Widget HTML Atas

12 Tempat Wisata di Pelalawan (Pangkalan Kerinci) Rekomended 2021

Liburan ke Pangkalan Kerinci yang merupakan kota terbesar pertama untuk tujuan berlibur di Pelalawan tentu menarik. Asiknya lagi, dari Riau ke Pelalawan jaraknya lumayan dekat. Cukup dengan akses sekitar 30,8 km perjalanan kita sudah bisa menyambangi tempat wisata di Pelalawan yang populer dikunjungi.
 
Perlu diketahui, kawasan Wisata Pelalawan adalah destinasi dengan topografi yang landai dengan perbukitan. Sehingga menjadikan kabupaten ini memiliki variasi tempat wisata yang mempesona. Kamu akan disajikan dengan pesona obyek wisata alam dan barisan pantai menawan.
 
Ketahui daftar tempat wisata populer di Pelalawan, Pangkalan Kerinci (Riau) terkini. Destinasi objek wisata alam terbaik dan paling hits dikunjungi untuk tujuan berlibur. Atraksi yang ditawarkan akan membuat perjalanan berlibur lebih menarik.
 

Destinasi Wisata di Pelalawan

Kami sudah menyeleksi 12 rekomendasi tempat wisata di Pelalawan. Plus juga, kami tambahkan beberapa tujuan populer yang seru untuk berlibur di Pangkalan Kerinci sekitarnya. Berikut kami tampilkan daftar destinasinya!
 

Grand Waterpark Pangkalan Kerinci

wisata pangkalan kerinci
image credit: alexander lucky/googlemap
Pangkalan Kerinci menjadi salah satu kota terpadat penduduknya di Pelalawan. Selain terkenal karena berada tepat di jalur jalan Lintas Sumatra, kota ini juga merupakan sentra bisnis yang memiliki pusat rekreasi buatan seperti kolam renang, taman dan waterpark.
 
Grand Water Park adalah objek wisata rekreasi di Pangkalan Kerinci yang dibangun di dalam area penginapan. Waterpark tersebut mempunyai kolam renang, cafe untuk tempat nongkrong dan fasilitas wahana air yang ditawarkan sebagai alternatif wisata kota.
 
Waterpark ini terdapat di Jalan Maharaja Indra, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau. Harga tiket masuknya disesuaikan dengan hari kunjungan. Mulai dari Rp40 ribuan (weekend). Sedangkan jam buka tutupnya pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.
Alamat: Jl. Maharaja Indra, Pangkalan Kerinci Kota, Kabupaten Pelalawan, Riau (Lokasi)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp40.000
Telepon: 081273929929

Wisata Danau Betung

tempat wisata di pelalawan
image credit: instagram/novina_sh
Sorek sendiri adalah ibukota Kecamatan Pangkalan Kuras yang ternyata mempunyai beberapa destinasi mengesankan. Salah satu tempat wisata di Sorek terdekat yang paling fenomenal dan mendapat banyak kunjungan dari wisatawan adalah danau betung.
 
Danau Wisata Betung hanya 12 kilometer dari Kota Sorek 1 dan 2. Tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat asri. Bila kamu berfoto di sana, mungkin tak sedikit orang yang mengira bahwa objek wisata ini berada di daerah Pelalawan.
 
Apalagi area ini dirimbuni oleh pohon Sialan yang sangat cantik dan rindang. Pengunjung sangat suka duduk di tepian danaunya sambil bersantai. Airnya juga jernih dan relatif tenang. Owh iya, di pinggir danau itu ada saung berbentuk Rumah Adat Kunjung Laut, di sana kerap diadakan acara tradisonal Melayu.
Baca: 14 Tempat Wisata di Siak Terkini & Terbaru

Istana Sayap Pelalawan

tempat wisata di pelalawan
image credit: googlemap/nikoaf
Istana Sayap Pelalawan menjadi rekomendasi objek wisata sejarah selanjutnya yang patut dikunjungi di Pangkalan Kerinci. Istana ini bisa dibilang sebagai markah alias ikon kabupaten Pelalawan. Kental akan sejarah, istana tersebut adalah bekas peninggalan kerajaan mashyur di Riau. 

Setibanya di Istana Sayap, kita akan dihadapkan tiga buah bangunan yang besar, bersepuh warna kuning emas dengan tangga berukiran Melayu. Tempat wisata sejarah ini tak terlalu ramai bahkan cenderung sepi karena tidak ada angkutan umum yang melayani trayek ke sana.
Alamat: Desa Pelalawan, Riau (Lokasi)
HTM: Gratis 

Taman Nasional Tesso Nilo

tempat wisata di pelalawan
image credit: tessonilo.com
Melawat ke objek wisata yang terdapat di Ukui, Pelalawan ini merupakan aktivitas yang akan sulit terlupa. Sesuai dengan namanya, Taman Nasional Tesso Nilo memang memiliki keasrian hutan alami. Tak heran jika wisatawan bisa menemukan berbagai flora dan fauna yang menetap di dalam hutan tersebut seperti harimau Sumatra, beruang serta koloni gajah liar.
 
