Widget HTML Atas

12 Tempat Wisata di Tebo 2021 Terkini & Wajib Dikunjungi

Tebo merupakan satu dari sepuluh kabupaten yang terletak di wilayah Jambi. Seperti kabupaten lainnya, di Tebo terdapat sejumlah destinasi wisata menarik. Dengan menawarkan akses jalan menuju dalam dan luar kabupaten yang begitu mudah, tentu hal itu ikut mendorong wisatawan berkunjung ke Tebo.
 
tempat wisata di tebo
image credit: @jambiimaji/instagram
Banyak sekali warga menyatakan tempat wisata di Tebo adalah destinasi perpaduan alam. Seperti Taman Nasional, danau dan air terjun yang terkenal. Meski tak bisa disangkal jika beberapa tempat wisata yang berada di ibukota Muara Tebo merupakan objek buatan meliputi spot foto dan atraksi kekinian.
 
Destinasi Tebo yang melimpah tentu menjadi daya tarik utama. Ditambah lagi peran serta pemerintah yang sangat aktif mendukung pariwisata lokal. Selain meningkatkan jalur transportasi, sarana penginapan dan hotel yang tersedia pihak alhasil turut menambah kenyaman pengunjung.

Destinasi Wisata Tebo

Bila Anda berkunjung ke Tebo sekitarnya pada waktu liburan terdekat, tentu Anda membutuhkan informasi perihal rekomendasi tempat wisata di Tebo. Nah, daftar berikut bisa dijadikan panduan selama Anda berkeliling disana. Kami sertakan peta lokasi dan tiket masuk agar liburan semakin menarik.
 

Taman Lubuk Tembesu

image via @tamanlubuktembesu
Sepertinya wisata ini adalah rujukan utama saat Anda bepergian ke Kabupaten Tebo, Jambi. Inilah dia Taman Lubuk Tembesu. Sejak awal mula diresmikan sampai sekarang, destinasi yang menampilkan taman kreatif ini semakin hits dan mendapatkan atensi tinggi dari wisatawan lokal.
 
Berlokasi di wilayah Bungkal, kecamatan Tebo Tengah, objek wisata ini memiliki sederet spot unik bagi warga yang mengunjunginya. Sebut saja area outbond, rumah pohon, tempat bersantai yang sejuk serta bermacam spot menghibur lainnya.
 
Selain bermain di seluruh area taman, Anda bisa juga menyusuri sungai yang dibatasi oleh deretan pohon tembesu yang menjadi ciri khas di kabupaten ini. Untuk masuk ke tempat wisata ini cukup membayar tiket Rp10 ribuan saja lho!
 

Air Terjun Gajah

image credit: @seputartebo/alifjayahuda
Air Terjun Gajah ini bisa Anda temui di kecamatan Ilir Tebo, tepatnya di desa Muara Kilis. Buka mulai jam 09.00 pagi dan tutup sore hari pukul 17.00 WIB. Air terjun ini adalah destinasi terbaru yang keindahannya banyak diburu penikmat alam.
 
Sesuai nama yang disandangnya, kawasan di seputar air terjun ini memang menjadi tempat perlintasan gajah Sumatera. Nah, air terjun ini punya bentuk memanjang, tingginya sekitar 15 meter serta lebarnya hanya 1 meteran saja. 

Kolam dengan kedalaman 1/2 meter di bawah air terjun ini sangat menyegarkan. Dan bagi penikmat alam yang kegerahan setelah trekking dalam kurun waktu berjam-jam, kesegaran yang didapat dari air pegunungan ini bisa membayar rasa lelah itu.
 

Danau Sigombak

tempat wisata di tebo
image credit: @miftahul4997
Berlokasi di Desa Jambu, Danau Sigombak adalah salah satu aset kekayaan alam di Tebo Ulu. Luas danaunya memang tak seberapa, tetapi pada bagian tengah danau terdapat sebuah pulau berukuran kecil yang menjadi daya tarik tempat ini.
 
Lantaran masuk ke dalam daftar destinasi andalan, Anda sangat disarankan untuk menyempatkan diri bertamasya kesana. Dengan suasananya yang teduh serta panoramanya yang indah, lokawisata danau di Jambi ini sudah pasti rekomended didatangi.
 
