Widget HTML Atas

Pantai Sentabi: Lokasi, Tiket Masuk & Fasilitas

Pantai Sentabi adalah pemandian alam di jalan Binjai - Sangga Pura, Kab. Langkat. Akses menuju pemandian tersebut mudah dicapai, cukup berkendara sekitar 45 menit via ibukota maka sudah sampai ke Dusun Namo Mbiring.
 
pantai sentabi
image credit: mukhlis adam / yenny chen
Gemericik air dan keindahan alam akan menyambut kehadiran pengunjung yang datang. Begitu pun kawasan pemandian yang jernih dan asri membuat wisatawan selalu betah. Apalagi kawasan pantai ini terkenal dengan pesona alamnya.
 
Pantai Sentabi menjadi salah satu alternatif wisata alam yang menyegarkan. Tempat ini juga menawarkan keunikan tersendiri, dibuat dengan mempertahankan lingkungan desa yang asri. Terdapat pondok, pemandian serta sudut swafoto untuk dinikmati pengunjung.
 

Harga Tiket Masuk Pantai Sentabi

Objek wisata di Namo Mbiring ini memasang tarif kunjungan dengan harga tiket yang murah. Untuk masuk ke Pantai Sentabi baik weekday maupun weekend, pengunjung hanya dipungut biaya retribusi mulai dari Rp10.000 ribu.
 
Tiket Mobil: Rp40.000/unit.
Tiket Motor: Rp15.000/unit.
Sewa Pondok: Rp40.000/unit.
 
Dengan biaya di atas, wisatawan sudah dapat menikmati pemandian alam dan semua keindahan yang ada di dalam kawasan tersebut. Sementara bagi pengunjung yang mau memakai gazebo, tersedia biaya tambahan lagi.
 
Wisata pemandian ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB. Sedangkan jam operasional ditutup sore pada pukul 18.00 WIB. Lantaran masih baru, tempatnya lumayan ramai di hari liburan dan akhir pekan. Karena itu, upayakan datang kemari saat hari masih pagi.
 

Lokasi

Tidaklah sulit ke tempat ini, Pantai Sentabi terletak di Jl. Binjai - Sangga Pura, Dusun Namo Mbiring, Desa Belinteng, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20771.
 
 
Hanya dengan menempuh 40,1 km dari arah ibukota melalui lintas Sumatra, atau Jl. Medan - Banda Aceh. Maka sudah bisa tiba di lokasi dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 21 menit. Agar tak bosan, Anda bisa menyetel lagu Karo dan menyanyikan lirik-nya sembari berkendara.
 
 

Pesona Pantai Sentabi

Begitu memasuki kawasan ini, nuansa sejuk lagi asri akan langsung dirasakan wisatawan. Pepohonan di sepanjang sisi sungai serta alunan membuat suasana pantai memancarkan keindahan. Wajar jika banyak pengunjung tertarik berlibur kesini.
 
Berbeda dengan pantai lainnya, yang dimaksud dengan Pantai Sentabi merupakan objek wisata pemandian alam yang berada di pinggir sungai. Kecuali bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah, sebutan ini sangat lumrah bagi warga sekitar.
 
Di pantai ini tentu saja boleh berenang, bahkan wisatawan dapat sampai ke tengah saat air sedang surut-surutnya. Tetapi, ingat untuk selalu berhati-hati, permukaan bebatuan yang licin di dalam sungai bisa membuat pengunjung tergelincir kalau tidak waspada.
 

Berenang dan Bermain Air

pantai sentabi
image credit: fery malau/googlemap
Sebagai objek wisata air, tujuan para pengunjung datang ke tempat ini adalah menikmati pemandian alamnya dengan berenang dan bermain air. Apalagi ketinggian airnya tidak terlalu dalam, bahkan cenderung dangkal di beberapa titik area.
 
Spot pemandian yang dangkal sering dipilih oleh pengunjung keluarga. Tetapi bagi kawula muda yang masih energik, biasanya memilih area yang lebih dalam dengan arus air yang sedikit menantang. Di sini, ada sebuah air terjun kecil juga, lho!
 
Air yang seolah tak henti mengalir dari hulu sungai menghadirkan kesegaran alami. Anda pun bisa berpetualang menyusuri tepian sungai yang berkelok-kelok dan memanjat bebatuan besar yang tersusun. Ya, sungai ini memang menyimpan keseruan tersendiri.
 

Bersantai di Pantai Sentabi

pantai sentabi
image credit: youtube.com/dimashasiholan
Puas menyusuri sungai dan bermain air, pondok di sana dapat digunakan untuk tempat bersantai dan mengisi waktu liburan yang tersisa. Selain gazebo, tersedia penyewaan tikar jika wisatawan ingin lebih dekat merasakan atmosfer alam yang tersaji.
 
Pengunjung tidak harus menyewa tikar atau pondok karena pengelola membebaskan pengunjung membawa perlengkapan sendiri. Pasti sangat menyenangkan bersantai di tepian pantai sambil makan bersama keluarga, teman atau kekasih, bukan?
 
Di sela-sela aktivitas liburan, menikmati suasana pemandian alam sambil mencicipi makanan akan semakin nikmat. Apalagi pengunjung juga diperbolehkan barbque-an di sini. Jika tak mau repot, wisatawan bisa membeli beragam makanan dan minuman dari sederet kedai dan warung yang dijajakan di sekitar pantai.
 

Fasilitas yang Komplit

pantai sentabi
pemandian alam yang memiliki fasilitas lengkap - image credit: basmi sembiring
Meski pemandian alam ini baru dibuka, namun soal fasilitas tidak bisa diragukan. Pengelola sudah menyediakan tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan empat yang luas. Kalau mau lesehan, pengunjung bisa mengunakan pondok-pondok kecil.
 
Mengingat objek wisata ini mengandalkan pemandian alam dan keindahan pantai yang keasriannya sangat dipertahankan, maka tidak banyak fasilitas untuk kebutuhan foto. Tetapi tempat ini sudah cukup memesona jika hanya sekadar ber-selfie dengan latar alamnya yang asri.
 
Tidak itu saja, fasilitas tambahan seperti warung makan dan kedai sudah ada di sana. Sarana kebersihan yaitu bilik bilas dan kamar mandi pun sudah disediakan komplit bagi wisatawan. Jadi tak ada alasan untuk meragukan pemandian ini sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya.

Berlangganan via Email