Widget HTML Atas

Air Terjun Perjuangan - Lokasi, Tiket Masuk & Pesona Alam

Air Terjun Perjuangan adalah sebuah air terjun yang terletak di desa Pasar 10, Kec. Kutalimbaru, Kab. Deli Serdang. Air terjun dengan ketinggian sekira 8 meter ini berada tepat di tepian aliran sungai yang kondisinya hingga sekarang masih begitu asri.
 
air terjun perjuangan
image credit: edu medan/ cok cobra via googlemap
Di balik pesonanya  Air Terjun Perjuangan merupakan salah satu bagian dari hilir sungai Lau Seruni. Air terjun ini menawarkan panorama berupa bentangan air yang jatuh dari atas bukit bebatuan hingga kemudian mendarat ke permukaan sungai.
 
Selain menikmati bentangan air terjun yang melebar, pengunjung dapat berenang dan bermain di aliran air sungai. Meski terbilang baru serta belum ramai diketahui khalayak, tetapi sudah ada sejumlah wisatawan yang gowes dan singgah ke sana.
 

Rute ke Lokasi

Jika ingin liburan ke Air Terjun Perjuangan, pengunjung tidak perlu mengorbankan banyak waktu. Bahkan bagi warga asal Medan, akses ke lokasi yaitu di Desa Pasar X, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, sudah dapat dijangkau dalam 1 jam saja.
 
 
Ya, akses menuju air terjun tersebut kurang-lebih hanya 27.1 km. Rute yang sering digunakan wisatawan melalui Jl. Gatot Subroto, kemudian lanjut ke Jl. Setia Karya. Setiba di persimpangan, ambil jalan Glugur Rimbun. 8,6 km lagi, pengunjung akan tiba di tujuan.
 
 

Tiket Masuk

Lantaran belum dikelola, harga tiket masuk Air Terjun Perjuangan dipastikan gratis. Oleh karena itu, tak mengherankan lagi jika para pengunjung dapat menikmati semua atraksi wisata di wisata alam ini secara cuma-cuma alias free.
 
Tetapi bila ingin berlama-lama di sini, silahkan alihkan biaya liburan Anda dengan membeli pelbagai perbekalan seperti makanan dan minuman. Pasalnya, di sekitar air terjun belum ada penjaja makanan maupun warung. Alhasil, pengunjung harus membawa persediaan dari rumah.
 
 

Aktivitas dan Pesona Alam di Air Terjun Perjuangan

Dengan rata-rata laju aliran 600m bujur sangkar per detik, Air Terjun Perjuangan memiliki debit yang tergolong lambat. Akan tetapi, debitnya akan jadi semakin deras pada musim penghujan. Untungnya, sungai di sisi air terjun belum pernah dikabarkan meluap.
 
Ibarat objek wisata tersembunyi, air terjun yang diapit oleh kawasan hijau inj belum begitu populer di kalangan wisatawan. Kebanyakan pengunjung yang singgah kemari ialah pecinta gowes atau penikmat wisata olahraga yang kerap mengeksplorasi spot tersembunyi.
 
Selain menyaksikannya lebih dekat, pesona yang tersaji dapat juga dinikmati dengan berbagai cara maupun aktivitas. Apa saja?
 

1. Melihat Air Terjun dari Atas Bebatuan

air terjun perjuangan
image credit: gunawan aerial
Kayu-kayu besar dan dedaunan hijau tampak melingkupi sekitar air terjun. Sementara di bagian  bawahnya, tersusun bebatuan berukuran kecil, sedang hingga besar. Jika ingin melihat air terjun tersebut dari arah yang cukup dekat, kamu dapat berdiri di atas bebatuan.
 
Namun perlu diingat, meski tidak berlumut, kondisi bebatuan lumayan licin. Tetaplah berhati-hati agar tidak terpeleset. Dari atas bebatuan, tidak hanya bisa melihat pesonanya lho! Mengabadikan moment dengan berfoto selfie atau we-fie tak boleh terlupakan.
 
Percikan air ditambah suasana hijau yang terlihat akan membuat jiwa terasa begitu rileks. Yap, perjuangan menaiki bebatuan demi menengok wujud air terjun secara keseluruhan akan terbayar lunas.
 

2. Bermain Air, Yuk!

air terjun perjuangan
tawarkan pemandian alam dan air terjun - image credit: budi wido/googlemap
Satu hal lagi yang cukup menarik di Air Terjun Perjuangan yakni kejernihan Sungai Serunai dan air terjunnya yang membuat setiap wisatawan ingin cepat-cepat turun ke bawah. Yap! Tentunya mereka sudah tak sabar lagi untuk segera bermain air di pemandian alaminya.
 
Tinggal pilih spot yang disukai saja, mau di bawah air terjun atau berendam di pinggiran sungai. Yang jelas, keduanya sama-sama menyegarkan. Kecuali liburan ke mari bersama keluarga, sebaiknya arahkan mereka ke tepi sungai yang dangkal saja.
 
Mau sesuatu yang lebih menantang? Coba berjalan ke arah jatuhnya air terjun dan berdiri di sana. Guyuran air yang mengucur deras dari bentangan ketinggian akan membuat seluruh badan seperti disiram air pegunungan. Coba deh merasakan sensasi seru ini!
 

3. Bersantai dan Barbeque-an

image credit: berkah bersama group
Kemudian, pinggiran dari aliran sungai di air terjun ini, diisi oleh pasir dan bebatuan yang sekilas seperti pantai. Permukaan tanahnya yang rata alhasil membuat tempat ini pas untuk bikin acara bakar-bakar alias barbeque-an.
 
Fasilitas yang terdapat di Air Terjun Perjuangan memang belum memadai. Oleh karena itu pula, dianjurkan membawa bahan barbeque atau bekal yang diperlukan. Paling utama sih bagi mereka yang datang kemari beserta keluarga ya. Jangan lupa bawa tikar agar bisa lebih bersantai.
 
Wisata alam yang cocok untuk tujuan liburan keluarga ini tentu bisa jadi salah satu tempat berlibur yang menawan di akhir pekan. Apalagi dengan letaknya yang masih tersembunyi, belum banyak diketahui publik namun cukup mudah dijangkau dari berbagai arah.

Berlangganan via Email