Widget HTML Atas

Pantai Lumban Silintong - HTM Terbaru, 6 Gambar & Akses Lokasi

Lumban Silintong menjadi desa di tepi barat danau toba yang bisa dijumpai di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Terletak di semenanjung kecil, desa dengan luas 1,74 km persegi ini dikenal juga sebagai tujuan wisata. Salah satu yang ideal untuk kamu kunjungi adalah Pantai Lumban Silintong Balige.
 
pantai lumban silintong
pantai lumban silintong, balige - image via antara global photography
Pantai ini mempunyai ombak rendah dan cukup landai sehingga dinobatkan oleh wisatawan sebagai lokasi wisata yang ideal untuk keluarga. Hal tersebut memungkinkan pengunjung untuk berenang serta menikmati sederet permainan air yang tersedia di sana.
 
Pantai Lumban Silintong Balige merupakan area rekreasi yang sudah tidak asing lagi di telinga. Meski tidak berada di tepi laut, tetapi namanya sangat terkenal bagi wisatawan lokal. Tak sedikit juga berita mengupas soal pantai yang mempesona ini.
 

Lokasi & Akses

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Lumban Silintong. Pantai ini sendiri memiliki jarak sekitar 5,9 km dari arah Balige melalui jalan Lintas Sumatera. Jarak tersebut bisa dicapai dalam kurun waktu kurang lebih 19 menit saja.
 
 
Pantai Lumban Silintong Balige menjadi objek destinasi yang gencar dikembangkan. Salah satu perhatian dari stake holder adalah terpenuhinya akses jalan yang nyaman bagi pengunjung. Sudah tersedia juga petunjuk atau penanda menuju lokasi.
 
Pantai Lumban Silintong beralamat di desa lumban  silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut. Kami sengaja menyematkan Google Map agar kamu bisa lebih cepat menemukan rute terbaik ke sana.
 

Spot Wisata di Lumban Silintong

Tak kalah dari pantai lain seperti Sibolahotang Sas, Parapat dan Tambunan Beach. Destinasi wisata di Lumban Silintong mempunyai spot menawan. Yaitu cafe dengan pesisir pantai yang airnya jernih. Siapapun akan tergoda dalam pandangan pertama.
 
Keunggulan lain yang dipunya oleh wisata air ini adalah tidak ada istilah pasang dan surut. Kecuali angin sedang kencang, pantang beraktivitas di dalam airnya. Tetapi jika semilir angin sedang lembut. Setiap pengunjung bebas beraktivitas wisata. Berikut spot wisata yang akan Anda temui di sini.
 

1. Bermain Air & Bersenang-senang

pantai lumban silintong balige
image credit: @lumisu_pasolang
Temukan keceriaan bermain air di destinasi memukau ini. Anda bisa menyewa speed boat maupun banana boat yang berbaris rapi di sepanjang tepi pantai. Kemudian bersenang-senang mengarungi danau terbesar kebanggaan Sumatera Utara.
 
Namanya juga liburan, tujuan utamanya tentu membebaskan diri dari rutinitas, bukan? Dengan bermain banana boat saja, adrenalin kita sudah seperti naik wahana Hysteria. Apalagi jika air danaunya menyiprat ke wajah, rasanya seperti sedang mengarungi ombak.
 
Kalau Anda tak suka aktivitas berbau tantangan, Pantai nan cantik di semenanjung kecil ini asyik juga untuk mandi-mandi. Lantaran pinggir pantainya sangat landai, ditambah lagi air di sini yang teramat jernih. Anda dan keluarga leluasa berenang dan menikmati kealamian airnya.
 

2. Pantai dengan Cafe

wisata pantai di lumban silintong
image via instagram/indah_manik97
Uniknya, ada beberapa cafe di Pantai Lumban Silintong yang asik untuk kawula muda. Kafe-kafe tersebut sangat sayang dilewatkan. Sebab bangunannya ditata kekinian. Beberapa dari cafe itu bahkan menyediakan spot outdoor.
 
Kafe keren dengan pemandangan ciamik pastinya bagus untuk bersantai. Jangan lupa untuk memesan makanan atau minuman jika sudah mengambil tempat duduk ya. Tak harus memilih menu yang mahal, toh segelas kopi Silintong, ikan bakar spesial sudah cukup khas untuk dinikmati.
 
Anda tak perlu cemas soal harga. Karena menu yang ditampilkan masih berada pada ambang standar layaknya di tempat wisata Balige lainnya. Tapi jika ingin berhemat, segelas jus dan nasi goreng sudah cukup nikmat untuk menemani waktu bersantai Anda di pantai cantik ini.
 
Masih ada beberapa cafe di seputaran Lumban Silintong yang menjadi spot asik untuk makan dan bersantai. Beberapa diantaranya yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Aquino Cafe, Putri Tao Resto, Betesda Cafe, Wina Cafe dan Piku-piku Resto & Cottage.
 

3. Menunggui Senja di Balik Perbukitan

pantai lumban silintong balige
image credit: instagram/sipipin
Memang suasana matahari senja berteman dengan pemandangan indah selalu membuat hati menjadi tenang. Begitu juga dengan pantai lumban silintong. Jika Anda dan si dia berencana pulang agak malam dari tempat ini, pastikan untuk menunggui matahari terbenam.
 
Tempat wisata ini nyatanya dikelilingi oleh bukit. Seandainya energi Anda masih banyak tersisa, cobalah mendaki kecil-kecilan ke Bukit Pahoda. Tetapi, berburu indahnya matahari saat terbenam juga tak kalah ciamik dari pantai ini kok.
 
Moleknya danau kehijauan begitu selaras ketika matahari mulai menyelinap dan bersembunyi di balik perbukitan. Dan sudah pasti, inilah waktu yang tepat untuk mengabadikan sajian keindahan pantai ini melalui foto.
 

Harga Tiket Masuk

Objek wisata di Lumban Silintong adalah tempat berlibur yang murah nan meriah. Tak percaya? Untuk meyakinkan Anda melancong ke destinasi alam ini, perlu tau kalau harga tiket masuk hanya Rp5.000,- saja per orang. Sedangkan biaya parkir kenderaan mulai dari Rp4.000.
 
Murah sekali, bukan? Anda tak lagi pusing memikirkan budget liburan keluarga. Kalau datang berempat, tiket normalnya masih sangat terjangkau, yakni Rp20.000. Jika masih ada budget yang tersisa, bisa mengajak keluarga ke cafe untuk mencicipi ikan bakar khas di wisata air ini.
 
Waktu terbaik mengunjungi pantai yang ada di Desa Lumban Silintong ini ialah pukul 09.00 WIB. Meski sebenarnya, kawasan ini dibuka 24 jam penuh. Kalau Anda bermalam di hotel Balige, Anda punya kesempatan mengunjungi pantai ini saat malam untuk mendengar perform musik dan lagu Batak.

Fasilitas

Guna memenuhi semua kebutuhan wisatawan, fasilitas di objek wisata air ini sudah dilengkapi. Baik itu sarana maupun prasana yang mendukung kepuasan Anda saat berlibur. Apa saja yang ada di Lumban Silintong?
 
- Tempat parkir
- Transportasi dari pusat kota
- Jasa souvenir
- Rest room
- Cafe & kuliner
 
Selain menyediakan pesona wisata alam yang menawan, fasilitas di atas membuat pantai ini menjadi obyek wisata yang bermutu. Nah, semoga info terkait akses ke lokasi, harga tiket masuk dan gambar di atas bisa membuat liburanmu lebih mudah.

Berlangganan via Email