Widget HTML Atas

PIA WATERPARK Sibolga: Tiket, Lokasi dan Wahana

Bermain air sudah jadi aktivitas berlibur yang digandrungi. Selain W2KS dan Bumi Asih, salah satu water park di Sibolga yang terkenal adalah PIA Waterpark. Taman rekreasi air dekat Kota Pandan ini menyuguhkan berbagai keceriaan dan keseruan.
 
pia waterpark sibolga
image credit: youtube/adilahar official
PIA Waterpark merupakan taman hiburan yang berada tak jauh dari arah Sibolga. Waterpark yang memiliki puluhan wahana air, sarana waterboom dan kolam renang luas tersebut dibangun di tengah komplek hotel yang bersebelahan dengan pinggir laut. 
 
Kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke waterpark di Sibolga dan Pandan ini menjadi prioritas pengelola. Sehingga area ini selalu ramai akan kunjungan kendati sudah banyak water park terbaru yang dibangun di Tapanuli Tengah.
 

Harga Tiket PIA Waterpark Sibolga

Pengunjung tidak perlu khawatir soal biaya. Lantaran untuk menikmati semua wahana permainan, harga tiket masuk Sibolga Waterpark bisa dikatakan masih sangat terjangkau. Dengan tarif mulai Rp40 ribuan saja sudah bisa bermain di sini.
 
Tiket Weekday/Weekend: Rp15.000/orang
 
Biaya tersebut berlaku sepanjang hari sesuai jam operasional yakni mulai senin hingga minggu. Tidak ada kategori tiket anak ataupun dewasa sebab tarif dibanderol sama. Pada saat libur nasional seperti Idul Fitri dan Tahun Baru, harganya tidak pernah berubah.
 

Jam Buka & Fasilitas

Bagi pengunjung umum, adapun jam buka tempat ini mulai pukul 08.00 - 17.00 setiap hari. Sementara bagi yang ingin bermalam di hotelnya bisa datang kapan saja. Kedua jadwal tersebut sama setiap hari dan tk berubah meski sedang libur nasional maupun weekend.
 
Sementara untuk fasilitas, Pia Waterpark Sibolga menyediakan beragam sarana sehingga pengunjung akan mendapatkan kenyamanan selama berada di lokasi. Fasilitas yang dapat digunakan diantaranya tempat parkir, ruang ganti dan kamar mandi.
 
Sedangkan fasilitas lain yang membutuhkan biaya tambahan meliputi gazebo, penyewaan ban pelampung dan restoran di dalam hotel. Bagi pengunjung yang mau bermalam dan menghabiskan liburan panjang di wisata Sibolga bisa menyewa kamar di water park ini.
 

Ragam Wahana Permainan di Sibolga Waterpark

Waterpark di Sibolga ini adalah pelopor taman hiburan pertama di kawasan Tapanuli Tengah dan kota Pandan. Jika sekarang sudah ada beberapa taman rekreasi air lain seperti W2KS Waterpark dan sejumlah kolam renang, tetapi tempat ini masih disukai orang banyak.
 
Keunggulan yang dimiliki PIA Waterpark dengan desain kolam modern, serta lokasinya yang bersebelahan Pantai Pandan membuat pengunjung betah berlama-lama di sini untuk mengisi waktu liburan. Apalagi terdapat sederet wahana yang mengasikkan untuk dicoba.
 
Adapun aktivitas dan wahana yang menjadi keunggulan waterpark di kota Sibolga dan Pandan ini mencakup:
 

1. Kolam Renang Anak dan Dewasa

kolam berenang yang luas bikin lega
Kolam renang di Sibolga waterpark ini terdiri dari dua unit kolam dewasa dan satu unit kolam anak. Desain kolam dirancang menarik dengan tema bernuansa kehidupan laut. Semua kolam diisi air bersih dan rendah kaporit. Namun, tetap gunakan kaca mata renang ya.
 
Membawa anak-anak bermain di kolam anak pastinya aman. Pasalnya, kedalaman masing-masing kolam sengaja dibuat dangkal, ketinggiannya hanya sekitar 20 - 40 cm. Bila khawatir tersedak, pakai saja pelampung yang disewakan pengelola.
 
Buat kawula muda dan dewasa, ada dua buah kolam semi olimpic di bagian tengah water park. Di kolam berukuran luas 5×13 meter ini, bisa berenang layaknya atlet terlatih demi menjaga kebugaran fisik. Jika lelah, bisa bersantai di pinggir kolam untuk menyerap vitamin D dari sinar matahari.
 

2. Wahana Peluncuran dan Ember Tumpah

pia waterpark sibolga
water slide dan kolam renang di waterpark sibolga - credit: simon boyke sinaga
Waterpark Sibolga merupakan rumah bagi penikmat wisata air terlengkap di Tapanuli Tengah. Nah, di kolam renang berbentuk persegi panjang ini, terdapat beberapa water slide atau peluncuran. Sejak pertama dibuka sampai sekarang, wahana ini menjadi favorit para wisatawan.

Perosotan berbentuk spiral ini berketinggian sekitar 8 - 10 meter dengan panjang 15 meter. Kemudian ada juga 2 lagi perosotan lurus dengan lebar berbeda. Pengunjung yang berlibur dengan keluarga bisa memanfaatkan perosotan lebar tersebut.

Di bagian lainnya, terdapat ember tumpah yang cocok dijadikan pilihan wahana santai. Di sini, tak perlu lelah naik tangga. Cukup duduk di bawah ember tumpah dan rasakan siraman air yang tumpah secara tiba-tiba. Masih ada beberapa wahana lain yang patut dicoba seperti pancuran air dan water playground.
 

3. Area Taman Kering dan Restaurant

dilengkapi dengan taman hijau
Water park ini terhubung langsung dengan areal pantai sehingga disekat dengan taman kering. Taman tersebut didesain indah dengan menghadirkan tanaman bunga dan pohon kelapa. Di tengah panasnya kota Sibolga, taman ini mampu menciptakan kesegaran alami.
 
Taman juga dilengkapi sarana permainan darat, sebut saja perosotan dan spot foto yang bisa mengakomodir pengunjung yang tak berniat basah-basahan. Bagi para orangtua yang menjaga aktivitas anak-anak bermain, bisa duduk bersantai di bangku panjang sambil menikmati panorama laut.

Puas menikmati seluruh wahana dan area taman kering, saatnya beranjak ke restoran PIA Hotel. Tempat makan ini menyajikan aneka kuliner lezat yang bisa mengenyangkan perut. Agar lebih komplit, menu seafood dan segelas es kelapa wajib masuk daftar pesanan.
 

Lokasi dan Alamat PIA Waterpark Sibolga

Waterpark ini beralamat di Jl. Padang Sidempuan No. 10A, Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara 22537. Jarak ke lokasi hanya terpaut 9 kilometer atau dapat ditempuh dengan perjalanan 23 menit dari Sibolga.
 
 
Informasi yang kami himpun di atas sesuai update terbaru. Namun, untuk mendapatkan info terkini langsung dari pihak pengelola, dapat menghubungi telepon (0631) 372145 atau melalui media sosial resmi. Selamat berlibur dengan keluarga, have fun!