Widget HTML Atas

Mataie Hillside Adventure & Waterpark - Lokasi, Tiket & Wahana

Mataie Hillside Adventure & Waterpark adalah sebuah taman rekreasi air di Lambaro Kueh, Lhoknga, Aceh Besar. Waterpark yang berada di areal pegunungan tersebut memiliki kolam renang dan waterboom dengan berbagai variasi wahana air.
 
mataie hillside adventure & waterpark
image credit: nurul isdami
Tempatnya yang diapit perbukitan dengan kondisi lingkungan alami membuat Mataie Hillside Adventure & Waterpark menjadi destinasi hiburan yang suguhkan suasana berbeda. Luasnya area rekreasi sekaligus mengkukuhkannya masuk dalam daftar kolam renang terbesar di seputaran Aceh.
 
Perlu diketahui, setidaknya ada 3 destinasi berbeda yang menggunakan nama Mata Ie, 2 lainnya lebih mengunggulkan keindahan alam dan pemandian. Sementara pada ulasan ini, bahasannya sudah pasti fokus ke waterpark sesuai penjelasan diawal.
 

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang berencana menghabiskan waktu bermain wahana atau berenang di waterpark ini perlu menyiapkan biaya kunjungan. Adapun harga tiket masuk ke Mata Ie cukup terjangkau. Pengunjung tak perlu mengeluarkan bajet besar untuk merasakan keseruan di sini.
 
Tiket Normal: Rp30.000/orang (Senin s/d Jumat)
Tiket Weekend: Rp40.000/orang (Sabtu & Minggu)
 
Biaya tertera berlaku bagi pengunjung dewasa, remaja dan anak-anak. Sedangkan tiket untuk balita sepenuhnya gratis. Namun, tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari pemilik atau manajemen waterboom. Karenanya, pastikan untuk selalu update informasi sebelum mendatanginya.
 

Lokasi Mataie Hillside Adventure & Waterpark

Alamat tempat rekreasi ini berada di Jl. Mata Ie - Keude Bieng Km 1,8, Desa Lambaro Kueh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, 23351. Detail rute dan waktu tempuh bisa diperiksa pada peta berikut ini.
 
Rute ke waterpark jika diakses via Banda Aceh tergolong ringkas, Pengunjung hanya memerlukan waktu berkendara 21 menit dengan estimasi jarak sekitar 9,6 km. Sedangkan dari Kota Jantho, ibukota kabupaten justru lebih jauh, kurang lebih 1 jam perjalanan.
 
 

Atraksi & Wahana Mataie Hillside Adventure & Waterpark

Tak heran kalau banyak pengunjung waterpark berasal dari Banda Aceh. Karena selain posisinya yang lumayan dekat, fasilitas rekreasi yang ada juga sangat memadai. Pastinya cukup prima jika dipilih untuk tujuan berlibur di luar kota.
 
Jarang sekali ada waterpark maupun waterboom yang dibangun di tempat yang jauh dari pusat keramaian. Selain Bukit Cinangkiek, Bisa dikatakan bahwa Mata Ie ialah salah satu destinasi yang juga menawarkan destinasi seperti itu. Didukung pula posisinya yang seakan erisolir lantaran didirikan di kawasan pegunungan.
 
Pemilik benar-benar mengkukuhkan Mataie Hillside Adventure & Waterpark selayaknya tempat rekreasi penuh tantangan dan petualangan yang sesungguhnya. Adrenalin tak henti dipacu lewat wahana bermain yang menegangkan.
 

1. Berbagai Jenis Kolam

wisata mataie
kolam renang di mataie terlengkap - image credit: pariwisatasumut.net
Salah satu kelebihan dari waterboom ini adalah sederet kolam renang yang jika dihitung jumlahnya cukup banyak. Terdapat kolam untuk semua tipe dan usia pengunjung. Diantaranya kolam balita, kolam anak, kolam dewasa dan juga kolam umum.
 
Tentu saja, semua kolam yang berisikan air jernih dan bersih tersebut diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin berenang. Khusus di kolam anak, disediakan beberapa permainan yang mendukung motorik anak. Meski sudah diawasi oleh security, tetapi orangtua wajib menjaga si kecil.
 
