wisata yang letaknya persis di Desa Marjandi Embong, Kecamatan Panombean Panei, Simalungun, Sumatera Utara. Sangat mudah dicapai kecuali kamu mengaksesnya dari luar daerah, silahkan pakai rute tercepat mengacu pada peta Google yang kami sematkan berikut.


Selain memanfaatkan GPS di ponselmu, rute menuju ke sana dapat mengambil jalur manual yang kami simpulkan berikut. Rute dimulai dari Simpang Timbangan Siantar, ambil jalur Saribu Dolok, sesampainya di Simpang Dua temukan rumah makan. Di samping rumah makan tersebut ada jalan kecil melewati jembatan Embong, jalan tersebut akan menuntun kamu ke lokasi.

Jika bertanya kepada warga lokal sebutlah Tangkahan Marjandi Embong karena kawasan ini dekat dari bantaran sungai. Hal menyebalkan bagi wisatawan saat melintas ke pemandian ini cuma satu, kondisi jalannya sedikit banyak bikin pinggang capek. Tapi tidak separah lau kulap ya.

Aktivitas Wisata di Marjandi Embong

Sarana rekreasi tak melulu di pusat kota, tetapi sudah merambah ke berbagai pelosok desa. Seperti objek wisata di Kecamatan Panombeian Panei yang menempati daerah di Desa Marjandi, Simalungun ini.

Dibuka pada Juli 2020, antusiasme pengunjung dan masyarakat bisa dikatakan tinggi. Bukan tanpa tujuan, dengan kesejukan yang dipunya, tentu wisatawan mudah memperoleh kesegaran alami di kawasan tersebut. Tambah lagi, tempatnya juga laik untuk liburan keluarga.

Sebagai tambahan, destinasi ini dapat kamu nikmati mulai pagi sampai petang sesuai dengan jam operasionalnya, dari pukul 08:00 sampai 06:00 sore.

1. Kolam Renang Berundak

pemandian tangkahan marjandi embong
tangkahan marjandi embong - foto: instagram/cicifebriani21
Marjandi Embong memiliki beragam spot pemandian berbentuk kolam undakan dengan curahan air yang berasal dari celah-celah tebing batu di seputaran area. Jika diperhatikan sekilas, tampilan kolamnya sedikit mirip dengan yang ada di Kayon Jungle Resort Bali versi simpel.

Nah, percikan mata air di tingkat paling atas yang ditampung ke dalam kolam tersebut berwarna hijau toscha. Namun, ada kalanya menyuguhkan warna biru muda. Pemandangan tersebut menampilkan sensasi alam yang terkesan unik.

Air di kolam renang undakan tersebut tidak dibiarkan tergenang, tetapi terus mengalir deras dari undakan pertama hingga ke undakan terakhir. Sehingga pengunjung yang membawa si kecil ikut berendam tak usah was-was soal kebersihan.

2. Kincir Air dan Listrik Lokal

marjandi embong
salah satu objek wisata di panombeian panei - foto: eva sumbayak
Sepertinya tidak banyak objek wisata yang mempunyai pasokan listrik sendiri. Berbeda halnya dengan Desa Marjandi Embong yang berada di tepian air sungai ini, dimana pengelola sekaligus pemilik sedang mengembangkan sumber listrik sendiri dengan memanfaatkan kincir air sebagai pemutar turbin.

Pengelola akan menjadikan kincir air tersebut sebagai ikon. Sekaligus spot berfoto jika nanti tahap pengerjaannya sudah rampung. Dengan begitu, pemandangan hijau yang melingkupi salah satu objek wisata di Panei ini bisa jadi lebih kekinian.

Sembari menunggu spot berfoto kincir air itu selesai. Sebagai gantinya, eksplor saja setiap sudut wisata ini. Terdapat beberapa sudut dengan latar belakang pemandangan menarik. Ada dinding bebatuan yang merupakan favorit muda mudi dan pengunjung. Atau, ambil saja gambar ketika kamu lagi seru-serunya berenang.

Fasilitas

Tak jauh berbeda dengan Tangkahan Raja pun kenyamanan bagi pengunjung yang menikmati bermain air di lokasi ini cukup bagus. Sebab, fasilitas berupa lahan parkir, toilet dan warung sudah disediakan. Tak ada salahnya membawa makanan dan minuman sendiri.

Fasilitas di pemandian ini juga didukung dengan kondisi air kolam yang secara rutin dibersihkan. Sehingga wisatawan selalu dapat berlibur dengan nyaman dan aman. Meski airnya tanpa kaporit, lebih baik kenakan tabir surya yang bagus sehingga tidak masalah ketika kamu berenang saat matahari sedang terik.

Mengunjungi objek wisata di Panei ini, pengunjung tak hanya disambut dengan pemandian alam dan kolam renang undakan semata. Hawa udaranya juga terbilang sejuk, baik pagi maupun siang hari nyaris tak pernah berubah.

Berlangganan via Email