Widget HTML Atas

Sayum Sabah - Lokasi, Tiket Masuk & Ragam Pesona

Desa Sayum Sabah memiliki salah satu pesona yang bisa dinikmati, yakni sebuah sungai yang jernih, berbatu serta dikelilingi oleh pepohonan nan rimbun. Sungai tersebut disulap menjadi objek wisata pemandian. Selain bermain air, di sana pengunjung bisa mengadakan retreat dan piknik keluarga.
 
sayum sabah
image credit: tengku hannifa husny/faizal faxel wel
Secara administrative, Sayum Sabah merupakan sebuah desa kecil di Sibolangit yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian. Dengan luas kurang lebih 423 hektare, kondisi desa yang dihuni para warga ini cukup bersih dan bebas dari polusi udara.
 
Jika ingin berkunjung ke Sayum Sabah dalam waktu dekat, simak info mengenai lokasi, biaya masuk dan atraksi wisata menarik berikut ini.
 

Tiket Masuk Sayum Sabah

Satu hal yang wajib diperhatikan wisatawan Sayum Sabah adalah keharusan untuk menyiapkan sejumlah biaya atau tiket masuk. Tak hanya orang dewasa, pun anak-anak harus membayar tiket sesuai dengan nominal yang telah ditentukan pengelola.
 
Tiket Normal: Rp10.000/pengunjung
Biaya Parkir: Rp2.000 - Rp5.000/unit
 
Harga tiket masuk yang dibandrol memang relatif murah. Sehingga tidak akan memberatkan wisatawan. Namun, sekiranya pengunjung ingin memakai gazebo atau pondok yang tersedia di sana. Perlu untuk mengeluarkan biaya tambahan lagi.
 

Lokasi Sayum Sabah

Perjalanan untuk mencapai Sayum Sabah tidak akan menguras fisik dan tenaga. Sebab, jalan ke lokasi yakni Desa Sayum Sabah, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara sudah bagus dan bisa dilalui kenderaan roda dua dan empat.
 
 
Untuk memastikan bahwa pengunjung tidak kesasar atau salah jalan, terdapat plang bertuliskan nama objek wisata itu sendiri. Nah, dari area parkir ke pemandiannya, wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 8-10 menit. Dimana nantinya akan melewati sebuah jembatan gantung.
 

Jam Buka

Lantaran sifat sungai yang menjadi objek wisata di desa Sayum Sabah ini mengalir sepanjang tahun dan tidak hanya pada musim penghujan saja. Maka, mulai Januari hingga Desember, wisatawan dapat berkunjung kapan saja, tanpa batasan waktu.
 
Lain hal dengan jam buka, bagi wisatawan yang hanya ingin berekreasi tanpa tujuan khusus. Gerbang sudah dibuka dari pukul 08.00 sampai 17.00. Sebaliknya, pengunjung yang ingin berlibur lebih dari sehari maupun tamu rombongan, bisa menikmati pesona yang ditawarkan selama 24 jam penuh.
 
 

Pesona Pemandian Alam Tirta Sayum Sabah

Pemandian Sayum Sabah dibangun pada akhir tahun 2008. Lantaran sudah cukup lama berdiri, objek wisata ini tidak hanya menawarkan pemandian alami saja. Terdapat juga guest house untuk menginap, gedung serbaguna, area mess dan berbagai sarana pelengkap lainnya.
 
Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tahu atraksi, daya tarik serta aktivitas yang terdapat di tempat ini, berikut ulasan lengkap untuk Anda ketahui.
 

1. Area Pemandian Sungai

saum sabah
image credit: faizal muhd faxel wel/googlemap
Setelah menapakkan kaki di pemandian alami yang berada di daerah Sayum Sabah, wisatawan akan langsung terpikat dan sangat antusias untuk segera basah-basahan ke dalam sungai. Aliran airnya yang bersih lagi jernih memang membuat pengunjung ingin segera jejeguran.
 
Sensasi segar akan Anda dapatkan ketika berendam di dalam aliran sungai. Lantaran tak henti diguyur oleh air menyejukkan, secara perlahan, tubuh akan terasa sangat rileks, lelah dan membuat stres melayang. Dengan demikian, nikmatnya berendam di pemandian Sayum Sabah begitu menyenangkan.
 
Selain berenang dan berendam, masih ada aktivitas air lainnya yang cukup mengasikkan di sini. Cobalah beranjak ke area tebing bebatuan yang rendah di pinggir sungai. Dari sana, Anda dan pengunjung lainnya bisa melompat dengan bebas, menikmati riak-riak-riak air yang dingin dan menyejukkan.
 

2. Nuansa Desa yang Bikin Tenang

sayum sabah
image credit: rizky shafira/instagram
Objek wisata pemandian ini sudah seperti mewakili bagaimana kondisi di Desa Sayum Sabah secara keseluruhan. Mulai dari penduduknya yang ramah, alamnya yang permai hingga lingkungannya yang masih sangat terjaga dengan baik.
 
Oleh karena itu, tidak harus berkeliling ke setiap sudut di desa ini. Karena sambil beristirahat dengan duduk tenang di bantaran sungai saja, Anda sudah bisa mengalami itu semua. Terutama kondisi khas pedesaan yang pastinya jarang dijumpai di wilayah perkotaan.
 
Sambil menenangkan diri di tengah alam pedesaan, Anda bisa menghirup udara yang  belum terkena polusi. Kadar oksigen di sini cukup bersih, hal ini dipengaruhi oleh kondisi wilayahnya yang masih ditumbuhi banyak pepohonan.
 

3. Menginap dan Menikmati Malam

image credit: ema 123/instagram
Pada area guest house dan mess dibuat menyerupai villa mini. Tata letak serta desain bangunannya terlihat begitu menyatu dengan alam hijau. Lay out sekelilingnya yang dilengkapi dengan taman swa-foto mini membuat tempat ini terkesan kekinian. 
 
Villa di Sayum Sabah biasanya dimanfaatkan pengunjung yang datang berlibur bersama keluarga. Sedangkan mess lebih banyak dipakai menginap tamu rombongan berjumlah banyak, misalnya retreat, rombongan komunitas maupun dari kampus-kampus.
 
Dari segi luas dan ukuran, akomodasi berbentuk mess di objek wisata ini tentunya lebih luas. Sehingga mampu menampung pengunjung rombongan wisata yang berjumlah banyak.
 

Fasilitas

Seperti yang sudah disebutkan diawal, Sayum Sabah didukung dengan fasilitas yang mampu membuat setiap pengunjung merasa nyaman ketika menghabiskan liburan di desa ini. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di sana sudah terpenuhi dengan sangat baik.
 
Tidak hanya menyediakan kebutuhan dasar wisatawan seperti kamar bilas, warung makan, kamar mandi dan gazebo. Pengelola objek wisata ini juga memberikan pelayanan lain berupa guest house, ruang pertemuan, mess dan area parkir yang begitu luas.
 
Setelah disewa, pengunjung umum dapat menggunakan gazebo untuk bersantai. Atau, bisa dipakai tempat untuk membuka bekal makanan yang sebelumnya dibawa dari rumah. Tertarik mengunjungi pemandian alam yang satu ini? Segera atur jadwal liburan ya.

Berlangganan via Email