Widget HTML Atas

9 Destinasi Wisata Pantai di Padang Terhits Jadi Tempat Liburanmu

Bila menyebut sederet nama pantai di Sumatera Barat, kebanyakan orang Indonesia mengenal Carocok atau Mandeh dengan baik. Padahal, Kota Padang sendiri memiliki daerah bahari yang posisinya berada langsung dengan batas samudera laut. Sehingga, potensi wisata pantai di Padang tersedia cukup banyak untuk dijadikan tempat liburan terbaik.

pantai seputaran padang
pasumpahan, pantai seputar padang via instagram/hay.lamm
Dengan jarak tempuh relatif dekat, pantai-pantai di Padang bisa dicapai dalam waktu singkat dari arah kota. Sejumlah objek bertemakan laut dengan pemandangan ciamik di wilayah sekitar dapat sekalian disinggahi. Karena itu, perjalanan berlibur ke destinasi utama akan sangat menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat.

Untuk memudahkan pencarian, Pariwisatasumut.net sudah merangkum tempat wisata di Padang berupa pantai sebagai rekomendasi liburan.

1. Pantai Padang

pantai padang
pantai padang, taplau, sumbar via instagram/dedetsaugia - wargapadang_
Salah satu destinasi wisata alam di Padang adalah pantai. Taplau, atau Tapian Lauik yang terletak di arah Batang Arau dan daerah Purus, Kecamatan Padang Barat, Sumbar. Komplek area rekreasi pantai ini menawarkan 3 spot untuk aktivitas wisata air berupa tempat berenang, berjemur serta berselancar. Baru-baru ini ditambahkan lagi bus pariwisata gratis yang bisa membawa pengunjung ke berbagai pusat rekreasi sekitar dengan trek sepanjang 4-6 kilometer.

Saat berada di dalam bus pariwisata tersebut, kamu akan menyaksikan pemandangan Pantai Padang dengan beragam keunikan dan panorama berbeda. Mulai dari view ombak yang menggulung, bentang pasir berwarna kecoklatan dan kemegahan gunung padang yang menjorok ke sisi pantai. Ada satu hal lagi yang paling banyak membuat orang jatuh cinta terhadap pantai Padang yaitu pemandangan sunset yang menciptakan atraksi alam menakjubkan.

Bukan hanya atraksi alam saja, atraksi budaya juga menjadi pemandangan khas Pantai Padang yang difavoritkan turis domestik. Namun, sajian ini hanya diadakan pada waktu tertentu saja. Seperti saat Festival Kuliner Tapian Lauik, Festival Siti Nurbaya dan Festival Minang United. Pada saat itu, Una Udi Sumbar akan menampilkan kesenian tradisional di atas panggung yang didirikan menghadap area pantai.

Baca Juga: Danau di Sumatera Barat
Lokasi: Taplau, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.
Tiket Parkir: Rp2.000 - Rp5.000,-
Jam Operasional: 24 jam

2. Pantai Air Manis

pantai air manis di padang
pantai air manis via instagram/rengga.py
Pantai Air Manis adalah objek wisata bertemakan bahari di Kota Padang yang populer lewat legenda Malim Kundang-nya. Destinasi Sumbar "Aia Manih" menjadi tempat liburan paling gampang diakses lantaran buka selama 24 jam. Selain menengok batu berbentuk manusia, kawasan ini bisa digunakan untuk memandang dua buah pulau yang terletak di seberang laut yaitu Pulau Pisang.

Wisata pantai ini termasuk primadona, tak hanya bagi urang Padang, tetapi banyak pengunjung luar yang berdatangan karena penasaran melihat wujud nyata dari Batu Malim Kundang. Jumlah wisatawan bisa ratusan orang dalam sehari, bahkan akan berlipat-lipat saat perayaan hari raya Idul Fitri. Tak heran jika kegiatan turisme-nya melaju pesat karena ditopang oleh fasilitas yang sangat memadai.

