Widget HTML Atas

14 Tempat Wisata di Sarolangun Terkini & Paling Terbaru

Provinsi Jambi dianugerahi keragaman budaya dan keindahan alam yang menarik. Begitu juga dengan Sarolangun, satu kabupaten yang barangkali jarang terdengar. Padahal jika dieksplor untuk liburan, ada deretan wisata Sarolangun yang merupakan andalan dari daerah dengan julukan "Sepucuk Adat Serumpun Pseko" tersebut.
 
Tak hanya pesona budaya, objek wisata yang begitu lengkap mulai dari kuliner, danau, alam dan taman rekreasi membuat Sarolangun wajib menjadi jujukan lokasi berlibur. Terlebih lagi, deretan tempat wisata di Sarolangun hampir merata di setiap administratif kabupaten.
 
Yaitu lah kerennya kabupaten seluas 6184 km persegi di Jambi ini, banyak destinasi bisa Anda kunjungi. Termasuk sejumlah rekomendasi objek berikut, ada wisata Sarolangun yang bagus dan paling keren untuk dieksplor, yuk lihat daftarnya!
 

Taman Cik Minah

tempat wisata di sarolangun
image credit: rsalogo anwir/googlemap
Ketika pertama kali Anda liburan di Sarolangun, mampir lah ke Taman Tepian Cik Minah di tepi Sungai Batang Tembesi. Soalnya, taman kota ini punya pemandangan keren, terutama jika Anda sedang mencari tempat bersantai yang juga menyediakan fasilitas kuliner.
 
Konon, nama taman seluas 2,1 hektar di Kota Sarolangun ini diambil dari salah satu lagu daerah dari Jambi "Dagang Manumpang". Cik Minah sendiri digambarkan memiliki paras cantik. Ia juga selalu mengenakan tekuluk (kain penutup kepala) setiap kali bepergian.
 
Taman tersebut dipercantik oleh rumput hijau dan varian kembang bunga nan elok. Selain dilengkapi fasilitas berupa warung kuliner dan sarana permainan anak, warung-warung makanan juga berjejer rapi di pinggir sungai tersebut.

Ancol Area Wisata Sarolangun

ancol jadi salah satu ikon wisata di kab. sarolangun
Destinasi Ancol di Sarolangun, menjadi tempat berlibur paling nge-hits dan difavoritkan oleh berbagai kalangan. Soalnya, bermacam kegiatan piknik seru sudah menanti ketika Anda berkunjung ke Taman Wisata ini. Terutama bagi penggemar selfie, Anda bisa berfoto dengan latar sungai, spot buatan aestetik dan jembatan Batanghari.
 
Taman Wisata Sarolangun merupakan kawasan khusus yang beberapa waktu terakhir diketahui tengah dikembangkan sebagai destinasi buatan. Di daerah kecamatan Sarolangun ini terdapat 5 area yang dapat Anda nikmati, yaitu Taman Bermain, Lapangan Sriwijaya, Kawasan Ancol, Titik 0 Kota dan Sungai Batanghari.
 
Kelima area tersebut berada di kawasan yang sama sehingga sangat mudah ditemukan. Bahkan, Anda bisa beranjak dari satu lokawisata ke destinasi lain secara estafet. Pada malam hari, Anda bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu warna-warni di Jembatan Batanghari juga, lho!
Lokasi: Kawasan Ancol, Kecamatan Sarolangun, Kab. Sarolangun (Peta)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Bukit Tempurung Garden

image credit: ahmadsyamsurii/instagram
Setelah bersantai di titik 0 kota Sarolangun, saatnya beranjak ke objek wisata yang jauh lebih alami. Tujuan kedua yang harus Anda masukkan ke dalam itinerary adalah Bukit Tempurung Garden.yang dijuluki "Negeri Atas Awan Jambi".

Bukit Tempurung Garden memiliki gardu pandang dengan sajian pemandangan berupa desa-desa yang berada di Kecamatan Batang Asai. Dahulu, bukit ini adalah tempat yang digunakan Belanda untuk memantau aktivitas warga.
 
Bukit yang menawan dengan ketinggian sekitar 1.212 meter di atas permukaan laut ini memang sedang hits bagi penikmat keindahan. Menurut pengelola, wisatawan dan penikmat alam yang datang ke sana mencapai 300-400 orang dalam satu minggu.
 

ABC Waterpark Sarolangun

image via yudis tira/googlemap
Siapa bilang kalau di Sarolangun tidak ada kolam renang atau wisata air sejenisnya? Mungkin belum kenal dengan ABC Waterpark deh, taman rekreasi air ini siap menghibur Anda dengan sederet wahananya yang khas dan seru.
 
Memang benar masih ada waterboom mini di penjuru kota ini seperti Kolam Renang Famili Abadi dan Gelanggang Renang Sarolangun. Hanya saja, ABC Waterpark masih menjadi water park terbesar di daerah Singkut dan seputaran pusat Kota Sarolangun.
 