Tanpa dipungut biaya retribusi, Anda dapat menikmati eksotiknya keindahan Danau Sigombak secara gratis di akhir bulan. Apalagi tempatnya dekat sekali dari Muara Tebo, dengan begitu Anda akan menghemat biaya transport dan HTM sekaligus.
Lokasi: Teluk Kembang Jambu, Kec. Tebo Ulu, Jambi
Tiket: Rp -
Jam Buka: 07.30 - 17.00 WIB
 

Taman Tanggo Rajo

image credit: @galeri_jambi / @eussuf_green
Jika Anda berlibur di Muara Tebo, jangan lupa mengajak keluarga atau teman dekat jalan-jalan ke Taman Tanggo Rajo. Pasalnya, taman ini dibangun di kawasan padat penduduk dan sangat dekat dari pusat ibukota tersebut.
 
Taman paling populer di kawasan perkotaan ini tidak ada kurangnya. Tersedianya fasilitas yang lengkap akan membuat Anda dan orang tercinta betah menghabiskan waktu bersama. Harapan Anda untuk mendapatkan quality time dengan mereka akan terpenuhi.
 
Di sini Anda tak cuma bisa duduk atau menikmati fasilitas yang ada. Anda dapat mencicipi aneka jajanan yang dijual oleh pedagang makanan. Sembari menunggu pesanan diantar, foto bersama di taman ini tak boleh Anda lewatkan.
 

Bukit Tigapuluh

image credit: @luckyferdianto_
Di Tebo, kurang lebih ada 2 Taman Nasional yang tidak hanya menyimpan flora dan fauna langka, tetapi kedua bukit tersebut juga menjadi tempat tinggal bagi Suku Talang Mamak (STM) dan Suku Orang Rimba. Yaitu Bukit Tigapuluh dan Bukit 12.
 
Bukit Tigapuluh merupakan taman nasional yang sebenarnya terbentang di dua provinsi yaitu Jambi dan Riau. Namun para penikmat wisata petualangan lebih suka memulai penjelahan mereka dari Jambi. Hal ditenggarai karena tempat wisata ini dekat dari seputaran Tebo.
 
Turis mancanegara dan wisatawan domestik gemar berpetualang ke tempat wisata Bukit Tigapuluh karena mereka bisa mengenal pola budaya yang dianut oleh kedua suku di pedalaman Jambi tersebut. Bahkan beberapa tahun belakangan sudah ada tour & travel yang membuka paket trip kesana.
 

Rivera Park Rimbo Bujang

image credit: @pajakrimbobujang
Banyak warga lokal yang menganggap Rimbo Bujang adalah salah satu destinasi di Tebo paling top yang khas dengan potret alamnya. Selain bisa camping dan bermalam di bumi perkemahan yang terdapat disitu, rasanya tidak salah jika Anda menyambangi Rivera Park.
 
Rivera Park bisa dikatakan tak pernah sepi. Destinasi wisata buatan ini memang sangat ikonik sehingga difavoritkan banyak masyarakat lokal. Bahkan pengunjung yang menikmati liburan kesini datang dari berbagai penjuru seperti Bungo dan Riau.
Lokasi: Jalan Perintis 12, Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo
Harga Tiket: Rp10.000/org
Jam Buka: 08.00 - 17.30 Setiap Hari
 

Air Terjun Langgas

image via: alif huda
Air terjun Langgas adalah destinasi yang menuntut traveler harus punya nyali dan keberanian. Rute kesana cukup panjang dan melibatkan kemampuan fisik. Tak hanya melewati hutan rimba dan sungai, jalan yang seluruhnya masih terbuat dari tanah harus dilalui taveler.
 
Lokasi air terjun tersebut dapat dijumpai di Kec. VII Koto, Kabupaten Tebo, Jambi. Namun untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini, traveler perlu trekking dalam kurun waktu 1-2 jam. Selama melalui rute panjang itu, pemandangan cantik dan hutan alami bisa traveler nikmati.
 
Usai traveler menginjakkan kaki di air terjun ini, rasa lelah pun akan terbayar dan membuahkan hasil sesuai dengan yang dikehendaki. Tak ada ruginya berjalan berjam-jam kesana, selain berfoto dengan latar air terjun, berenang di kolam alaminya pun tentu wajib dilakukan.
 

Masjid Agung Tebo

wisata tebo
image via: anugerahkubah.com
Masjid Al-Ittihad ini tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun relief, arsitektur dan desain yang memukau membuatnya jadi tempat wisata religi yang diminati. Arsitekturnya yang indah dan menawan selalu menarik pengunjung untuk mengambil foto disini.
 
