Widget HTML Atas

Pantai Indah Sipinggan Nainggolan - HTM dan Akses ke Lokasi

pantai indah sipinggan nainggolan
pantai indah sipinggan beach - via @fabionainggolan

Nainggolan merupakan salah satu kecamatan di ujung Pulau Samosir yang rutenya sejalur dengan Tugu Toga Sinaga. Dengan luas wilayah 88 km persegi, Nainggolan memiliki beberapa pantai ekostik. Salah satu yang paling baru yakni Pantai Indah Sipinggan.

Selain Pantai Indah Sipinggan, sebetulnya masih ada beberapa pantai yang ada di Nainggolan, yaitu Pantai Pasir Putih Pandua, pantai Sibandol dan Pantai Pangaloan yang sama-sama memesona serta menambah variasi di wisata Danau Toba. Namun, akan kami bahas di artikel lainnya.

Pantai Indah Sipinggan adalah pantai yang dapat ditemukan di Nainggolan dan menjadi program inovatif desa untuk memajukan sektor pariwisata lokal. Letak persisnya berada di Desa Sipinggan, Pulau Samosir. Tanpa buang waktu lagi, simak info detailnya yuk!

Harga Tiket Masuk

Berapa sih tiket masuk ke Pantai Nainggolan? Nggak mahal kok. Sediakan saja bajet sebesar Rp10.000, plus biaya parkir sesuai jenis kendaraan kesayanganmu. Harga selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tiket Masuk Pantai Sipinggan
Jenis Tiket Harga
Tiket normal Rp10.000
Parkir Rp3.000 - Rp5.000

Dengan membayar tiket di atas, kalian sudah leluasa untuk memakai fasilitas dan menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Pantai Indah Sipinggan. Sekaligus, membantu ekonomi masyarakat sekitar karena objek wisata tersebut dikelola oleh warga, lho!

Atraksi Wisata dan Daya Tarik

Setibanya Anda di lokasi Pantai Indah Sipinggan Nainggolan yang tawarkan ombak danau yang relatif tenang, spot berfoto dan tempat nongkrong ini. Udara sejuk dari danau akan segera memberi sambutan hangat. Pun keindahan yang tersaji akan membuat kaki terus melangkah untuk menyusuri keelokan alamnya.

Di Pantai Nainggolan ini, garis pantai pasir putihnya lumayan panjang. Pengelola, dalam hal ini warga Desa Sipinggan sudah menyiapkan beberapa wahana air. Sehingga wisatawan bisa menghabiskan waktu kunjungan dengan melakukan sederet kegiatan seru.

Kira-kira, apa saja aktivitas yang asik dan direkomendasikan saat ke Sipinggan Beach di Samosir ini?

1. Pantai dengan Air Hijau Zamrud

pantai sipinggan nainggolan
sipinggan beach - image via lusia lumbanraja
Pantai yang bertetanggaan dengan Batu Guru Nainggolan satu ini masih sepi dan bersih. Hal inilah yang menjadi daya tariknya. Selain daripada itu, air Danau Toba di sini memancarkan warna hijau zamrud, sedangkan air di tepian pantainya justru jernih.

For your information, pantai-pantai di Nainggolan semuanya berpasir putih. Tak lupa, pemandangan lanskap berupa bukit dan ratusan pohon hijau di seberang danaunya juga menjadi lukisan alam yang menambah eksotisme di semua destinasi tersembunyi tersebut.

Saat cuaca lagi cerah-cerahnya, air danau yang tak ubahnya seperti hijau zamrud bisa Anda renangi. Tak ada hal yang perlu dikuatirkan karena seluruh area pantai cukup dangkal, sama sekali tanpa polusi dan selalu dirawat kebersihannya.

2. Bermain Air Menunggu Sunset

pantai nainggolan
Tempat bermain air di pantai nainggolan

Pantai Indah Sipinggan (PIS) sudah menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Nainggolan sejak tahun 2016 silam. Tetapi, baru terkelola dengan baik 2 tahun terakhir. Jika Anda hanya menunggu matahari terbenam sepertinya kurang afdol. Cobalah mengambil gambar bersama keluarga atau teman travelingmu.

Anda bisa mengambil gambar atau video video berdurasi pendek saat mengunjungi Pantai Nainggolan. Lebih-lebih lagi, warga Desa Sipinggan sudah membuatkan beberapa spot unik khusus berfoto sehingga tampilannya tak lagi kusam.

Seperti yang sudah disampaikan, Pantai Nainggolan sebenarnya merupakan spot terbaik untuk menunggui sunset. Fenomena alam ini tentu saja bukan sesuatu yang boleh terlewatkan. Anda akan disajikan guratan jingga keemasan yang memesona.

3. Menikmati Kuliner

pantai nainggolan jadi tempat favorit berlibur - foto via @nagaronggur

Mengesampingkan rasa lapar saat liburan itu tak bagus lho. Karena, berlibur juga butuh energi. Pantai Indah Sipinggan memiliki sajian kuliner khas tempat wisata. Meskipun pilihan menunya tidak banyak tersedia di warung sekitar pantai.

Warung di pantai ini selalu buka setiap hari, tak cuma buka sewaktu weekend saja. Menunya sih yang instan-instan, seperti pop mie, mie goreng, teh manis dan kopi. Ada juga makanan berat seperti nasi goreng dan mie. Tapi untuk menunda lapar, kebanyakan dari kita pasti punya prinsip kalau rasa tak jadi masalah, pentingnya ada yang bisa dikunyah.

Pengunjung akan ditunjuk ke gazebo untuk menikmati makanan yang sudah dipesan. Ada juga sih yang nggak mau dan lebih memilih duduk di atas pasir dekat pantai. Emang lebih enak sih ngunyah makanan sambil menatap kemolekan pantai.

Fasilitas

Pantai Nainggolan dirancang sebagai tempat rekreasi keluarga. Meski belum ada penginapan di sini, tetapi sudah ada beberapa amenitas yang menambah kenyamanan pengunjung selama berlibur, lho. Beberapa diantaranya yang kamu bisa jumpai:

- Rest room
- Warung makan
- Spot berfoto
- Area parkir kendaraan
- Wahana air

Untuk hotel, belum ada akomodasi tersedia. Tetapi Anda bisa coba pilih di hotel pangururan saja.

Akses ke Lokasi

Apabila Anda ingin berwisata di Pantai Nainggolan dengan nyaman. Bagusnya membawa kendaraan pribadi yang nggak ngadat saat digunakan selama perjalanan.

Nah rute perjalan ke lokasi yaitu Desa Sipinggan, Kecamatan Nainggolan, Samosir sebenarnya mudah. Tetapi lumayan jauh juga sih dari Pangoruran, sekitar 3 - 4 jam. Anda bisa mengambil beberapa petunjuk atau rambu jalan yang mengantarkan Anda ke Pantai Indah Sipinggan.

Untuk menyingkat waktu, bisa pilih jalur danau. Nanti dari pelabuhan Balige, langsung deh ambil karcis ke arah Onan Runggu. Kalau mengambil jalur ini lebih dekat, tinggal jalan kaki sampai deh di tempatnya. Dari sini, letak pantai pandua dan pantai Sibandol pun tak begitu jauh.

Berlangganan via Email