Widget HTML Atas

Tahalak Godang - Pesona Wisata Alam di Simangambat

Berlibur ke Simangambat, sebuah kecamatan di Tabagsel kini semakin menarik saja. Selain menelusuri pesona alam seperti Air Terjun Sariawan dan Pemandian Batu Tunggal, Anda memiliki pilihan lain yang juga seru dikunjungi yaitu Tahalak Godang.

tahalak godang
tahalak godang, obyek wisata alam di simangambat - image credit: @ayub
Tahalak Godang adalah spot terbaik untuk menikmati wisata air dan pesona alam di areal bendungan. Embung atau danau buatan di Simangambat ini memang tak hanya dikelola sebagai budidaya ikan dan pengairan saja, tapi juga bisa jadi tempat berlibur.

Bendungan atau danau buatan ini sendiri mempunyai luas areal sekitar 50x60 meter dan didirikan di atas cekungan lembah dan perbukitan. Sampai sekarang, objek wisata ini dikelola oleh kelompok muda-mudi Naposo Nauli Bulung (NNB) yang tinggal di Desa Mandasip.

Lokasi Tahalak Godang

Menuju lokasi wisata dari arah Simangambat ke Tahak Godang cukup dekat dengan jarak 32 kilometer saja. Letaknya berada Desa Mandasip, Kec Simangambat, Kab. Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Lihat titik rutenya melalui peta yang tim Pariwisatasumut.net sematkan berikut.


Untuk mencapai kawasan wisata alam tersebut, Anda tak harus menggunakan bus, Anda juga dapat menggunakan kendaraan roda dua alias motor. Karena tidak berada di tepi jalan, perjalanan akan melewati beberapa desa seperti Huta Pasir dan Ujung Gading.

Baca Juga: Tempat Wisata di Paluta

Tiket Masuk Tahalak Godang

Adapun tiket masuk untuk menikmati pesona embung dan pemandangan alam cukup murah. Wisatawan hanya perlu menyediakan uang sebanyak 5 ribu rupiah ditambah dengan tiket parkir kendaraan yang memasuki kawasan ini.

Tiket reguler: Rp5.000/orang
Biaya parkir: Rp2.000/orang
Sewa bebek-bebekan: Rp20.000

Pengunjung memang hanya mengeluarkan biaya kurang dari 10 ribu saja. Tetapi bagi pengunjung yang mau mengelilingi Embung Tahalak Godang dengan rakit atau bebek air perlu merogoh kocek lagi.

Aktivitas Wisata Tahalak Godang di Simangambat

Simangambat menjadi suatu wilayah di kecamatan di Padang Lawas Utara yang mendapat banyak anugerah alam. Tidak mengherankan lagi jika tempat wisata di Simangambat tak henti menyuguhkan potensi yang tersembunyi selama ini.

Salah satu objek destinasi terbaru yang merupakan pesona wisata Simangambat adalah Tahalak Godang. Sebuah wilayah danau air payau buatan yang berparas elok dan menyuguhkan ketenangan alam bagi para pengunjungnya.

Jika berkunjung ke tempat ini pagi-pagi sekali, Anda bisa menemukan sederet hal yang pastinya memesona. Kegiatan liburan dari pagi sampai sore akan terisi penuh. Dengan demikian, kunjungan liburan Anda akan sangat optimal.

1. Bersantai dan Berfoto di NNB Tahalak Godang

image via jara kencana/googlemap
Pemandangan inti dari tempat ini adalah embung atau danau buatannya sendiri. Untuk mendapatkan pemandangan istimewa itu, tersedia beberapa kursi panjang tepat di pinggir embung yang boleh dipakai pengunjung untuk bersantai.

Selain duduk bersantai, Anda tentu ingin mengabadikan momen spesial yang sedang dijalani, kan? Satu hal yang tak boleh dilewatkan begitu saja ialah berfoto. Seperti berpose di atas rakit dan mengambil gambar dengan latar danau dengan background yang indah.

Spot foto itu sengaja dibuat supaya pengunjung tak kesulitan mengambil angle foto yang pas di hati. Meski background gambar yang disediakan belum begitu beragam, namun sudah melahirkan suasana yang Instagramable.

2. Berkeliling Danau Buatan

wisata simangambat
image credit: inda yandi simamora/facebook
Kegiatan lain yang mengasikkan di Tahalak Godang ialah menyusuri danau buatan. Terdapat dua cara untuk melakukannya, pertama menaiki rakit tradisional dan kedua mencoba sendiri dengan mengayuh bebek-bebekan.

Seperti wisata air pada umumnya, hamparan air yang menyejukkan mata akan membuat kegiatan berkeliling di danau buatan ini terasa lebih seru. Dari tengah danau, susunan alam yang terpatri berasa sangat natural. Tak bosan rasanya memandangi keindahan itu.

Sebelum melaju lebih jauh ke bagian tengah danau, beberapa onggokan tanah lengkap dengan pohon serta rerumputan yang belum terendam akan menyedot perhatian. Apalagi pohon-pohon itu muncul dari permukaan air, tampilan itu benar-benar menciptakan nuansa unik.

3. Kemah di Desa Mandasit

embung tahalak godang
image credit: zarkasih nst/facebook
Setiap penikmat alam pasti setuju bahwa pesona suatu objek wisata, selalu bertambah keren jika punya sunrise. Panorama seperti ini bukanlah momen langka jika Anda menyambangi Tahalak Godang. Bahkan sunset yang eksotik di sore hari selalu saja tersaji untuk dinikmati.

Agar bisa melihat matahari terbit dan kembali ke peraduannya, sebaiknya Anda camping atau berkemah di tempat ini. Tak ada yang perlu dirisaukan, pengelola menyediakan spot khusus bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan malam.

Kawasan ini juga sedang dikembangkan ke tahap agrowisata. Maka dari itu, pengelola bahu-membahu menyiapkan fasilitas yang mengakomodasi para wisatawan. Meski belum punya fasilitas homestay dan sejenisnya, alternatif camping sudah disediakan.

Berlangganan via Email