Widget HTML Atas

Seputar Waterboom Sawahlunto: Tiket Masuk dan Wahana Terkini

Waterboom Sawahlunto merupakan waterpark pertama di Sumatera Barat. Sehingga menjadi pelopor munculnya waterbom baru di tempat lain yang juga mengadaptasi permainan air, seperti waterpark di Padang, Solok maupun kota itu sendiri.

waterboom sawahlunto
waterboom sawahlunto - credit: reyhan rayyan/pariwisatasumut.net
Waterboom Sawahlunto yang berada di ruas jalan Lintas Sumatera, Muaro Kalaban, Silungkang, Sumatera Barat ini didirikan pada tahun 2000 di antara kawasan hutan tropis dan perbukitan. Dibuka pertama kali pada 2004, fasilitas dan wahananya pun terpenuhi dengan bagus.

Kawasan wisata waterboom Sawahlunto memiliki beragam variasi kolam renang, taman terbuka dan beberapa wahana bermain air yang tersebar di lahan seluas 2,1 hektare. Lebih mengesankan lagi, terdapat bioskop 4 dimensi (4D) dan peluncuran sepanjang 118 meter yang akan menghibur pengunjung.

Tiket Masuk Waterboom Sawahlunto

Dari mulai dibuka, tiket masuk ke Waterboom Sawahlunto masih sama pada 2020 ini. Jadi, untuk menikmati fasilitas lain pengunjung tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan. Dapat dikatakan jika harga bermain di waterboom ini relatif terjangkau.

Tiket senin - jumat Rp10.000 per pengunjung.
Tiket sabtu dan minggu Rp15.000 per orang.

Anak balita tidak dikenakan tiket masuk. Harga di atas bisa berubah tanpa pemberitahuan dari pengelola ya. Satu lagi, seluruh area waterboom dibuka dari pagi sampai sore hari, tepatnya mulai pukul 08.30 dan tutup pukul 16.00 WIB.

Baca Juga: Tempat Wisata di Payakumbuh

Wahana Bermain di Waterboom Sawahlunto

Meskipun secara amusement tidak sehits Mifan Padang Panjang, tetapi waterboom di Kota Sawahlunto kerap juga diincar saat musim liburan. Terutama jika waterpark di Padang itu lagi ramai. Ya, destinasi rekreasi keluarga ini memang sama-sama menawarkan aneka kegiatan seru.

Pengelola pun tak henti menghadirkan atraksi terbaru untuk menghibur pengunjung. Sehingga tak sedikit warga Kota Sawahlunto mengambil waktu liburan dengan mengunjungi waterboom Sawahlunto. Seperti saat weekend dan juga weekday.

Destinasi unik waterpark di timur Kota Sawahlunto ini menjanjikan wahana untuk kamu bermain air. Mulai dari wahana untuk orang dewasa hingga arena spesial bagi anak-anak. Selain itu, terdapat juga wanawisata fantastis yang sedikit banyak akan menguji adrenalinmu.

Penasaran akan apa saja yang ada di dalam waterpark Sawahlunto ini? Berikut diantaranya:

1. Seluncuran 118 meter

waterboom sawahlunto adalah tempat rekreasi warga lokal
Hal menarik dari waterboom Sawalunto sendiri adalah mereka memiliki peluncuran sepanjang seratus delapan belas meter. Seluncuran itu tentu akan memacu adrenalin lewat belok-belokannya yang mampu membuat pengunjung merasakan serunya sensasi meluncur dari ketinggian.

Fantastisnya lagi, peluncuran atau water slide di kawasan rekreasi wisata Sawahlunto ini diklaim sebagai seluncuran air terpanjang kedua di Indonesia, lho! Demi keamanan, semua pengunjung yang mencoba wahana air bernama ular sanca di waterbom utama, diwajibkan untuk selalu mengenakan pelampung tanpa terkecuali.

