Widget HTML Atas

12 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Rekomended Dikunjungi

Kuantan Singingi merupakan kabupaten dengan Ibukota Teluk Kuantan. Wilayah ini terkenal karena sering mempromosikan destinasi yang dimilikinya melalui beragam festival. Meliputi Pacu Jalur, Pagelaran Budaya dan Pertunjukan Tradisional. Lantas, seberapa indah kah potensi wisata Kuantan Singingi?
 
Melalui tempat wisata di Kuantan Singingi Anda bisa mengetahui keelokan alam sesungguhnya. Sekaligus mengenal potensi pariwisata yang tersimpan di setiap kecamatan. Seperti wilayah Kuantan Hilir, Gunung Toar, Pangean hingga ke Teluk Kuantan yang menjadi Ibukota Kabupaten.
 
Jika memiliki kesempatan mengunjungi Teluk Kuantan, berikut 12 rekomendasi tempat wisata di Kuantan Singingi yang bagus dikunjungi saat liburan.
 

1. Pemandian Alam Sungai Pinang

wisata di kuantan singingi
image credit: fb.com/desasungaipinang
Perjalanan ke Sungai Pinang bila diakses lewat arah Kota Teluk Kuantan cuma 35 kilometer saja lho sobat PSN. Dengan jarak yang dekat itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi objek wisata pemandian alam ini. Nggak masalah kalau naik motor atau mobil karena infrastrukturnya sangat memadai.
 
Pemandian alam air panas yang terletak di Desa Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi ini memang sudah menjadi objek wisata andalan. Bantuan dana desa mereka manfaatkan untuk membina dan menciptakan destinasi kreatif yang indah serta menarik.
 
Terkini, pemandian alam terbaik di Kuansing ini sedang digodok dengan bermacam sarana pendukung. Seperti kafetaria untuk tempat bersantai. Ada juga kolam-kolam air panas bagi wisatawan yang ingin berenang dan taman bunga sebagai spot berfoto.
 

2. Taman Kota Taluk Kuantan

image credit: googlemap/albert talmna jr.
Taman Jalur di Jalan Pasar Taluk, Kuantan Tengah dilabeli sebagai tempat nongkrong paling hits di Kuansing, Riau. Taman yang strategis di tengah kota Taluk Kuantan ini sekaligus menjadi destinasi wisata gatis yang berlimpah daya tarik.
 
Seperti disebutkan sebelumnya, di taman kota inilah selalu diadakan aktivitas pariwisata dan budaya lokal. Tak terhitung sudah berapa banyak acara yang digelar di sana, seperti Milenial Sosial Media Award yang modern hingga yang berunsur budaya yaitu Pacu Jalur.
 
Wanawisata ini meski berlokasi di pusat kota tetapi sarat akan udara sejuk. Suhu udara segar itu berasal dari berbagai pepohonan rindang yang mengelilingi seluruh area. Untuk memenuhi kebutuhan feed sosial media. Ada puluhan spot-spot untuk hunting foto di Taman Jalur yang keren untuk dipamerkan ke sosmed.
 

3. Danau Kebun Nopi

image credit: lakekobunopi
Pihak swasta juga ikut memajukan sektor wisata di Kuantan Singingi. Hal itu dapat dibuktikan ketika kamu jalan-jalan ke Danau Kebun Nopi. Objek yang sangat populer ini mengemas destinasinya dengan konsep bervariasi dalam satu kawasan.
 
Danau ini berada di antara pemukiman warga, lokasinya tepat di jalur jalan lintas yang sering dilewati kendaraan umum yaitu Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan  Kuantan Mudik. Agar bisa sampai ke sana, cukup berkendaraan selama 54 menit melalui Teluk Singingi.
 
Dengan begitu, kawasan wisata ini bisa dijadikan untuk melepas penat dan kejenuhan Anda. Banyak unsur rekreasi yang sudah ditambahkan. Seperti wahana bermain air yang menyenangkan, restoran, saung, area kuliner, kereta dayung dan panggung outdoor.
 

