Widget HTML Atas

7 Danau di Jambi Favorit Para Wisatawan

Kalau Anda berasal dari luar Jambi, pasti tertarik untuk sesekali berwisata ke provinsi ini. Selain gunung alam dan perbukitan, masih banyak keindahan yang dapat ditelusuri di kawasan kota dan kabupatennya, salah satu yang boleh dicoba yakni liburan ke danau.

Jambi merupakan sebuah provinsi yang memiliki banyak danau. Di mana, danau tersebut belum terekspos semua ke publik sehingga tersimpan keindahan menakjubkan di dalamnya. Bila semua danau diurutkan akan terisi satu daftar halaman penuh. Namun jika diringkas, terdapat lebih dari 24 buah danau di Jambi.

Sejumlah danau di Jambi menjadi tempat terbaik bagi wisatawan untuk menikmati wisata perairan. Selain bisa mendapatkan ketenangan alam, pemandangan cantik dengan bentang alam rupawan juga bisa diperoleh. Sebagai panduan, berikut adalah nama-namanya.

1. Danau Kerinci

danau kerinci di jambi - credit: panorama_magz
Danau Kerinci adalah salah satu danau terpopuler di Provinsi Jambi. Berlokasi secara administrative di Sungai Penuh dan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci.

Kerinci menjadi danau terluas di Jambi, membentang pada dua kecamatan dan satu gunung. Berkedalaman 110 meter, danau yang terletak di ketinggian 780 mdpl ini juga merupakan danau terbesar kedua di Kepulauan Sumatra dengan luas wilayah perairan 4200 hektar.

Perairan ini memiliki panorama yang sangat istimewa. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau tercantik di Jambi ini bisa dengan tour singkat. Silahkan ambil rute melalui jalan lingkar Depati Parbo sampai ke dermaga kapal Kerinci. Di sisi sepanjang jalur jalan tepian danau tersebut, akan ada banyak rumah penduduk dan spot wisata yang bisa disinggahi.

Lokasi: Siulak, Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

2. Danau Depati Empat

danau depati empat jambi
danau depati empat - credit: @dayek_id92
Ini merupakan danau yang berada di Merangin, salah satu daerah di Jambi yang dikenal karena kearifan hutan adatnya. Depati Empat tersebut menjadi satu-satunya danau yang pernah diganjar penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Hidup (KLHK) atas upaya masyarakat lokal dalam pelestarian ekosistem alam.

Danau dengan lingkungan alami ini memiliki suhu relatif sejuk, antara 14 - 25 derajat celcius. Airnya pun tenang dan dingin. Sedangkan pada bagian tepinya, tumbuh pohon-pohon khas tropis Indonesia. Hebatnya lagi, semua keelokan itu dapat dinikmati secara cuma-cuma atau tanpa tiket masuk.

Kecuali wisatawan ingin berinteraksi dengan masyarakat di Desa Rantau Kermas dimana Danau Depati Empat berada, dapat mengikuti program wisata yang mereka rancang sendiri yaitu program tanam pohon. Setiap peserta akan dikenai biaya Rp200 ribu per orang.

Lokasi: Depati IV, Rantau Kermas, Jangat, Merangin.

3. Danau Kaco

danau kaco jambi
danau kaco jambi - credit: @pakh
Menyebut tempat wisata danau di Jambi yang tak boleh terlewatkan bahkan harus dikunjungi adalah Danau Kaco. Dibandingkan destinasi perairan yang telah dijelaskan sebelumnya, tempat ini sudah familiar bagi warga Kota Jambi, bahkan anyar juga di kalangan wisatawan nusantara.

Adapun luas perairan danau di Taman Nasional Kerinci Seblat ini memang hanya 93 meter persegi saja. Tetapi pesonanya seperti magnet yang membuat turis luar negeri dan Indonesia, rela menerabas hutan liar dan melakukan ekspedisi perjalanan khusus agar bisa kesana.

Sisi ajaib di Danau Kaco patut dilihat secara langsung. Sebab pada malam hari, danau ini akan tampak berkilau dan memancarkan cahaya di bawah sinar rembulan. Hal itu bisa terjadi karena tingginya mineral yang tertampung di dalam danau, sehingga airnya sangat bening seperti kaca baru diasah.