Fasilitas di Pantai Air Manis Padang termasuk tergolong lengkap, hanya beberapa meter dari bibir pantai kita bisa menemukan homestay, penginapan dan hotel. Jika lapar, ada restoran yang menyajikan masakan laut khas Minang. Biasanya wisatawan bersantai sambil makan kerang atau sate. Sebagian lagi memilih untuk menyeberang ke Pulau Sikuai dengan menggunakan fasilitas kapal boat sewaan. Bagi para penantang ombak, inilah destinasi wisata Padang paling tepat untuk berselancar.
Lokasi: Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang - lihat titik koordinat
Tiket Masuk: gratis
Jam Buka: 24 jam

3. Pantai Nirwana

pantai nirwana via instagram/arunn_raj
Wisata pantai lainnya yang terletak di Kota Padang adalah Pantai Nirwana yang siap dijadikan sebagai destinasi liburan singkat. Tujuan rekreasi bahari yang terpaut 19 menit dari arah perkotaan ini menawarkan nuansa alam asri. Uniknya, pasir putih yang ada di objek wisata di seberang Pelabuhan Teluk Bayur ini sering digunakan pengunjung untuk terapi.

Pantai berpasir putih di Padang ini praktis diidolakan oleh penikmat panorama atas laut. Bila ingin menemukan spot bahari dengan background keren untuk berfoto. Maka Pantai Nirwana, objek wisata di Jalan Raya Padang - Painan adalah destinasi andalan. Untuk menuju ke lokasi terdapat pilihan transportasi publik dengan mengambil angkutan bernomor 437.

Bukan cuma wisatawan dari Padang, Pantai Nirwana juga banyak menarik para fotographer untuk mengabadikan pesona keindahannya. Dari memotret aktivitas kapal di Pelabuhan Teluk Bayur dengan kamera berlensa tele hingga nelayan yang asyik melaut. Bersamaan dengan surutnya air laut, koral dan bebatuan akan menciptakan daya tarik berbeda. Meski masih awam, kamu pun wajib membawa kamera saat berkunjung ke sini.
Lokasi: Jalan Lintas Padang - Painan, Kec. Padang Selatan Sumbar
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

4. Pantai Pasumpahan

pantai pasumpahan padang via mhd_fadry dan avrildashal
Orang Medan kalau berkunjung ke Padang pasti tujuannya adalah ke Pantai Pasumpahan. Karakteristik tebing-tebing yang dikelilingi bukit kecil membuat tempat wisata pantai ini begitu ideal untuk dijadikan destinasi akhir pekan sebab malam harinya, areanya bisa dipakai untuk camping ceria. Sebelumnya sudah pernah berkemah di pantai, belum?

Keesokan harinya di Pantai Pasumpahan, mulailah mengeksplor pesona bawah laut lautnya. Berenang sambil melihat liukan ikan berwarna-warni dan karang di dasar lautnya pastinya bikin lupa waktu. Memang kalau dibandingkan dengan pantai di Padang yang sebelum ini sudah dibahas, Pasumpahan lebih seru untuk memenuhi asupan vitamin D-mu, lho! Bagi yang suka dolan ke Padang, pasti setuju kan?

Paket wisata ke Pulau Pasumpahan tersedia cukup banyak dan bisa dipesan melalui travel agent atau biro perjalanan wisata lokal di kota Padang yang melayani open trip atau tur private. Boleh kalau mau traveling sendiri dengan menggunakan sarana penyeberangan lewat dermaga pelabuhan Teluk Bungus atau Sungai Pisang.
Lokasi: Jalan Sungai Pisang, Teluk Kabung, Kecamatan Bungus Selatan, Kota Padang
Tiket Masuk: Rp25.000/orang

5. Jambak Beach

jambak beach padang
jambak beach padang via instagram/bungdesu
Objek wisata pantai yang wajib juga dimasukkan ke dalam destinasi liburanmu di Padang Panjang adalah Pasir Jambak Beach. Lokasinya tepat di Desa Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah dan cuma terpaut jarak 15 kilometer dari Bandara Minangkabau melalui perjalanan darat.

Keindahan Pantai Jambak Beach tak hanya berasal dari ketenangan ombaknya, tetapi pohon-pohon pembatas antara darat dan lautnya juga menghadirkan keelokan tersendiri. Mau family holiday? Tempat ini pantas sekali untuk direkomendasikan karena sejuk dan ramah untuk anak-anak. Bahkan jika diperhatikan kebanyakan pengunjung ialah rombongan keluarga.

Baca Juga: Tempat Wisata di Payakumbuh Paling Hits Dikunjungi

6. Pantai Caroline

pantai caroline padang
pantai caroline via instagram/anisyasmine
Kali ini tentang pantai yang rimbun dengan pemandangan pohon kelapa dan laut biru. Berada persis di Teluk Kabung, Sumbar menjadikan Pantai Caroline cukup spesial karena sudah dikelola sejak tahun 80-an. Meski bukan destinasi baru, garis pantainya yang panjang selalu sukses membuat wisatawan puas menikmati air lautnya yang biru.