4. Suaka Margasatwa Rimbang Baling

image credit: instagram/vj_oki
Jika rekomendasi yang sudah kami sebutkan di atas kurang ngena di hati. Lokasi satu ini pasti memberikan momen liburan yang oke punya. Karena selain memiliki banyak koleksi hewan, Anda akan terpukau oleh keheningan alam yang lestari dan terjaga baik.
 
Sesuai nama yang tersemat di objek wisatanya, Suaka Margasatwa ini terhampar di dua perbukitan yaitu Bukit Rimbang dan Bukit Baling. Kawasan tersebut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Singingi Hilir. Kurang lebih 76 km kalau ditempuh dari Ibukota Kabupaten.
 
Taman Margasatwa ini memiliki wilayah lindung dengan cakupan area 136 HA. Sejak dibuka pertama kali, kebanyakan orang yang menjelajah alam di tempat ini adalah enviromentalist yang gemar berpetualang dan menaruh kepedulian terhadap satwa liar.
 

5. Air Terjun Guruh Gemurai

image credit: instagram.com/jambigemilang
Dengan ketinggian bertingkat 7, Air Terjun Guruh Gemurai adalah objek wisata alam yang mengagumkan. Berlokasi di Desa Kasang, Kecamata. Kuantan Mudik. Air terjun ini sangat aestetik dan pemandangannya bisa disandingkan dengan namanya.
Baca Juga: Tempat Wisata di Kampar
Kendati bukan tergolong wisata baru, namun tempat ini tak pernah surut pesonanya. Barang siapapun yang berkunjung niscaya terpesona. Yang membuat lokasi ini sangat aestetik yaitu adanya air terjun tujuh tingkat. Dimana setiap ceruknya dapat dijadikan sebagai spot berenang.
 

6. Danau Masjid Koto Kari

image credit: youtube.com/lutfhi channel
Kabupaten Kuantan Singingi berada di ketinggian 25 - 30 meter di atas permukaan laut. Sehingga tak heran lagi jika hal itu membuat topografi alamnya sangat potensial di bidang wisata air, seperti Danau Masjid Koto Kari.
 
Wisata danau yang ada di Kuantan Singingi ini cocok sebagai destinasi terbaik bagi keluarga. Selain karenanya banyaknya pohon yang ditanami di sekeliling danau yang otomatis menjadikannya teduh dan segar. Tempatnya juga bersih dan lebih tertata.
 
Sehingga bagi Anda yang membutuhkan ketenangan dan cocok untuk tujuan keluarga, berlibur di tempat inilah jawabnya. Sebab, kesegaran alami yang ditawarkan akan membuat waktu bersama Anda terasa lebih berarti.
 

7. Hutan Kota Pulau Bungin

image credit: rasyid/googlemap
Objek wisata di Kuansing, Riau selanjutnya yang patut dikunjungi adalah Hutan Kota Pulau Bungin. Ditata dengan desain menarik sesuai dengan wisata si Kota Jalur, Lokasi ini menawarkan tempat refreshing yang menyenangkan.
 
Dari Hutan Kota tersebut Anda dapat melayangkan pandangan ke segala penjuru. Dua panorama terbaik yang disajikan Pulau Bungin yaitu lansekap Ibukota Kabupaten dan Tepian Sungai Narosa. Destinasi ini bukan hanya digemari oleh penduduk setempat, pelancong pun suka berkunjung kemari.
 
Lansekap yang tersaji seperti di objek wisata ini tentu dicintai para fotographer. Menariknya lagi, Anda bisa mendapat foto liburan di Kuantan Simgingi ini secara gratis. Apalagi areanya sangat luas sehingga tak sulit memperoleh view indah. Daripada mencari lokasi hunting foto berbayar di tempat lain, toh di sini pun sudah bagus.
 

8. Taman Wisata Sei Doranan

image credit: instagram/hadi.jr
Beralih ke Logas Tanah Darat, di lokasi ini terdapat sebuah Danau yang  cantik dan diberi nama Taman Wisata Sei Doranan. Di sana, Anda bakalan disambut dengan panorama matahari terbit yang terlihat menakjubkan.
 
Taman Wisata Sei Doranan menjadi area pemancingan juga. Kalau Anda memiliki hobi memancing, destinasi yang satu ini akan sangat bagus untuk memuaskan hobi Anda itu sembari menunggui sunset dan menikmati keasrian alam yang begitu tenang.
 
