Widget HTML Atas

Batu Maranak: Akses ke Lokasi, HTM dan Aktivitas Wisata

Hobi trekking dan mendaki puncak bukit? Sepertinya kamu harus segera meluangkan waktu berkunjung ke Batu Maranak sebelum tempat cantik yang menghipnotis ini menjadi semakin bertambah ramai oleh wisatawan. Untuk menyempurnakan liburanmu, datangi juga Panorama Alam Gonting.

Batu Maranak
Lokasi: Batu Maranak - Gambar: @pestavalentina
Batu Maranak merupakan destinasi wisata di Humbang Hasundutan yang terdapat di ketinggian 1.333 mdpl. Berada dekat dari sisa kawah vulkanis Toba, asal nama bukit ini diikat dengan cerita indah yang mengikutinya.

Namanya berasal dari kata Batu dan Maranak. Maranak berarti "beranak" sedangkan Batu sepertinya tak perlu lagi dijelaskan. Keunikan menjadi pesona keindahan di Batu Maranak adalah pemandangan super indah dengan paparan bebatuan yang ditemukan di seluruh permukaan tanah.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati Batu Maranak yang memiliki daya tarik di bagian puncak bukit bisa Anda lakukan tanpa tiket masuk. Semuanya gratis karena wisata adventure tersebut belum memberlakukan sepeserpun tagihan retribusi.

Kecuali perjalanan Anda menuju lokasi cukup jauh, pastinya memerlukan biaya transportasi. Mengenai jam operasional, wisata bukit ini dibuka 24 jam penuh. Namun, disarankan untuk meminta warga lokal menemani malam camping Anda di puncak.

Pesona Batu Maranak

Dengan ketinggian 1.333 mdpl saja, bukit Batu Maranak ini tak cuma ramah bagi pendaki pemula, tetapi juga wisatawan secara umum. Meski begitu, wilayahnya didominasi oleh bebatuan berukuran besar. Dan kurang populer di kalangan wisatawan dibandingkan Sipinsur.

Memang tak banyak pendaki yang naik ke bukit tersebut untuk berkemah. Rata-rata turun langsung setelah menyaksikan sajian panorama alamnya. Vegetasi tumbuhan tidak terlalu padat, bahkan cenderung jarang. Di satu sisi, hal ini sangat menguntungkan pengunjung karena mereka bisa melihat seluruh pemandangan tanpa halangan.

Jadi bagi Anda yang berencana mendatangi tempat wisata di Humbang Hasundutan satu ini, bisa one day trip saja. Jika waktumu masih tersisa banyak, pilih saja Panorama Alam Gotting menjadi akhir perjalananmu nantinya.

1. Trekking ke Puncak

Jalur trekking ke Batu Maranak - Gambar: @wisavahlevi
Karena motor atau mobil standar tidak bisa mengakses lokasinya, maka ada 2 cara untuk sampai di Batu Maranak Tipang, pertama yakni menggunakan jasa tour guide lokal yang sudah terlatih di bawah naungan Dispar setempat. Sedangkan step kedua lewat cara mandiri.

Jika wisatawan ingin menjajal bukit dengan cara kedua, pastikan melengkapi seluruh peralatan keselamatan dan kebutuhan logistik. Sangat dianjurkan juga untuk menggunakan pakaian hiking, minimal pakai sepatu gunung yang alasnya masih kokoh saat dipijakkan.

Jalur jalan dari desa di bawah kaki bukit sudah tersedia. Setiap kali kaki wisatawan melangkah, pesona alam Batu Maranak sangat memanjakan mata, bahkan mulai awal perjalanan. Walaupun tidak memiliki vegetasi hutan tropis, tapi udara yang terhirup sangat sejuk.

2. Menikmati Pemandangan dari Batu Maranak

Batu Maranak
Gambar: Adel Edelina Aritonang
Seperti yang sudah Pariwisatasumut sebutkan di awal, Batu Maranak Tipang adalah spot alam yang belum terlalu hits. Jadi dapat dibayangkan betapa sepinya tempat ini. Setibanya di atas, rasanya seperti sedang liburan di destinasi alami yang masih tersembunyi.

Bebatuan yang menghampar laksana permadani adalah daya tarik tempat ini. Saat pagi-pagi buta, Anda dapat menangkap keindahan lain, yakni cahaya matahari yang sempurna dengan kemilaunya. Dan suguhan utama, kawah Toba dengan danau vulkaniknya yang seolah menyatu dengan langit.

Ya, tak ada benda yang mengganggu mata. Semakin tinggi, makin indah pula pemandangannya. Bahkan, Anda akan terpuaskan oleh cantiknya salah satu pulau di Danau Toba yang dapat disaksikan dari atas bukit.

3. Singgah di Panorama Alam Gonting

Panorama Alam Gonting
Lokasi: Panorama Alam Gonting - Image: @humbang_hasundutan
Panorama Alam Gonting adalah destinasi di perbatasan antara Humbang dan Samosir. Letaknya bersebelahan dengan Batu Maranak. Tetapi untuk ke sini, kalian harus turun lagi. Nah setelah jumpa jalan setapak dan terlihat bukit kecil, itulah akses ke sana.

Sebetulnya bermalam di bukit ini akan sangat asyik, terutama bagi mereka yang mencari sekeping ketenangan. Jika Anda pekerja kantoran dan ingin refreshing, bagusnya ke sini waktu ambil cuti. Usahakan juga berangkat lebih awal supaya tak terlalu kelelahan.

Nanti ketika menginap di area atau kaki puncak bukit Batu Maranak, wisatawan dapat pula menyaksikan ribuan bintang bak liliput malam di langit. Jelaga alam nan indah untuk dipandangi akan membuat kita bersyukur atas kekuasaan sang pencipta.

Lokasi

Panorama Alam Goting dan Batu Maranak terletak di Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut. Bila ragu mengenai rute, lebih baik gunakan GPS atau Google Map yang telah tersemat berikut.


Kendati akses ke puncak lumayan ekstrim dan melelahkan, pemandangan di atas akan memenuhi selera Anda. Apalagi selain bisa menjajaki kedua objek wisata tersebut, Anda punya kesempatan menapakkan kaki ke Desa Sirungkungon. Sudah tertarik, belum? Happy traveling ya sob.

Berlangganan via Email