Widget HTML Atas

Lau Kulap - 7 Gambar, Lokasi dan Obyek Wisata

Lau Kulap merupakan dusun di Desa Garunggang yang menawarkan tempat wisata terpadu. Di mana dalam satu daerah kita dapat menjumpai beberapa destinasi berlibur sekaligus yaitu kolam renang, pemandian alam dan rumah warna-warni.

lau kulap langkat via depari riki & @ainunmardyah469
Mengunjungi tempat wisata Pemandian Lau Kulap adalah hal menyenangkan. Saat akhir pekan tiba, permainya alam dan atmosfer dingin yang menyejukkan senantiasa menyambut para pengunjung. Mulai dari pemandangan alam, pemandian Sabah Ipoh, kolam devari sampai spot foto dengan view balon-balon udara seru juga untuk dieksplor.

Dusun di Langkat ini juga berulang kali mengadakan kegiatan wisata berbasis lingkungan, seperti aksi kebersihan dan penanaman pohon secara berkelanjutan. Hal itu dilakukan demi menjaga kawasan hutan sekitar dan menghindari tanah longsor.

Lau Kulap

Sebagian wahana memang masih terus dikembangkan. Ke depannya, salah satu obyek rekreasi yang sedang disiapkan yaitu water park berkonsep out door. Apabila terwujud, maka tempat wisata di Lau Kulap bisa menjadi destinasi alam favorit yang baru di Sumut. Simak ulasan lengkap berikut:

1. Lokasi Lau Kulap

spot berfoto di lau kulap langkat, rumah hobbit - via tarigan gerneng
Kendati sudah ada di google map, mungkin sahabat PSN akan sedikit bingung untuk menuju ke alamatnya yaitu Dusun Lau Kulap, Kecamatan Kuala, Kab Langkat, Sumatera Utara. Atau lihat di titik koordinat.

Lantaran objek wisata di Kecamatan Kuala ini populer, maka setiap akhir pekan terutama musim libur, maka lokawisata tersebut selalu dipadati pengunjung. Agar sampai ke lokasi, ada beberapa rute yang dapat diambil. Tetapi karena tidak ada angkutan umum langsung, baiknya menggunakan kendaraan pribadi dengan rute sebagai berikut:
  • Dari arah Medan lalu menuju jalan Gatot Subroto, lanjut terus hingga menjumpai Jalan Lintas Medan & Aceh. Setibanya di Binjai, ambil rute ke jalan Namu Ukur, tembus ke Telagah kemudian belok dan sampai di Lau Kulap (2 jam)
  • Rute ke dua, ambil posisi ke Sei Deli, lanjut ke jalan Adam Malik dan Amir Hamzah. Setibanya di Namu Ukur Selatan, pilih trayek ke jalan Telagah tiba di Desa Garunggang (3 jam)
Dari simpang tiga, akses jalan hanya bisa dilalui roda dua dan empat. Sedangkan bus pariwisata biasanya parkir di simpang tersebut. Penumpang bus akan dilansir ke lokasi pakai mobil pick up. Bagi yang memakai motor, berhati-hatilah saat melintas terutama ketika musim hujan sedang menerpa.

Sebagian kondisi jalan sepanjang 1,5 km masih berbatu dan rusak sehingga sangat perlu perhatian dari pemkab Langkat. Hindari memakai matic ya, selebihnya sudah bagus dan nyaman saat berkendaraan.

2. Tiket Masuk dan Biaya

kolam renang via e. tiorina tamba
Biaya berlibur ke sini tergantung obyek wisata Lau Kulap mana yang ingin dihampiri. Sekiranya diperlukan biaya mulai dari sepuluh hingga dua puluh lima ribu per orang.

Kolam Renang: Rp25.000 per orang
Pemandian Alam: Rp10.000 per orang
Biaya Parkir: Rp3.000 (roda dua) dan Rp5.000 (mobil)

Tarif tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari pengelola. Karenanya, bisa menghubungi pengelola melalui nomor telepon untuk kepastian harga saat libur tahun baru atau lebaran.

3. Jam Buka dan Fasilitas

lau kulap telagah via @hamdanihenny
Dusun wisata yang bak terhimpit diantara keelokan bukit dan sungai ini punya sederet amenitas yang memanjakan pengunjung. Mengenai jam operasional, mulai dibuka sejak pukul delapan pagi dan tutup sebelum pukul enam sore.

Tenang, di sini semua fasilitas tersedia lho! mulai dari mushola, ruang ganti, pilihan wahana dan warung kecil. Sayangnya, kedai tersebut hanya menjual cemilan ringan seperti pop mie dan minuman lainnya. Disarankan untuk membawa makanan sendiri.

Di obyek wisata ini juga dapat ditemukan penginapan berbentuk home stay. Harga permalamnya sekitar Rp500 ribu per malam. Misal kocek tak cukup atau terasa agak mahal, opsi lainnya memasang tenda. Kapan lagi camping di tempat wisata yang memberikan kenyamanan?

Obyek Wisata dan Kegiatan

Setibanya di Lau Kulap, banyak hal menarik wajib dilakukan pengunjung. Jika lelah, cobalah istirahat sebentar di warung. Atau, bisa langsung ke obyek wisata terdekat dan menjajal eksotikanya yang begitu hits.

4. Pemandian Alam Sabah Ipoh

pemandian sabah ipoh via muh. ramadhan/fb
Bersiaplah terkesima oleh pemandian alam Sabah Ipoh yang memesona di tengah kealamian desa. Bebatuan dan pohon nan rindang pun seolah ikut memancarkan semburat sungai yang jernih.

Menceburkan diri dan merasakan dinginnya air sungai pegunungan pastinya membuat puas. Plus, kesegaran alam yang tak terbantahkan akan terasa nikmat ketika matahari sedang bersinar begitu terik.

Saat berendam di pemandian ini, cucuran air sungai seperti sedang memberikan pijatan. Menengok panorama sekitar tak kalah menenangkan jiwa, pemandangan hijau yang terpampang menunjukkan ciri khas daerah tropis.

5. Kolam Renang dengan Balon Gas

image via @oby_hardyansah
Baik pemandian alam, kolam renang Babarsari maupun kolam renang devari berada di bawah tempat pemukiman warga. Dari pintu gerbang masuk, Anda harus turun lagi sekitar 25 meter untuk melihat kolam renang yang dikelilingi balon-balon raksasa.

Spot berfoto berupa balon gas menjadi daya tarik utama kolam renang Lau Kulap. Bahkan, banyak yang datang dari jauh hanya untuk berselfie ria di tempat hits tersebut. Keunikannya memang bikin terpana. Supaya tak ribet gonta ganti gadget, usahakan membawa kamera under water ya.

Nuansa kolam renang yang airnya langsung dialirkan dari perbukitan dan dikelilingi hutan perawan, sangat melegakan hati. Meski ini adalah kolam renang out door, pengunjung tak perlu takut kepanasan. Pasalnya, pemilik sudah membuat jaring-jaring di atas area yang mampu menangkal sinar surya.



Perlu diketahui bahwa Desa Garunggang dimana Lau Kulap berada ialah perbatasan antara kabupaten Langkat dan Karo. Jika destinasi di atas dirasa belum cukup, Anda sebaiknya mengunjungi Danau Lau Kawar yang lokasinya cukuplah dekat.

Berlangganan via Email