Widget HTML Atas

Bukit Cinangkiak - Tiket Masuk, Lokasi & Pesona Wisata

Bukit Cinangkiak adalah objek wisata di seputaran Jl. Bukit Cinangkiak, sebuah jalur perlintasan dari X Koto Solok menuju Danau Singkarak. Rute ke spot alam tersebut mudah diakses. Bila melewati Aripan, Anda hanya perlu berkendara selama kurun waktu 29 menit ke puncak dengan jarak 17,5 km saja.
 
bukik cinangkiak di jl. bukit cinangkiak yang jadi spot liburan - image credit: rafiq ardi
Bukit Cinangkiak Solok atau Bukik Chinangkiek ini menjadi objek wisata puncak terbaru di Danau Singkarak yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Pasalnya, di lokasi destinasi tersebut menawarkan 4 atraksi yang dapat dinikmati sekaligus yaitu puncak gardu pandang, waterboom, cafe dan resort penginapan.
 
Objek wisata puncak di Sumatera Barat yang berada di daerah pegunungan ini cocok untuk tempat peristirahatan. Atraksi kesegaran dan keindahan alamnya dijamin menghipnotis wisatawan yang berkunjung pada hari libur besar maupun setiap akhir tahun. Berikut info terbarunya!
 

Akses & Lokasi Bukit Cinangkiak

Daerah Bukik Cinangkiak dapat dicapai dari Padang, Sumatera Barat melalui Lajur Raya Solok - Selayo - Aripan hingga tiba di lokasinya yaitu Jalan Bukit Cinangkiak, Desa Singkarak, Kec. X Koto Singkaram, Solok, Sumatera Barat.
 
 
Jalan menuju lokasi wisata tergolong lengang, Anda akan terhindar dari kemacetan. Sebenarnya, tersedia beberapa rute alternatif. Namun urutan rute utama di atas sering kali dipilih pengunjung agar dapat sampai di tujuan tepat waktu dan sesuai dengan perkiraan.
 
Bagi Anda berkunjung ke Bukik Chi Nang Kbiek di akhir pekan, beberapa angkutan umum yang melewati puncak dapat Anda gunakan seperti PO. Jasa Malindo, Sikumbang Tour dan PO Dirgantara. Dengan ongkos kira-kira 25 ribu (bus umum) s/d 35 ribu (bus travel).
 

Tiket Masuk Bukit Cinangkiak

waterboom dan kolam berenang - image credit: defit suprianto/googlemap
Objek wisata alam Bukit Cinangkiak ini mematok tarif masuk dengan harga terjangkau yaitu 10 ribu. Namun, biaya yang tertera akan ditambah tarif parkir kendaraan. Bagi Anda yang datang kemari naik mobil pribadi dikenai 10 ribu dan sepeda motor 5 ribu.
 
Lantaran di objek wisata alam dan buatan ini juga terdapat tempat rekreasi air buatan, maka harga tiket masuknya akan bertambah. Bagi Anda yang mau bermain dan berkunjung ke waterboom tersebut, maka per orangnya dibanderol tiket 35 ribu.
 
Biaya tiket masuk Bukik Chi Nang Kiek ini berlaku saat situs Pariwisatasumut.net menerbitkan review. Bisa saja ada perubahan harga atas keputusan pemilik. Tetapi, harga yang dinaikkan mungkin tak lebih dari Rp40.000 per orangnya.
 

Jam Buka/Tutup

Lantaran di sekitar objek wisata ini sudah dibangun beberapa unit penginapan dan resort, maka jam buka yang semula hanya dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, kini seluruh area objek wisata sudah dibuka selama 24 jam penuh.
 
Setelah mengupas info dasar tentang Bukit Cinangkiek terkait tiket masuk, jam buka dan lokasi, saatnya memaparkan beberapa spot menarik yang bisa Anda dan keluarga nikmati di sana. Apa saja? Yuk simak selengkapnya.
 