Tiket kunjungan ke waterpark sarolangun tersebut masih relatif terjangkau. Per orang hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp15.000 untuk weekday dan weekend. Setelah itu, Anda sudah bisa mencoba semua wahana seru dan kolam berenang yang tersedia.
Lokasi: Bukit Tigo, Kec. Singkut, Kabupaten Sarolangun
HTM: Rp15.000
Telp: 082279735144 

Danau Biru

danau biru - image credit: syarifudin
Wisata Sarolangun untuk kategori danau juga ada, yaitu Danau Biru. Mudah diketahui dari namanya, keunikan danau ini berada pada airnya yang berwarna biru toscha. Hal tersebut dipengaruhi oleh sediemen tanah di dasar danau yang merupakan bekas pertambangan batu bara.
 
Danau Biru bisa ditemukan setelah menempuh jarak 11 kilometer dari pusat kota. Danau tersebut terletak di jalan penghubung antar kabupaten Sarolangun - Muara Tembesi. Perjalanan ke sana memang hanya memakan waktu singkat, tak lebih dari setengah jam saja, tetapi lokasinya sendiri agak terpencil.
Lokasi: Desa Kembang, Kec. Limun, Kab. Sarolangun (peta)
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam Penuh

Wisata Sungai Batu Putih 

image credit: jei anggeriestu
Pemandian alam sungai Batu Putih ini berada di Desa Pasar Singkut. Sekitar aliran sungai ini masih terjaga. Termasuk lokasi pemandiannya yang menjadi tempat bermain air sekaligus spot berenang bagi para pengunjung.
 
 
Tempat ini pun belum lama dibuka sehingga animo pengunjung masih cukup tinggi. Disini, segarnya air sungai dan nuansa alaminya yang begitu melekat akan menciptakan kesenangan tersendiri. Jangan lupa! Anda bisa mencoba naik perahu karet untuk menyusuri sungai.

Air Terjun Seluro

image via: @jambilagi - credit: @rahimsaipul
Untuk bisa sampai ke air terjun ini, Anda harus memasuki kawasan hutan adat Talun Sakti Muaro, kemudian melewati sungai dan trekking menuruni lembah. Kendati butuh waktu yang agak panjang, keindahan Air Terjun Seluro dapat membayar lunas pengorbanan Anda.
 
Pasalnya, Air Terjun Seluro merupakan objek wisata yang masih tersembunyi di Desa Muaro Serulo, Kec. Batang Asai, Sarolangun. Bayangkan diri Anda masuk ke destinasi yang belum terjamah. Selama satu hari di tengah alam, tentunya sangat menenangkan, bukan?
Alamat: Desa Muaro Serulo, Batang Asai, Jambi
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: -

Air Terjun Telun Tujuh

image credit: brito.id
Batang Asai merupakan DTW atau daerah tujuan wisata di Kabupaten Sarolangun. Karena itu pula pelancong luar kerap menjulukinya sebagai tempat liburan terbaik. Dan salah satu spot yang dikenal luas adalah Telun Tujuh atau Air Terjun Tujuh Tingkat.
 
Lokasi Air Terjun Telun Tujuh di apit oleh baris pegunungan. Satu-satunya akses kesana harus melalui ekspedisi khusus. Supaya tidak kesasar, sebaiknya gunakan jasa pemandu wisata Sarolangun atau warga lokal yang mengerti situasi dan medan kesana.
 
Tampilan dari Air Terjun Telun Tujuh sangat cantik. Selain aliran airnya yang terdiri atas tujuh tingkatan, panorama keren dengan situasi alam yang berhiaskan batu-batu karst, rerimbunan daun hijau dan suara burung berkicau akan menyapa setibanya Anda di sini.
Lokasi: Desa Bukit Berantai, Kecamatan Batang Asai, Jambi
Tiket: Gratis
Jam Operasional: 09.00 - 18.3

Taman Nasional Bukitduabelas

bukit dubelas - image via: medcom.id
Taman Nasional Bukit Duabelas adalah kawasan konservasi dan cagar alam di Jambi. Taman Nasional ini juga merupakan wilayah hutan lindung primer yang didalamnya terdapat 120 jenis flora dan fauna. Seluruh wilayah tersebut dilindungi sepenuhnya oleh Kementrian Kehutanan sejak tahun 2000.
 
Sebagai Taman Nasional, di Bukit Duabelas bisa ditemukan serangkaian objek menarik dan spektakuler yang mungkin saja belum pernah Anda lihat sebelumnya. Mulai dari sungai berair jernih, tiga buah bukit dan sederet air terjun memesona.
 