Masjid ini dibangun dengan kubah berwarna hijau terang. Sedangkan gedungnya sendiri terdiri atas dua lantai dan diapit oleh 4 menara pandang. Sangking indahnya arsitektur tersebut, eksterior tempat ini kerap dipakai untuk prewedding.
Lokasi: Jalan Muara Bungo Jambi, Pal 2, Bedaro Rampak, Kabupaten Tebo
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: -
 

Desa Wisata Suka Maju

image source: max moens/googlemap
Desa Suka Maju menjadi satu dari sekian banyak desa di Kecamatan Rimbo Ulu, Kab. Tebo yang mengelola tempat rekreasi air. Di desa wisata ini ada Danau Jatista yang dikembangkan oleh BUMDes bekerjasama dengan Karang Taruna.
 
Di Desa wisata Sukamaju tersebut, setidaknya ada 8 wahana rekreasi air yang sudah disediakan pengelola. Tempat rekreasi ini mampu menampung lebih dari 100 pengunjung dalam satu hari. Nah, untuk biaya kunjungan ke Danau Jatista diharuskan membayar tiket sebesar Rp5.000 saja.
 
Danau ini sendiri merupakan danau buatan yang airnya bersumber dari sungai di pinggir Desa Suka Maju. Potensi wisata air tersebut mulai dilirik karena dianggap bisa menambah pendapatan serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Lokasi: Desa Sukamaju, Kec. Rimbo Ulu
HTM: Mulai Rp5.000
Jam Buka: 09.00 - 18.00
 

Air Panas Sungai Bengkal

image credit: ekslprejambi.blogspot.com
Namanya adalah Pemandian Air Panas Sungai Bengkal yang menawarkan kolam-kolam renang dengan air bersuhu hangat. Karena dianggap berbeda dibanding destinasi kebanyakan, obyek wisata di Tebo ini sempat benar-benar hits di media sosial.
 
Air panas di Kel. Sungai Bengkal, Kec. Tebo Ilir ini dapat Anda manfaatkan untuk refleksi alami. Mengingat lokasinya berada pada dataran rendah, kami menganjurkan Anda datang pada sore atau menjelang malam agar tidak kepanasan.
 
Untuk menuju pemandian air panas ini sudah gampang karena semenjak pemkab memperbaiki kondisi jalan keluar masuk kesana, kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa melintas dengan mulus tanpa ada hambatan. 
 

Danau Biru Suosuo

image via: @andriyadi_55
Masih soal wisata alamnya yang luar biasa, Tebo pun memiliki danau untuk tujuan wisata air yaitu Danau Biru (Toshca). Meski belum terkelola sepenuhnya, Anda akan bisa menikmati langit biru dan riak air yang bikin hati terasa tentram.
 
Perlu diketahui bahwa danau di Kec. Sumay ini merupakan destinasi yang terbentuk di bekas pertambangan. Seiring berputarnya waktu, danau biru tersebut kemudian menjadi sebuah tempat wisata. Meski belum diresmikan, tak terhitung sudah wisatawan datang kesana.
 
Mengabadikan momen bertemakan alam di Danau Suo-suo adalah aktivitas menarik. Bagi Anda yang suka selfie atau memotret lanskap alam, tak ada alasan untuk tidak menyinggahi danau seluas 160 meter ini.
 

Jembatan Jihan

image credit: @heripongkem
Jembatan Jihan adalah sarana penghubung antar dusun di Desa Betung Timur. Jembatan ini memanjang dari pemukiman penduduk dan melintas di atas persawahan Payo Lebar. Lambat laun, jembatan dengan panjang 50 meter ini jadi tempat nongkrong kawula muda.
 
Bersantai di atas Jembatan Jihan memang mengasikkan dan menciptakan atmosfir romantis. Spot favorit kawula muda ini cukup menarik Anda kunjungi. Nyanyian burung dan hamparan padi yang menghijau menciptakan suasana romantis bisa Anda rasakan.
 
Itulah dia informasi mengenai 12 rekomendasi tempat wisata di Tebo yang harus Anda kunjungi. Bila Anda sedang liburan di Tebo dan sekitarnya, daftar destinasi maupun objek yang dekat dari kabupaten tersebut tak boleh terlewatkan.

Berlangganan via Email