Widget HTML Atas

Sipira Nauli Samosir: Lokasi, Tiket Masuk dan Ragam Atraksi

Sekiranya sedang bepergian ke Onan Runggu di Samosir, alangkah baiknya jika berkunjung ke desa Sipira. Sebab, lokasi ini adalah salah satu desa yang dikelilingi panorama indah. Di kakinya terlihat kilauan air Danau Toba nan memukau.
 
sipira nauli samosir
image credit: @hol_shn - @mt.silalahi/instagram
Sohor disebut Sipira Nauli, sebuah bukit kecil berhawa dingin, menjadi tujuan wisata baru yang layak anda kunjungi. Di sana, sudah menanti sederet raut pemandangan nan asri. Ditambah sapuan halimun di bawah mega yang menciptakan nuansa tersendiri.
 
Ya, Sipira Nauli merupakan tempat ideal untuk menyaksikan alam yang mempesona. Ketika beranjangsana ke Sipira Samosir, jadi tak hanya bisa menyaksikan potret masyarakat sekitar. Gunung-gemunung dengan perbukitan kecil pun dapat disaksikan keelokannya.
 

Lokasi Sipira Nauli

Berlokasi di Samosir, tepatnya Desa Sipira, Kecamatan Onan Runggu, Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju desa ini wisatawan harus menggunakan kapal penyeberangan. Atau menyusuri jalan berliku dari arah Tele sampai tiba ke tujuan.
 
 
Namun untuk sampai di Sipira Nauli, pengunjung harus menaiki area perbukitan. Jalur trek ke tempat tersebut tidaklah begitu sulit. Sudah tersedia akses untuk kendaraan roda dua dan empat. Spenjang perjalanan berkendara motor, panorama yang indah akan tersaji.
 

Harga Tiket Masuk Sipira Nauli

Hingga saat ini, pengelola belum menetapkan harga bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata Sipira Nauli. Namun sebagai acuan, pengunjung bisa menyiapkan biaya sesuai dengan standar tiket masuk lokal di bawah ini:
 
Tiket Normal: Rp5.000/orang
Tiket Camping: Rp10.000/malam
 
Harga di atas masih perkiraan, karena itu pastikan untuk menghubungi pengelola untuk mengetahui daftar harga secara akurat. Untuk jam operasional, bukit ini sudah dibuka dari pagi mulai pukul 08.00 WIB. Sementara bagi yang ingin camping, sila bicarakan dengan pengelola terlebih dahulu.

Ragam Pesona Sipira Nauli

Sipira Nauli adalah bukit sabana kecil yang berada di ketinggian 453 meter di atas permukaan laut. Kondisi geografisnya agak curam dengan dominasi pepohonan serta diselang-selingi oleh perdu ilalang. Pesona geografis itu membuat tempat ini memiliki panorama cantik.
 
Area yang menjadi wisata Desa Sipira memang hanya perbukitan sabana ini saja. Tapi pesona yang terhampar dengan view Danau Toba di kaki bukit membuat tempatnya sangat cocok sebagai tujuan rekreasi alam yang tentunya menyenangkan.
 
Terlebih bagi wisatawan yang tidak mempunyai fisik cukup kuat. Pengunjung bisa meneruskan perjalanan sampai ke puncak sabana itu dengan naik kendaraan saja. Pun jalan ke puncak bisa dibilang sudah lumayan mumpuni.
 
 

Ilalang dan Rerumputan

image credit: instagram/samosir_negri_indah
Seperti wisata bukit pada umumnya, yang menjadi keunggulan dari desa sekaligus objek wisata ini tak lepas dari pemandangan padang ilalang. Apalagi view-nya diwarnai oleh rumput kehijauan yang siap memanjakan mata pengunjung.
 
Pada musim panas atau kemarau, hamparan ilalang dan rerumputan akan menciptakan warna kekuningan. Tatkala angin berhembus, baris ilalang akan terlihat seperti menari. Yakin saja, pengunjung pasti ingin segera berfoto di antara tanaman liar tersebut.
 
Spot ini memang sangat menarik perhatian. Terutama bagi kawula muda yang doyan selfie. Ditemani oleh pemandangan indah di sekelilingnya, pasti pengunjung tak bosan berburu swafoto selama melewati tanaman perdu tersebut.
 

View Danau Toba? Ya!

image credit: risto sitanggang/googlemap
Selain itu, salah satu yang menjadi pesona dari Sipira Nauli yakni Danau Toba. Wisatawan bisa duduk bersantai di atas ilalang sambil menyaksikan view spektakuler yang disuguhkan oleh danau terbesar di Asia Tenggara tersebut dari kejauhan.
 
Hati siapa tak terpesona jika melihat kecantikan alam Danau Toba yang seolah tiada duanya ini? Lebih lagi saat cuaca sedang cerah, air yang terhampar begitu luas tepat di kaki bukit akan menyuguhkan pemandangan cantik sekaligus dramatis.
 
Namun jangan berpikir bisa mendekati pantai di tepian bukit ini. Sebab seperti yang sudah dijelaskan di awal, areanya cukup curam. Apalagi tidak tersedia jalur untuk berjalan kaki. Toh dari ketinggian saja, panoramanya sudah sangat menakjubkan.
 

Tempat Camping yang Ideal

sipira samosir
spot camping yang seru - image credit: instagram/simalboro_sbln18
Ada satu aktivitas lagi yang bisa wisatawan saat berada di Sipira Samosir yaitu berkemah atau bermalam di tengah alam.
 
Kendati kondisi tanahnya cukup curam, tetapi di bagian puncak justru landai dan sedikit mendatar. Alhasil, pengunjung dapat menggelar acara berkemah di sini. Sebelum masuk ke dalam tenda, tentu sangat rugi jika melewatkan panorama matahari terbit.
 
Sementara pada pagi harinya, kita pun bisa menengok matahari tenggelam di balik bukit. Namun, terdapat beberapa hal yang pengunjung perlu perhatikan. Dimana pada malam hari, atmosfer udaranya sangat dingin. Untuk menjaga diri agar tetap hangat, jangan lupa membawa jaket.

Berlangganan via Email