Kapan saja Anda ingin berlibur dan memancing, tempat wisata ini dapat dikunjungi karena jam buka tutupnya berlangsung selama 24 jam. Di sana Anda tak akan dimintai tiket masuk karena destinasi tersebut memang ditargetkan untuk masyarakat.
 

9. Air Terjun Sungai Kandi

image credit: instagram.com/begaya.production
Air Terjun Sungai Kandi merupakan objek wisata di Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Hulu Kuantan, Kuansing, Riau. Berada di areal bukit yang dikelilingi oleh perkebunan membuat air terjun yang ditemukan tahun 2017 ini cocok untuk destinasi air.
 
Lokasi air terjun yang dikelola oleh Bumdes Desa Sungai Kelelawar ini persis di tepi Sungai Kandi. Bila berakhir pekan ke sana, Anda bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan. Kemudian beraktivitas seru seperti bermain air ataupun mandi.
 
Sensasi air yang sejuk dan dingin dari air terjun beserta sungainya dapat Anda rengkuh. Keadaan di sekitar juga sangat menunjang aktivitas liburan Anda. Terdapat warung penjual makanan di pemukiman desa Sungai Kelelawar. Owh iya, jalan ke sana juga sudah diperbaiki.
 

10. Air Terjun Patisoni

image credit: @kuansingpict
Air terjun ini terbagi ke dalam dua area yaitu Patisoni Bawah dan Atas. Namun yang paling sering dihampiri adalah Air Terjun Patisoni Atas. Lantaran tempatnya lebih mudah dicapai, cukup dengan 20 menit perjalanan saja dari arah Lubuk Jambi.
Baca Juga: Tempat Wisata di Siak
Memiliki panjang 32 meter membuat Air Terjun Patisoni yang terletak di wilayah Desa Seberang Cengar ini nyaris tak pernah sepi dari lautan pengunjung. Puncaknya setiap libur panjang seperti saat hari libur nasional Nataru dan paska idul Fitri.
 

11. Bendungan Pangean

Image Credit: Zenwar Subianto
Seperti bendungan pada umumnya, Pangean merupakan danau buatan yang tak lagi hanya menampung air. Para pemuda setempat cukup memfavoritkan Bendungan Pangean menjadi spot rekreasi gratis yang berjarak 48 km dari Kota Teluk Kuantan.
 
Pangean sendiri merupakan daerah kecil yang masyarakatnya hidup dengan bertani. Kehadiran sumber irigasi atau bendungan di daerah tersebut sangat bermanfaat dalam mengantisipasi musim kemarau. Sehingga lahan sawah tetap hijau dan sedap dipandangi.
 
Selain mengamati panorama bendungan, di sini juga asa tradisi lokal yang legenda yaitu Pencak Silat Pangean. Anda mungkin tertarik melihat kesenian daerah Kuantan Singingi ini secara langsung, bukan? Bila demikian, jangan lupa memasukkan destinasi ini ke dalam agenda liburan Anda.
 

12. Desa Wisata Koto Sentajo

image credit: menyapariau.com
Sentajo merupakan desa wisata yang jaraknya cuma 4 km dari Pusat Kota. Tentunya sebagai desa cagar budaya, di sini banyak peninggalan bersejarah termasuk rumah adat tradisional Teluk Kuantan. Pariwisatanya didukung oleh alam yang menajubkan seperti areal persawahan, padang gembala, Bagas Godang, dan danau.
 
Rumah-rumah adat ini masih berpola tradisional. Bila wisatawan memasukinya, akan terlihat bermacam koleksi masyarakat adat tempo dulu yang berasal dari Suku Melayu, Patongan, Caniago dan Paliang. Tak heran lagi bahwa abjek wisata sejarah ini pernah masuk kategori desa wisata terbaik oleh Kemenpar.
 
Kuantan Singingi memiliki banyak keunikan yang perlu Anda eksplor. Dari beberapa daftar Objek Wisata di Kuantan Singingi ini semoga layak menjadi referensi Anda untuk menghabiskan liburan dan menikmati pesona yang Anda dengan mudah. Mulai dari air terjun, hutan hingga taman rekreasi yang bernuansa alami.