Wahana peluncuran raksasa dengan panjang 118 meter akan membawa pengunjung melewati belokan-belokan serba ekstrem kemudian melintasi beberapa tikungan air. Adrenalin siapa sih tak ketar-ketir usai merasakan sensasi permainan air tersebut?

2. 4 Buah Kolam Renang

waterboom sawahlunto
menjadi kolam renang di sawahlunto - image via tival godoras/googlemap
Waterboom Sawahlunto menyediakan pula beberapa kolam renang yang jika jumlahnya dihitung, terdapat sekitar 4 buah. Dua bagi pengunjung dewasa dan 2 lagi diciptakan untuk anak-anak. Seluruh kolam aman untuk direnangi. Sebab kedalaman kolam disesuaikan menurut usia perenang.

Setiap kolam ditunjang dengan kondisi air bersih, sedangkan khusus pada kolam anak dibuatkan permainan sederhana yang sanggup menambah keseruan si kecil selama berlibur seperti ember tumpah, air terjun, bebek-bebekan dan seluncuran berukuran pendek dengan kecepatan rendah.

Tak salah lagi jika kolam renang di Sawahlunto ini menjadi destinasi tepat bagi kaum urban Sawahlunto. Pasalnya, disana ada juga sarana outbond seperti flying fox, spot berfoto selfie, kolam bola air, taman bunga mini dan terapi ikan.

3. Bioskop 4D

bioskop 4d sawahlunto
Kendati kolam renang yang dikelola oleh PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) dimana aktifitas utamanya berpatokan pada permainan air. Tetapi di luar dari yang sudah kami sebutkan itu, masih terdapat permainan indoor menarik yang rugi bila dilewatkan yakni bioskop 4D.

Bioskop 4 merupakan salah satu wahana yang banyak diminati oleh pengunjung Waterboom Sawahlunto. Saat disini, pengunjung dapat menonton film 4 dimensi di atas kursi yang bisa bergerak. Kaca mata yang dipakaikan akan memberi efek sepeti sedang berada di dalam film.

Bioskop 4D Sawahlunto telah menjadi terobosan atraksi baru di bidang hiburan yang diperuntukkan bagi semua kalangan. Kalau ingin menyaksikan film bergenre petualangan yang diputar di sana, pengunjung harus membeli tiket lagi sebanyak Rp15.000 (weekday) dan Rp20.000 (weekend).

Fasilitas Waterboom Sawahlunto

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini diantaranya restaurant yang berada si komplek waterboom. Ada pula mushola, toilet, kamar ganti pakaian, sewa ban, bioskop 4D, pos penjagaan, pusat oleh-oleh khas, lahan parkir cukup luas dan juga area bersantai.

Fasilitas yang tercantum pengunjung bisa nikmati semua usai mendapatkan tiket yang dijual secara offline. Tentunya selain wahana teater digital dan restaurant. Pengelola tidak mengharuskan wisatawan makan di tempat, silahkan bawa makan dan minuman dari rumah bila kalian berminat.

Baca: Wahana Impian Malaka

Akses Menuju Lokasi

Taman wisata berkonsep wahana air ini berlokasi di Jl. Lintas Sumatera Muaro Kalaban, Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Indonesia 27435. Untuk pemesanan dan info terkini lebih bagus menghubungi pengelola langsung lewat kontak telepon +6275 5480 007.

Sebagai waterboom yang mengambil tempat di Sumatera Barat arah tenggara. Akses ke waterpark ini tidak se-ekstrem yang kamu bayangkan lho! Infrastrukturnya sudah bagus dan gampang dilalui motor ataupun mobil.

Untuk menuju waterbom ini dari Kota Padang hanya berselisih jarak 77,6 km dengan waktu perjalanan tercepat 1,54 menit. Ambilkan rute via Jalan Raya Solok - Jalan Selayo - Indrarung. Cukup jauh memang tetapi tempat ini sangat kami anjurkan seandainya Mifan Padang Panjang lagi ramai orang berkunjung.

Berlangganan via Email