Berikutnya kolam remaja dan dewasa, selain ketinggian kolamnya dibuat lebih dalam, areanya tergolong luas. Dengan begitu, pengunjung bebas berenang sekaligus melatih kekuatan otot. Kalau capek, bisa bersantai sejenak di tepi kolam sambil menghirup udara segar dan menikmati panorama alam di depan mata.
 

2. Wahana Permainan Air

mataie hillside adventure & waterpark
image credit: instagram/nazarul hikmah
Pada umumnya waterboom mengandalkan wahana permainan air sebagai daya tarik utama. Begitu pun Mataie Waterpark, tempat rekreasi ini mempersembahkan sederet wahana bermain yang yang bisa dimainkan semua pengunjung.
 
Menguji adrenalin tak harus berpetualang ke alam liar atau destinasi ekstrim. Contohnya di waterboom ini, sudah ada perosotan atau waterslide yang panjangnya mencapai 18 meter. Pengunjung akan ditantang melewati lubang gelap dari atas hingga tercebur ke dalam kolam.
 
Setelah mencoba waterslide, masih ada ember tumpah, wahana yang selalu ada di setiap waterpark ini memang jadi permainan yang wajib dirasakan bareng keluarga. Jika sebelumnya pengunjung sedikit berpetualang, di sini justru hanya duduk atau berdiri menunggu guyuran air yang muncul secara tiba-tiba.
 

3. Outbond dan Permainan Darat

mataie wisata
sarana outbond yang memadai - image credit: gmaps/moer
Tempat outbond di Aceh memang belum cukup banyak. Oleh karenanya, banyak pengusaha di bidang pariwisata melirik bisnis satu ini. Salah satunya yang layak dikunjungi bila hendak menjajal sarana outbond tak lain adalah Mataie The Hillside & Waterpark.
 
Baik bagi karyawan yang tujuannya untuk outing, pelajar dalam perpisahan sekolah, darmawisata atau melatih teamwork, area outbond-nya sudah pasti menyenangkan. Sebut saja permainan flying fox dan air soft gun yang seru sekaligus sukses bikin adrenalin tertantang.
 
Permainan darat lainnya yang mungkin menarik perhatian yaitu sirkuit ATV, wahana motor yang dapat pengunjung gunakan untuk mengelilingi sebagian kawasan waterboom melalui jalur khusus. Nah, medannya sendiri tidak terlalu ekstrim sehingga cocok bagi pemula.
 

Fasilitas

Seperti taman rekreasi air di Aceh pada umunya, fasilitas di Mataie Hillside Adventure & Water Park sudah dilengkapi beragam sarana dan prasarana wisata. Fasilitas yang pengunjung temukan sekaligus dapat dinikmati di sini meliputi:
 
- Kolam Renang
- Pemandian Alam
- Wahana Bermain
- Sarana Outdoor
- Kamar Mandi (Toilet)
- Pondok (Gazebo)
- Area Parkir
- Tempat Makan
 
Fasilitas tersebut bisa digunakan pengunjung secara cuma-cuma. Sementara untuk area kuliner, pengunjung tentu saja harus merogoh kocek tambahan. Supaya anggaran berlibur lebih hemat, bisa bawa bekal makan dan minum dari luar.
 

Jam Buka Mataie

Waktu operasional Mataie Hillside Adventure & Water Park setiap hari mulai senin sampai minggu. Sedangkan jam buka tutup berlaku dari pagi pada pukul 08.00 WIB kemudian tutup pada sore hari pukul 17.00 WIB
 
Jam buka dan waktu operasional tertera bisa diperbaharui sewaktu-waktu oleh pihak manajemen. Ada baiknya untuk menghubungi pengelola sebelum melakukan kunjungan. Terutama saat libur nasional atau hari-hari besar.
 
 
Nah, tertarik mengunjungi wisata di Mataie yang memiliki pemandian alami, kolam renang, waterboom dan wahana permainan air tersebut? Semoga informasi yang tersaji bisa membantu dan membuat perjalanan wisata lebih menyenangkan.