Dikutip dari Wikipedia.com, Luas Taman Nasional tersebut adalah 605 kilometer persegi. Memiliki bentang alam berbukit dengan topografi hutan tropis. Karenanya, Anda mungkin butuh waktu hingga berhari-hari untuk mengeksplor wisata Sarolangun satu ini.
Lokasi: Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kab. Sarolangun, Jambi
Tiket Masuk: Rp8.000
Jam Buka/Tutup: Kontak Pengelola TN

Kali Anyep

image credit: @singkut_terhitz
Kali Anyep adalah rekreasi wisata pemandian di Dusun 4, Desa Pasar Singkut. Pemandian ini baru muncul pada akhir tahun 2019 lalu tetapi masih ramai sampai sekarang. Walaupun tempat rekreasi tersebut mengandalkan potensi sungai, beberapa fasilitas rekreasi buatan tersedia juga disana.
 
Saat berlibur ke Sarolangun, tempat rekreasi ini cukup bagus didatangi. Akses ke lokasi sudah lumayan baik diengan kondisi jalannya sudah beraspal. Selain dapat ditempuh dengan mobil atau motor roda dua, angkutan umum sudah menyediakan trayek kesana.
 
Bila sudah sampai di destinasi liburan ini, sebuah plang petunjuk arah bertuliskan Kali Anyep akan memberi Anda sambutan hangat. Nah, jangan lupa membayar tiket sebesar Rp5000 ya. Murah banget, kan? Kapan lagi bisa liburan dengan bujet pas-pasan?
 

Gua Calow Petak

image credit: jambiupdates.com
Wisata Sarolangun Jambi berikut ini datang dari Kecamatan Limun. Namanya sendiri adalah Gua Calow Petak, sebuah gua dengan panjang lorong mencapai 1,9 kilometer. Keunikan gua ini yakni memiliki panorama aliran sungai bawah tanah.
 
Gua Calow Petak sendiri ditemukan oleh pelintas alam yang tengah melakukan ekspedisi atau penjelahan di Kecamatan Limun. Sejak saat itu, estinasi minat khusus ini mulai ramai didatangi. Terutama bagi pelajar yang ingin menambah wawasan tentang sungai bawah tanah dan topografi bumi.
 
Goa ini tidaklah kosong melompong, sebab di sepanjang lorong goa tersebut ditempati oleh ribuan kelelawar dan burung walet. Agar tak menggangu mereka, pengunjung harus berhati-hati saat sedang caving disana.
Alamat: Desa Bukit Bulan, Kecamatan Limun, Kab. Saroalngun.

Danau Pauh

image credit: @ardi stania
Danau Pauh merupakan destinasi air yang sempat terabaikan keberadaannya hingga pada pertengahan tahun 2020, akhirnya danau atau embung yang beralamat di Kecamatan Pauh ini mendapat perhatian berupa revitalisasi dari Dinas PUPR Sarolangun.
 
Meskipun revitaliasi Danau Pauh masih terus berlanjut hingga sekarang. Namun bila mengingat anggaran pemeliharaan dan perbaikannya yang menggunakan bajet kurang lebih 20 M. Maka bukan tak mungkin jika wisata di Sarolangun terbaru ini bisa menjadi spot yang mengundang berbagai daya tarik.
Lokasi: Desa Setdang, Kecamatan Pauh, Sarolangun.

Dam Jernih

image credit: kak lia/googlemap
Pernah melihat perosotan air dari batu, atau ingin merasakan sensasi meluncur dengan bantuan air. Maka bendungan Dam Jernih di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun ini tak boleh terlewatkan. Disana, kamu bisa main perosotan alami, lho!
 
Dam Jernih merupakan waduk yang sebenarnya digunakan untuk mengairi sawah. Lama kelamaan Dam itu dipakai anak-anak untuk bersenang-senang. Begitu pula orang dewasa yang seolah tak mau ketinggalan. Setiap sore, tak sedikit orang memilih berenang kemari.
Alamat: Desa Jernih, Kecamatan Air Hitam, Sarolangun

Bukit Seruling

image credit: jambikitonian
Inilah tempat wisata di Sarolangun 2021 yang lagi naik daun. Bukit Seruling yang berada Desa Muara Duo, Jambi. Rute ke sana memang tidaklah mudah, butuh usaha dan keberanian untuk menempuh jalan yang licin dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat.
 
Pengunaan nama Bukit Seruling bukanlah asal-asalan saja. Hal itu dikarenakan letak bukit ini yang berada di ketinggian. maka setiap kali Anda duduk di atas puncak bukit tersebut, suara angin akan terdengar seperti bunyi seruling.

Destinasi liburan di Kabupaten Sarolangun ini tidak memungut biaya masuk. Anda tak perlu lagi memikirkan biaya jika hendak menikmati sisi eksotis, angin yang segar serta pemandangan indah dari perbukitan ini.
 
Bagaimana nih? ternyata banyak banget pilihan tempat wisata di Sarolangun Jambi yang bisa kamu kunjungi. Mana nih yang sudah pernah atau ingin sekali kamu kunjungi?

Berlangganan via Email