Lokasi: Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kab. Kerinci, Jambi.

4. Danau Sipin

danau sipin jambi
danau sipin - credit: @swisbellhoteljambi
Daerah Kota Jambi juga mempunyai wisata air yang diberi nama Danau Sipin. Danau ini merupakan destinasi paling mudah ditemukan lantaran lokasinya dekat dengan kawasan perkotaan. Tepatnya di Legok dan Telainapura.

Sipin adalah sebuah destinasi alam yang sangat digemari warga untuk refreshing. Karenanya, aktivitas liburan di danau ini sudah dikembangkan penuh oleh Pemko Jambi. Termasuk mendirikan kampung wisata dan taman outdoor di pinggir danau yang memiliki luas 4,5 km persegi itu.

Tujuan wisata unggulan di tengah-tengah ibukota provinsi Jambi ini pun sudah pernah dimanfaatkan lokasinya untuk menghelat event berskala internasional yakni lomba balap perahu. Selain fungsi pariwisata, warga juga memanfaatkannya untuk sektor perikanan darat.

5. Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh jambi
danau gunung tujuh - credit: @jezyabdinata
Jambi masih menyimpan tempat wisata danau lainnya yang juga wajib kamu datangi yaitu Danau Gunung Tujuh. Yap, pesona satu ini datang dari Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro.

Sesuai dengan namanya, memang ada sederet gunung memagari air dalam cerukan danau tersebut. Di antaranya ialah Gunung Selasih, Hulu Tebo, Madura Besi, Jar Panggang, Gunung Lumut dan Gunung Hulu Sangir. Paling membanggakan, Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi se- Asia Tenggara, lho!

Yap, danau terunik di Jambi ini memang terletak di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut. Sudah bisa bayangkan bagaimana dinginnya, kan?. Bagi yang ingin camping ceria, sepertinya Anda harus siaga membawa jaket untuk menghangatkan badan.

Lokasi: Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi (peta)

6. Danau Pauh

danau pauh jambi
danau pauh langkat - credit: januarefendi5
Di Taman Nasional Kerinci Seblat, terdapat danau yang benar-benar sudah siap dalam menyambut kehadiran wisatawan. Oleh fasilitasnya yang memadai, Danau Pauh adalah destinasi yang paling layak dikunjungi. Di objek wisata ini sudah tersedia homestay, menara pandang, tempat makan, dermaga dan speed boat.

Dari wisata danau Jambi ini, kita akan dibuat takjub dengan eloknya Gunung Masurai. Sambil menikmati panorama daerah konservasi ini, terdapat speed boat yang disewakan oleh penduduk setempat jika Anda berpikir untuk mengarungi danau tersebut.

Tempat wisata danau di Jambi ini bisa dicapai dari Bandar Udara Muaro Bungo dengan jarak 191 kilometer. Kondisi jalan kesana sudah bagus, bahkan di beberapa titik ditemukan tempat beristirahat yang sengaja dibangun bagi wisatawan yang mau mengunjungi Danau Pauh.

Alamat: Desa Pulau Tengah, Jangat, Merangin.

7. Danau Kumbang

danau di jambi
danau kumbang - credit: @kubumasam
Ini adalah danau terakhir yang cocok bagi para petualang dan suka mendaki. Sebab, letaknya sendiri lumayan jauh dan harus melalui jalur pendakian Gn Masurai. Walau demikian, pemandangan danau menyerupai bendungan di atas gunung ini menjadi area wisata yang digemari para hiker.

Danau yang terbentuk secara alami di barat Jambi ini bebas dikunjungi oleh siapa saja. Tak perlu mendapatkan surat izin atau lainnya. Bila khawatir kesasar, warga di kaki Masurai biasanya siap untuk mengantarkan wisatawan sampai ke puncak.

Setibanya di puncak gunung, pemandangan termewah yang akan dijumpai di Danau Kumbang adalah airnya yang hijau toscha. Setiap area keren untuk berfoto narsis. Pastinya memori kamera akan penuh dalam hitungan menit saja.

Serangkaian danau cantik di Provinsi Riau yang sudah kami sebutkan pada uraian di atas bisa kalian kunjungi di beberapa kabupaten berbeda. Kapan mengeksplornya satu per satu?

Berlangganan via Email