Objek wisata yang berlokasi di Ukui ini memiliki beberapa atraksi menarik. Pengunjung dapat melakukan sederet aktivitas seru meliputi jungle trekking, berinteraksi dengan gajah dan mengikuti program ekspedisi hutan yang dipandu oleh guide lokal.
 
Taman Nasional Tesso Nilo di Kabupaten Pelalawan ini menjadi taman yang paling banyak mendapat kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik. Lingkungan alamnya yang asri serta tata kelola yang rapi membuat tempat wisata di Ukui ini wajib Anda sambangi.
Lokasi: Kec. Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau (Peta)
Tiket Masuk: -
Telepon: (0761) 494728

Pantai Kute Kerinci

tempat wisata di pelalawan
image credit: instagram/weriwairimatana
Kute sendiri merupakan singkatan dari Kuala Terusan, sebuah destinasi sungai yang ditata menjadi pantai. Kendati bukan wisata pinggir laut, akan tetapi pantai dengan air tawar ini cukup indah dan rekomended dkunjungi bersama keluarga Anda.
 
Sebagai tempat liburan keluarga, Pantai Kute Kerinci memiliki fasilitas yang nyaman. Selain terdapat kolam alami untuk berenang, Anda dan keluarga bisa mengelilingi area pinggir pantai untuk memilih warung makan yang pas jika ingin bersantap.
 
Pesonanya yang indah dan alamnya yang menawan tentu sangat cocok jika digunakan sebagai latar foto.  Dengan demikian, maka berkunjung ke wisata Pangkalan Kerinci yang elok ini adalah pilihan tepat jika Anda sudah sampai di Pelawan.
Alamat: Desa Rantau Baru, Kec. Pangkalan Kerinci, Pelalawan ( Lokasi )
Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000/wisatawan

Wisata Bono

tempat wisata di pelalawan
image credit: kawi boedisetio
Wisata Bono yang terdapat di Pelalawan ini menyajikan spot surfing yang dahsyat. Ombak kencang dan arus deras dengan grade setipe ombak laut yang dimilikinya membawa nama kabupaten ini hits hingga ke dunia internasional.
 
Keunikan tempat wisata ini memang luar biasa, jika biasanya ombak hanya ada di laut, maka Bono membuktikan bahwa ombak kencang yang bagus untuk wisata olahraga juga ada di kawasan perairan sungai.
 
Dari beberapa daerah yang dilintasi oleh sungai Bono di Riau, perlu Anda ketahui bahwa Pelalawan menjadi salah satu pusat wisata Bono yang paling prime. Dan memilih tempat ini sebagai tujuan berlibur bukanlah suatu hal yang harus Anda pikirkan dua kali.
Alamat: Tlk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan (Lokasi)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

Taman Publik Kreatif

image credit: googlemap/karunia aja
Bagi kawula muda Pangkalan Kerinci, tak sulit menemukan tempat nongkrong yang asik untuk bercengkrama. Sudah ada Taman Publik Kreatif, sebuah ruang terbuka hijau yang terletak di depan Kantor Bupati Pelalawan.
 
Taman Publik Kreatif merupakan sarana hiburan rakyat yang dibangun pada 2020 lalu. Taman ini dilengkapi dengan panggung hiburan, aula indoor dan sarana permainan. Asiknya lagi, fasilitas outdoor di sana dapat Anda nikmati secara gratis.
 
Taman ini sekaligus menjadi pusat seni dan budaya, pun kawula muda kerap memanfaatkan tempat ini untuk berkumpul bersama teman komunitas. Lantaran ditanami dengan bunga dan pepohonan, kawasan ini  sejuk sepanjang masa.
Lokasi: Jalan Kantor Bupati Pelalawan, Pangkalan Kerinci
Jam Buka: 24 Jam

Air Panas Pangkalan Lesung

image credit: youtube.com/babahemitama
Seperti kita ketahui, Pelalawan cukup erat dengan wilayah perkebunan. Di antara perkebunan tersebut terselip pula beberapa objek wisata. Sebut saja Air Panas Pangkalan Lesung yang berlokasi di dekat Sungai Batang Napu.
 
Air Panas Pangkalan Lesung sudah ada sejak 1946. Seiring berjalannya waktu, pemandian ini kemudian direnovasi. Dilansir dari Datariau.com, dahulu hanya ada kolam air bersuhu hangat, sekarang tersedia juga kolam air dingin yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berendam.
 
