Widget HTML Atas

Tangkahan Raja: Lokasi, HTM dan Pesona Wisata Tapian Dolok

Di Simalungun, Tangkahan Raja merupakan hilir sungai dengan air jernih di seputaran lingkungan segar dan alami. Meskipun pemandian kolamnya baru saja dibuka, tempat wisata di Tapian Dolok justru sudah banyak diketahui Warganet.

tangkahan raja
tangkahan raja, bah salak, nagori nagur usang - image via: nico olyvin aritonang
Bertempat di areal pertambangan terbuka dan bekas galian C, pemandian di Tangkahan Raja punya jejejeran air terjun kecil, kolam berenang dan tiga buah sungai. Perpaduan destinasi air tersebut menjadikan objek wisata Tapian Dolok yang berada di Nagori Nagur Usang kali ini termasuk unik.

Dikisahkan oleh warga lokal, adapun nama destinasi wisata yang memiliki luas area sekitar 2 hektar di Nagori Nagur Usang ini, berasal dari hikayat sebatang pohon raksasa yang dianggap sebagai raja bagi tumbuhan sekitar. Pohon itu masih hidup hingga sekarang dan bisa dilihat saat Anda berkunjung ke Tangkahan Raja.

Akses ke Lokasi

Tapian Dolok sebenarnya merupakan kecamatan kecil. Namun infrastruktur jalan ke berbagai objek wisata, terutama ke desa terpencil masih sangat minim. Begitu pula akses menuju pemandian Tangkahan Raja, alih-alih bagus malah bisa bikin encok kambuh.

Objek wisata ini beralamat di Nagori Nagur Usang, Desa Bah Salak, Kecamatan Tapian Dolok, Kab Simalungun, Sumatera Utara. Untungnya, rute ke lokasi sudah tersedia di GPS ataupun Google Map, kamu tinggal pilih aplikasi mana yang nyaman digunakan.

Lantaran rutenya cuma ada 1 pilihan, jadi tidak ada jalan pintas. Pertama berangkat dari rumah kediaman ke pintu masuk Tapian Dolok. Setelah tiba di Simpang Sinaksak teruskan ke tujuan. Durasi perjalanan yang kurang lebih 4 jam itu bisa dipersingkat asalkan wisatawan bawa kendaraan offroad atau trail.

Daya Tarik dan Ragam Aktivitas

Begitu memasuki objek wisata, pandangan mata akan langsung tertuju ke arah pemandian dengan warna air kehijauan. Melihat keindahannya yang masih alami, tak heran jika Tangkahan Raja langsung jadi terkenal sejak perusahaan perkebunan mengembalikan lahan tersebut kepada masyarakat.

Yap, ini baru namanya Tangkahan Raja yang autentik. Karena selain pemandangan yang oke punya. Wisatawan pun bisa beriteraksi dengan masyarakat Nagori Nagur Usang yang begitu ramah. Atau, mau langsung berjalan-jalan ke wisatanya saja?

1. Pemandangan 3 Buah Sungai yang Dibendung

tangkahan raja
image via:@ tangkahankc
Di wisata alam ini, terdapat anak sungai berair jernih yang terjun dari sisi perbukitan yakni Bah Salak, Bah Ranggasan dan Bah Mali. Nah, curahan air dari ketiga sungai tersebutlah yang kemudian dikontrol untuk mengisi kerukan batu bekas galian C.

Meski dibendung di lahan bekas galian C, tidak serta-merta air yang ditampung kotor dan tercemar polutan, lho! Justru selalu bersih karena pengelola tak pernah lalai menukar air kolam yang dingin dan jernih ini secara bergantian.

Lagian, bukan hanya sungai yang menjadi sumber air di pemandian tangkahan raja. Bila destinasi wisata ini diobservasi, maka akan dijumpai lima buah air terjun kecil dengan debit stabil yang mengalir terus-menerus di sekelilingnya. Masih ragu mengunjungi spot alam yang sedang happening ini, kah?
Baca Juga: Perbahingan: Tempat Wisata Alam di Kotarih yang Wajib Dikunjungi

2. Pesona Lain di Air Terjun Bah Salak 

air terjun bah salak
air terjun bah salak adalah salah satu wisata di tapian dolok - image via: @ar.juno_
Bagi yang selalu haus akan wisata alam, Air Terjun Bah Salak adalah tempat petualangan baru yang perlu dieksplorasi. Setuju, kan? Selagi masih berada di Nagori Nagur Usang, sekalian saja berkunjung ke semua destinasi wisata Tapian Dolok terdekat.

Mendebarkan sekaligus ketagihan sih bermain air di curahan Air Terjun Bah Salak. Sebab, tempat ini lumayan sepi dari kehadiran pengunjung. Jadi, sensasinya seperti berada di dunia sendiri. Coba saja kalau belum percaya.

Berjiwa bebas? Di sinilah bisa terhubung dengan alam bernuansa asri. Tak ada ikatan aturan yang diberikan bagi pengunjung. Tinggal lepas busana dan ganti dengan pakaian renang, percikan air terjun yang segar luar biasa akan sangat menenangkan jiwa.

3. Bermain Air, Berendam dan Berenang

tangkahan raja
pengunjung menikmati keseruan air di tangkahan raja
Berenang, berendam dan bermain air adalah kegiatan ideal di Tangkahan Raja. Karena itu, jangan sesekali meninggalkan kantung kedap untuk gawai atau kamera anti air. Sayang banget kalau momen berlibur tak diabadikan, bukan?

Dengan kedalaman hanya 2-4 meter, jernihnya air pemandian ini seru sekali untuk berfoto ala-ala di laut, tak harus bergaya seperti sedang snorkeling ya. Jeprat-jepret ketika sedang berendam atau berenang menggunakan kamera underwater favoritpun, hasil foto sudah menarik diunggah ke feed Instagram.

Hanya saja, air yang bersih dan jernih akan sulit didapatkan saat weekend. Di mana, wisatawan yang mengunjungi Pemandian Tangkahan Raja jumlahnya akan membludak. Rekomendasi waktu terbaik memang tak jauh-jauh dari weekday.

Harga Tiket Masuk

Soal tiket masuk, pengunjung tak perlu merogoh kocek atau menghabiskan isi dompet. Pasalnya, untuk menikmati semua atraksi wisata yang ada di Tapian Dolok satu ini, para pengunjung cuma mengeluarkan biaya Rp5.000 per orang.

Dari segi fasilitas, objek wisata memang cukup standar. Meski demikian, sudah bisa membuat pengunjung nyaman. Di pemandian alam ini sudah ada beberapa pondok istirahat, warung makan, sewa ban pelampung, kamar mandi dan juga area parkir.

Kabar terakhir mengenai Tangkahan Raja, objek wisata pemandian yang sekarang dipegang desa ini sudah makin dipercantik. Kawasannya ditanami pohon rindang dan juga bunga agar atmosfir alamnya bertambah sejuk.

Berlangganan via Email