Widget HTML Atas

Air Terjun Nai Sogop: Keindahan, Lokasi dan Tiket Masuk

Air Terjun Nai Sogop merupakan tempat pelarian terbaik di Samosir ketika Anda butuh refreshing. Ya, Air Terjun Naisogop ini memang menjadi objek wisata alam yang mampu menghilangkan penat dan membuat pikiran segar kembali setelah 6 hari sibuk bekerja.

air terjun nai sogop
image credit: @winanda_i_s / @chrisdayanthy
Dua sisi bebatuan yang terbentuk karena kencangnya gerusan air, seperti kembali mengingatkan jika wisata Danau Toba yang satu ini bak permata tersembunyi. Saat ritme jiwa petualang sedang terusik, dinginnya air dan suasananya yang alami akan merilekskan Anda. 

Berencana menyambanginya namun belum pernah mendengar destinasi samosir ini? Tak perlu menunda perjalanan, sebab akan kami kupas selengkapnya mengenai objek wisata Air Terjun Nai Sogop yang memesona ini.

Rute & Lokasi Air Terjun Nai Sogop

Nama aslinya Air Terjun Nai Sogop tetapi sering juga disebut dengan Air Terjun Hadabuan Naisogop. Letaknya di Desa Sarimarihit, Samosir. Berjarak kira-kira 200 km perjalanan dari ibukota. Namun tak ada angkot, satu-satunya cara ialah memakai transport pribadi.

Untuk berlibur ke Air Terjun Naisogop, Anda dapat mengambil jalur utama. Tentu, dimulai dari Kota Medan menuju Arah Pusuk Buhit. Melalui pertigaan jalan, tetapkan arah ke lokasinya yaitu Desa Sari Marihit. Warga di desa ini dikenal ramah, Anda bisa sejenak bertanya ke orang sekitar.

Kalaupun Anda segan bertanya kepada mereka, ikuti saja papan petunjuk arah Naisogop yang tersedia di pinggir jalan. Bila mengikuti petanda itu, Anda tak akan berjalan terlampau jauh lagi di mana perjalanannya sekitar 300 meter ke dalam.

Sebelum trekking, terdapat area parkir kendaraan dan pos jaga. Silahkan Anda gunakan fasilitas publik tersebut untuk memarkirkan kendaraan. Jika membawa barang berharga seperti kamera dan lainnya, berhati-hatilah menyusuri jalan supaya tidak tergelincir saat trekking.

Tiket Masuk Air Terjun Naisogop

air terjun nai sogop
image via instagram/nellymanihuruk28
Mengenai tiket masuk, Anda tak akan mengeluarkan biaya banyak, sebab harga berkunjung ke Air Terjun Naisogop cukup murah dan terjangkau. Anda cuma perlu mempersiapkan uang sebesar Rp5.000 saja sebelum masuk ke area air terjun.

Tetapi kalau Anda ingin menikmatinya lebih santai, tersedia paket wisata murah yang ditawarkan oleh beberapa tour and travel di Medan. Dengan budget sebesar 400k per orang, Anda sudah memperoleh agenda liburan lengkap dengan guide dan konsumsi.

Mungkin tiket normal maupun kutipan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Hal itu biasanya dipengaruhi langsung oleh kebijakan yang diambil pengelola. Namun Anda tak perlu cemas, nominal angkanya tidak akan berubah jadi lebih mahal kok.

Keindahan Air Terjun Nai Sogop

air terjun naisogop
image credit: mijanur rahman/googlemap
Air Terjun Nai Sogop memiliki satu mata air tunggal yaitu Naisogop. Mata air tersebut berasal dari sisi Bukit Barisan yang mengalir melalui lembah dan bebatuan andesit. Setelah berkumpul di bagian atas dan merayap melalui batu keras, kemudian membentuk air terjun Naisogop.

Keindahan yang dimiliki tidak hanya berasal dari sumbernya saja. Pasalnya, air terjun yang memiliki tinggi sekitar 12 meter dengan pola 1 terjunan ini berwarna coklat pekat seperti coca-cola. Tampilannya yang unik itu tentu menciptakan pemandangan alam yang istimewa.

Di bagian curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami. Sedangkan di sekelilingnya tersaji pemandangan berupa pepohonan beringin, tumbuhan ilalang (Imperata cylindrica) dan bongkahan batu-batu sediemen unik berukuran besar yang memang banyak ditemukan di lingkungan Danau Toba.

Kegiatan Menarik

air terjun naisogop
pesona air terjun image credit: @jefri_7rait
Kolam yang terbentuk alami di Air Terjun Naisogop Samosir ini menjadi lokasi berkumpulnya para wisatawan. Airnya memang mempunyai warna coca-cola, tapi sangat jernih dan tenang. Banyak wisatawan berendam dan berenang di kolam itu.

Bila merasa sudah puas berendam dan menikmati dinginnya, Anda dapat meluangkan waktu untuk menangkap momen liburan. Dari menggambil gambar lanskap hingga ber-swafoto sendiri ataupun ber-wefie dengan partner traveling Anda.

Baca Juga: Pantai Lumban Silintong

Air terjun ini tak pernah surut meski sedang musim kemarau. Karena itu pula, Anda pasti dapat menikmati pesonanya tanpa harus mencocokan kunjungan terhadap musim yang sedang terjadi.

Fasilitas

Liburan di air terjun Naisogop, Anda akan memperoleh ketenangan luar biasa. Dibandingkan Air Terjun Efrata, fasilitas wisata yang ditawarkan oleh objek wisata alam ini belum cukup mendukung. Sepertinya, Anda wajib siap berlibur ala petualang.

Fasilitas yang ada di sini diantaranya pemandian, dua buah gazebo, tangga permanen dan pos penjagaan. Maka dari itu, wisatawan harus membawa kebutuhan traveling mereka, termasuk konsumsi makan dan minum selama di lokasi wisata Desa Sari Marhihit ini.

Berlangganan via Email