Top Ad unit 728 × 90

8 Pulau di Danau Toba Ini Jarang Diketahui Wisatawan, Apa Saja?

Pulau di Danau Toba - Letusan maha dahsyat Gunung Toba yang membawa sederet perubahan ekosistem dan lingkungan menciptakan peradaban baru, seperti terbentuknya danau hingga kemunculan sederet pulau di sekitar Danau Toba.

Danau Toba, kawasan perairan darat terbesar di Indonesia dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang berada di Sumatera Utara ternyata memiliki beberapa pulau. Selain Samosir, ada 7 pulau lainnya di Danau Toba yang jarang diketahui publik.

pulau di danau toba

Pulau di Danau Toba

Pulau-pulau yang tersebar di Kabupaten Samosir, Humbahas, Taput dan Tobasa tersebut sebagian sudah dijadikan sebagai tempat wisata di Danau Toba. Namun, sebagian lagi terkendala akses dan luas pulau yang tergolong kecil. Lalu, apa saja nama pulau di Danau Toba dan bagaimana dengan daya tariknya?

1. Hampir Seluas Singapura, Inilah Pulau Samosir

pulau samosir via: instagram.com/sabineheg
Pulau Samosir (630 km) daratan yang menutupi sebagian wilayah danau tekto vulkanik Toba ini hanya memiliki selisih luas sekitar 91km jika dibandingkan dengan negara Singapura (721.5 km).

Pulau Samosir juga mencatatkan namanya diurutan ke-5 sebagai pulau terbesar di dunia yang terletak di tengah danau sedangkan di posisi ke-1 ditempati oleh Pulau Manitoulin di Danau Huron (Kanada).

pulau samosir via samosircottage
Ketinggian Pulau Samosir berada di angka 1.000 mdpl dan secara administratif berada di wilayah Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Samosir. Konektivitas pariwisata didukung oleh sarana jalan lingkar Samosir, menghubungkan 6 kecamatan yang ada di dalam Pulau Samosir.

Dibandingkan tempat wisata lainnya di Danau Toba, Pulau Samosir masih memegang predikat sebagai destinasi paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

2. Pulau Sibandang, Terbesar Kedua di Danau Toba

pulau sibandang foto via @f23studio
Pulau Sibandang yang memiliki luas sekitar 850 hektar dan terdiri dari beberapa desa seperti Parsampuran, Papande dan Sibandang ini terletak di Muara, Tapanuli Utara (Taput) dan merupakan 1 dari 2 pulau di Tao Toba yang berpenghuni.

Sejak 2018 lalu, Pulau Sibandang yang dihuni oleh 900 jiwa penduduk sudah dijadikan sebagai kawasan skala prioritas dan diberi label desa wisata seiring percepatan pengembangan Pariwisata Danau Toba.

desa di pulau sibandang via @gregonovic_helvetia
Terpisah total dari daratan Sumatera, satu-satunya transportasi ke Pulo Sibandang harus melalui kapal dari Balige, Muara atau Nainggolan. Landskap Pulau Sibandang sangat jelas terlihat dari Sipinsur, obyek wisata lainnya di Tapanuli Utara.

Selain iconic dengan komoditas buah Mangga. Ada banyak atraksi wisata menarik di Pulau Sibandang seperti pembuatan ulos tradisional hingga view Toba nan eksotis.

3. Pulau Tao atau Malau

pulau tao foto via @samosirta
Pulau lainnya di Danau Toba adalah Pulau Tao dan berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Masyarakat lokal lebih mengenal pulau ini dengan sebutan Pulo Malau.

Sekitar tahun 1996 dimana wisatawan ke Toba masih sangat ramai, di pulau ini sempat ada sebuah restoran. Namun, perlahan ditutup mungkin karena tidak adanya tamu yang datang.

pulau tao samosir via @rynfhnzk
Keunikan dari Pulau Tao atau Malau ini terletak pada wilayahnya yang tidak terlalu luas, ditumbuhi pohon kelapa dan mangga. Sebab itu pula, sekarang Pulau Tao menjadi habitat bagi burung bangau.

4. Pulau Simamora di Humbahas

pulau simamora via @heinricohardi
Pulau Simamora sempat jadi incaran traveller lokal karena bentuknya yang seperti gundukan tanah namun terlihat menawan dari kejauhan.

Sayang, Pulau Simamora yang terbentuk karena letusan Gunung Toba ini susunannya terdiri dari bebatuan keras sehingga hanya dapat dikelilingi dengan menggunakan kapal.

Pulau Simamora yang berada di Tipang, Baktiraja ini jaraknya tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan. Hanya sekitar 47 menit.

5. Pulau Tulas di Kabupaten Samosir

pulau tulas via @novesaragih
Di antara tenangnya Danau Toba di Samosir, terdapat Pulau Tulas Siboro yang juga menyuguhkan eksotisme berbeda. Panorama Pulau Tulas ini memang ciamik dan luar biasa jika dipandang dari Desa Siboro dan Bukit Burung.

Sebab itu pula Pulau Tulas yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir yang instagenic ini ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Tidak harus menginjakkan kaki kok, dari kejauhan saja pulau Tulas yang tak dihuni ini sudah terlihat menawan.

6. Pulau Tolping di Simanindo

pulau tolping foto via @sidabutarrohani
Pulau Tolping terletak di Desa Tolping, Kecamatan Simanindo, Samosir ini menambah daftar tempat wisata di Danau Toba dan dapat dilihat jelas dari Pantai Nasional, Martoba dan Pantai Indah Lumban Parmonangan.

Uniknya, Pulau Tolping ini keseluruhannya terbuat dari bebatuan yang tersusun rapi tetapi ditumbuhi dengan beberapa jenis vegetasi tumbuhan. Jika ingin ke Pulau Tolping, pengunjung bisa minta diantarkan oleh nelayan yang hilir mudik.

7. Pulau Sirukkungon dan, 8. Pulau Sitakke-Takke

Selain ke-enam yang sudah disebutkan di atas, masih ada 2 pulau lainnya di kawasan Toba yakni Pulau Sirukkungon di Ajibata, Toba Samosir (Tobasa) dan satu lagi Pulau Sitakke-Takke yang berlokasi sama dengan Pulau Simamora di Humbang Hasundutan. Namun, pulau ini terlalu kecil dan kurang memiliki atraksi untuk dijadikan sebagai tujuan wisata Danau Toba. (AN/PSN).
8 Pulau di Danau Toba Ini Jarang Diketahui Wisatawan, Apa Saja? Reviewed by Pariwisata Sumut on 3/12/2019 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.