Aktivitas Wisata Bukit Cinangkiak Solok

Dengan luas 3,2 hektar, pemilik objek wisata buatan ini sendiri adalah Epyardi Asda, seorang putra daerah sekaligus pengusaha di bidang pariwisata yang membuat Bukit Cinangkiek lebih berseri. Fasilitas mumpuni yang dihadirkan kian mendukung aktivitas liburan Anda.

1. Waterboom Cinangkiak

waterboom yang ada di cinangkiak - image credit: instagram.com/arpentius
Jika Anda ingin menikmati kejernihan air dan kesegaran udara yang alami langsung saja ke Waterboom Cinangkiek. Dijamin, Anda akan terpukau oleh kolam renang unik beserta wahana seru yang terletak di ketinggian bukit ini.
 
Wahana menarik yang terdapat di waterboom ini asik untuk dimainkan segala usia. Setidaknya, terdapat 7 spot permainan yang dapat dimainkan bersama keluarga. Seperti Tower Slide, Racer Slide, Kiddy Pool, Lazy River dan Kolam Berenang berketinggian 30 cm - 80 cm yang akan memuaskan liburan Anda.
 
Salah satu keunggulan wisata Bukik Cinangkiak adalah kolam berenang outdoor dengan langit terbuka yang letaknya seolah menggantung di tepian tebing. Di bagian tengah kolam waterboom, terdapat air mancur yang memancar indah sehingga keseruan bermain air bisa Anda dapatkan.
 

2. Area Outbond Mini

bukit cinangkiak
image credit: instagram.com/riskawahyu_f
Semua area Dream Park ini dirancang utuh sebagai tujuan berlibur keluarga. Selain waterboom, pengunjung muda dan tua dapat menjangkau Bukik Cinangkiak dengan segala kegiatan outdoor yang ditawarkan. Salah satunya ialah area outbond yang atraktif.
 
Aktivitas luar ruangan yang seru itu terbagi ke dalam beberapa spot. Tetapi ada beberapa diantaranya yang menyita perhatian pengunjung. Terlihat dari tingginya antusias mereka menyambangi rumah pohon, jembatan gantung dan spot paralayang.
 
Kendati seluruh kegiatan liburan di area outbond ini berkonsep luar ruangan, pengunjung tidak diharuskan menggunakan perlengkapan. Kecuali paralayang yang memang membutuhkan alat khusus, Anda boleh naik dan merasakan sensasi seru di atas jembatan yang tak henti bergoyang.
 
 

3. Pondok Santai dan Cafe

cafe dan pondok santai di sekitar - image credit: instagram.com/vielga
Karena bukit ini merupakan objek wisata yang dibuka sampai malam hari, tentu Anda dapat merasakan liburan komplit. Jika mendatangi Bukit Cinangkiak di waktu senggang, coba deh bersantai di pondok atau cafe.
 
Wisatawan tidak cuma bisa menikmati panorama khas yang ditampilan oleh danau di sumatera barat yang satu ini saja. Wisatawan dapat mencicipi bermacam kuliner khas daerah sembari mengabadikan pemandangan malam.
 
Meski menyediakan hidangan murah, tetapi cafe di Bukik Cinangkiek juga menyuguhkan bermacam panganan nikmat seperti jagung bakar, kopi dan lainnya. Apalagi dengan pemandangan danau yang berkelas, pastinya makin lahap!
 

Penginapan Bukik Cinangkiak

Sebagai kawasan wisata, hotel sekitar Bukit Cinangkiak tersebut tentunya sudah menyediakan sederet pilihan penginapan mulai dari resort hingga villa. Dengan harga Rp900k - Rp1,3 juta satu malam saja, pengunjung sudah dapat menginap tenang di dalam komplek.
 
Adakah pilihan hotel lainnya di luar Bukik? Ya, Sebut saja Villa Yuke Koto Singkarak, Panorama Aripan, Hotel Palapa Prima dan Hotel Jaya Karta. Selisih biaya menginap di sini berjenjang sesuai tipe akomodasi, yaitu mulai Rp500 ribuan ke atas.
 
Selain akomodasi memadai, fasilitas di objek wisata pun sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir keperluan pengunjung. Di sini tersedia parkir motor dan mobil, toilet, bilik bilas, musala, cafe, kolam renang dan spot berfoto.