Berlokasi di Dusun Tambun, pemandian air panas juga punya sisi menarik lain yang mungkin membuat Anda terheran-heran, yaitu adanya tumbuhan dan ikan yang hidup di aliran airnya. Maka dari itu, sempatkanlah mengunjungi objek wisata di Pelalawan ini.
Alamat: Dusun Tambun, Kecamatan Pangkalan Ledung, Pelalawan (Lokasi).
Tiket Masuk: Rp5.000

Danau Tajwid

tempat wisata di pelalawan
image credit: instagram.com/johannestanjung
Jika Anda seorang penikmat wisata yang menantang, maka uji saja drenaline Anda di Danau Tajwid, sebuah tempat rekreasi alam yang menyediakan fasilitas outbond. Di tempat ini tersedia sarana olahraga yang bisa menunjang hobi Anda.
 
Kurang lebih 30 permainan outbond tersedia di lokasi. Ada pula wahana air yang bisa membuat Anda berkeringat sperti; flying fox dan banana boat. Setiap permainan punya tingkat kesulitan berbeda, namun ada juga yang bisa dimainkan dengan anak-anak.
 
Mengenai tiket masuk, pengelola menaruh harga bersahabat mulai dari Rp2.500. Pengelola wisata di danau yang juga kerap disebut dengan nama Danau Kajuwid (Kajuid) ini memang menawarkan biaya liburan yang bersahabat.
Alamat: Kelurahan Langgam, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan (Lokasi)
Tiket: Dewasa Rp5.000 - Anak-anak Rp2.500
Waktu Operasional: 24 Jam

Masjid Agung Ulul Azmi

wisata di pelalawan
image via: instagram.com/emaiswati29
Tak cuma menambah wawasan dan edukasi, wisata religi yang dimiliki Pelalawan yaitu Masjid Agung Ulul Azmi, juga merupakan destinasi yang bisa mendekatkan diri Anda kepada Sang Pencipta, baik secara jasmani maupun rohani.
 
Ulul Azmi merupakan masjid terbesar dan termegah di kota Pangkalan Kerinci. Destinasi ini bahkan dijadikan sebagai ikon wisata Kabupaten Pelalawan. Dengan desain Melayu, masjid tersebut didirikan secara bertahap mulai tahun 2007 hingga 2020.
 
Soft opening dari wisata religi ini baru bisa dilakukan pada tahun 2020. Hal itu disebabkan oleh proses pengerjaan gedung yang sempat mandek. Kendati begitu, pesona masjid ini sangat menawan. Anda akan kamu ketika mengunjunginya.
Alamat: Jalan Lintas Sumatera, Kec. Pangkalan Kerinci (Lokasi)
Tiket Masuk: 24 Jam

Tugu Equator

image credit: google.com/maps/didiardiansyah
Satu lagi bangunan khas yang wajib didatangi saat berkeliling di Pelalawan yaitu Tugu Equator. Bangunan mirip Tugu Khatulistiwa ini juga dibuat sebagai petanda waktu, sekaligus markah yang menunjukkan bahwa daerah ini terletak di garis edar matahari.
 
 
Kalau Anda ingin melihat matahari tepat di atas kepala, upayakan datang ke Tugu Equator di Pangkalan Lesung ini di kala siang. Sembari menunggu fenomena tersebut, jangan lupa abadikan momen kunjungan Anda dengan berselfie ria.
Lokasi: Jl. Lintas Sumatra, Pangkalan Lesung, Pelalawan, Riau
HTM: Gratis

Suaka Margasatwa Sungai Kerumutan

image credit: instagram/atan_bono
Suaka Margasatwa Kerumutan adalah kawasan konservasi alam yang terletak di Sungai Buluh, Sungai Kelantan dan Sungai Kempas. Wilayah konservasi ini terkenal karena menjadi tempat persinggahan burung-burung (unggas) yang bermigrasi dari berbagai daerah di Riau.
 
Walau masuk wilayah konservasi, tetapi suakamargasatwa ini didiami oleh penduduk asli Pelalawan yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Destinasi satu ini kerap diliput oleh stasiun televisi maupun program TV bertajuk traveling.
 
Tentu Anda sudah membayangkan bagaimana spesialnya tempat ini, bukan? Selain menengok kearifan lokal yang dipegang teguh oleh warga, wisatawan dapat pula menikmati eksotika alam dan satwa liar yang menjadi ciri khas destinasi populer ini.
 
Yuk, segera susun jadwal liburan Anda ke berbagai rekomendasi 12 tempat wisata yang ada di Pelalawan (Pangkalan Kerinci). Pilih tempat yang mudah diakses agar suasana selama berlibur semakin menyenangkan.

Berlangganan via Email