Home » , » Kebudayaan Pakpak Dairi

Kebudayaan Pakpak Dairi

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, August 2, 2014 | 1:30 PM

pariwisataSUMUT.Net - Kebudayaan kabupaten Dairi dan juga kabupaten Pakpak Bharat tidaklah jauh berbeda, ada kesamaan di keduanya karena etnis asli dari kabupaten yang berada di wilayah timur Sumatera Utara ini adalah suku Pakpak. Jadi dengan kata lain, Kebudayaan Pakpak mencakup kedua kabupaten tersebut.

Pakpak boleh dikatakan sebagai suku etnis dari Batak yang kurang dikenal oleh masyarakat luas, hal ini disebabkan karena jarak dan publikasi mengenai kebudayaannya sejak dulu tidak optimal. Namun seiring dengan perkembangan media sosial dan niat orang Pakpak untuk menunjukkan eksistensinya maka saat ini kebudayaan Pakpak mulai terangkat sama seperti etnis Batak lainnya.

Terdapat banyak keunikan dalam hal kebudayaan Pakpak, mulai dari rumah adat tradisional yang disebut Sapo Mbelgah, pakaian adat, sistem mata pencaharian, kearifan lokal dan juga berbagai macam peninggalan leluhur Pakpak.

Peninggalan bersejarah berupa Mejan Pakpak (Artefak) di setiap desa menjadi suguhan kebudayaan Pakpak yang amat menarik untuk disaksikan, Peninggalan sejarah ini membuktikan bahwa ada sangkut paut antara kerajaan Sriwijaya yang dulu berkuasa di seluruh nusantara. Mejan dipercaya sebagai perwujudan atau tempat tinggal lelulur. Mejan berfungsi sebagai penjaga kuta (desa). Mejan dimiliki oleh setiap marga yang ada di daerah Pakpak. Mayoritas bentuk Mejan adalah sosok manusia yang menunggangi hewan. Beberapa mejan yang masih dapat dilihat adalah mejan marga Bancin di desa Penangggalen Binanga Boang dan juga Mejan Boang Manalu di kota Salak. Selengkapnya dapat anda baca di: Mejan antara kebudayaan dan mitos

Salah satu pusat penelitian tentang kebudayaan Pakpak di kabupaten Dairi adalah kawasan wisata alam dan cagar alam Danau Sicike-Cikeh yang mana merupakan asal muasal sipitu marga (Si Tujuh Marga). Terdapat banyak upacara adat pakpak yang masih kerap dilangsungkan dalam kegiatan sehari-hari maupun juga di setiap ritual budaya seperti upara pakpak pada ruang lingkup kampung. Tak terlepas dari kesenian daerah, Tarian Adat Pakpak juga masih dapat anda saksikan, tarian tersebut diantaranya adalah Tatak Mennapu Kopi, Tatak Muat Page dan berbagai jenis tarian pakpak lainnya yang dapat anda baca di artikel kami: tarian tradisional dari Sumatera Utara.

Kebudayaan Pakpak adalah salah satu pemerkaya kebudayaan Sumatera Utara yang menambah sejuta manikam pariwisata Sumatera Utara. Oleh: Antonius Naibaho
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net