Sebagai destinasi andalan dengan pemandangan cantik di kawasan Teluk Kabung, Kota Padang. Pantai Caroline merupakan tempat wisata yang sangat dijaga lingkungannya. Baik pada permukaan maupun dalam laut sama-sama terjaga utuh. Saat snorkeling atau diving kamu akan terpesona oleh kealamian yang dimiliki.

Tempat wisata pantai di West Sumatra ini punya mercusuar. Seandainya ingin melihat view dari ketinggian, manfaatkan saja mercusuar yang merupakan ikon dari Pantai Caroline. Info menariknya, menara pandang tersebut sudah ada sejak kolonial Belanda dan dipakai untuk memantau perairan laut sekitar Sumbar.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Pesisir Selatan

7. Pantai Sako

pantai sako bungus padang
pantai sako bungus padang - image via instagram/dyunierli/
Secara geografis, Pantai Sako adalah tujuan wisata tersembunyi yang bisa ditemukan di wilayah Kota Padang. Persisnya di kawasan Pesisir Nagari Labuhan Tarok dan bersebelahan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bungus. Meski masih termasuk wilayah adm Pemko Padang, tetapi belum begitu banyak orang mengetahui nama pantai ini.

Tiket ke pantai tersembunyi ini hanya Rp10.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir. Setelah membayarkan karcis dan berjalan melewati gerbang retribusi, pengunjung akan dihadapan dengan pemandangan bahari bertropografi lantai. Karena diapit oleh bukit-bukit di seputaran Bungus Padang, maka bentuk kawasan ini seperti teluk yang jika diamati lamat-lamat sedikit mirip dengan Pantai Ladeha Nias.

Oleh pengelola, daratan kosong seluas 6.000 hektar yang membujur di Pantai Sako dijadikan kawasan hijau. Tampilannya hampir sama dengan pantai di Aceh pesisir yang juga ditumbuhi pohon bakau. Lantaran suasananya cukup adem dan sejuk, tempat berlibur yang mungkin masih asing bagi warga Padang ini sangat pas untuk kegiatan piknik yang membutuhkan nuansa tenang.
Alamat: Desa Bungus Barat, Kecamatan Bungus, Teluk Kabung
Tiket: Rp10.000 per orang
Jam Buka: 08.00 - 17:00 WIB

8. Pantai Cimpago Purus

pantai di padang
pantai cimpago via instagram/andrynovelino
Merupakan pantai di sekitar Padang yang titik koordinatnya berada di 18 kilo ke arah barat laut ini bisa jadi tempat bersantai paling afdol dimana kamu bisa mendapatkan ketenangan tak terhingga. Tempatnya bagus dan mendapat banyak pengunjung setiap hari. Selain berswafoto di spot bertuliskan "Pantai Puruih". Sekali traveling, kalian bisa sekaligus mengunjungi Danau Cimpago.

Pantai Purus memiliki dermaga yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Saat bermain-main di pantai tersebut pengunjung diharuskan berhati-hati karena gulungan ombak setinggi 2 meter kerap menghempas dermaga. Apalagi selama musim kemarau dan bulan-bulan tertentu. Lokasi pantai ini mudah dijangkau dan hanya 2.000 meter dari Taman Muaro Binguang.

9. Pantai Gajah

Buat kamu yang tertarik mengunjungi tempat wisata di seputaran Padang, Pantai Gajah wajib juga dimasukkan ke dalam bucket listmu. Apalagi buat yang sedang berada di Universitas Negeri Padang. Yap, posisinya memang ada di belakang kampus ternama di Sumbar tersebut.

Pantainya berkonsep semi modern, dibatasi dengan bebatuan yang sengaja disusun untuk memecah ombak. Nama destinasinya cukup unik ya? tapi jangan berharap bertemu gajah di sana lho. Tempatnya sepi dari hingar bingar jadi buat yang mau buang suntuk recommended banget!

Sudah tertarik mengeksplor pantai di Padang yang kami ulas di atas? Seluruh objek wisata di Sumbar memang telah dibuka untuk masa new normal, kamu sudah bisa mendatangi tempat-tempat tersebut. Namun selalu waspada di tengah pandemi COVID-19. Utamakan untuk menghindari keramaian dan selalu bawa perlengkapan kebersihan dimana pun berada. 

Berlangganan via Email