Home » , , » Tomok - Samosir

Tomok - Samosir

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Saturday, August 23, 2014 | 11:48 AM


travelingmedan/trip/antz - Tomok merupakan destinasi wisata populer yang diunggulkan di buku panduan perjalanan oleh traveler asal Asia dan Eropa. Hal tersebut tentu saja karena Tomok memiliki objek-objek wisata yang sangat menarik dan pantas untuk dikunjungi, Selain dapat menikmati keindahan danau Toba, anda juga dapat berwisata budaya dengan menyaksikan patung Sigale-Gale, tidak hanya itu saja, menelusuri kentalnya budaya batak dan Sejarah mengenai kerajaan Sidabutar merupakan kegiatan yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Rute Menuju Tomok
Untuk menuju Tomok, bila anda berangkat dari kota Medan dapat melakukan perjalanan dengan rute Medan – Pematang Siantar – Tomok.  
Tempat Wisata Menarik di Tomok

Hotel Di Tomok
Berkunjung ke Tomok untuk tinggal beberapa hari tentu saja anda membutuhkan penginapan maupun hotel, untuk itu kami telah menyediakan daftar hotel di kabupaten Samosir yang mana Tomok merupakan bagian dari wilayah ini, silahkan baca di tulisan kami 20 Hotel Di Samosir.


Shopping Center
Berbelanja untuk oleh-oleh khas etnis Toba, berbagai macam benda-benda yang berkaitan dengan kebudayaan orang Batak dapat anda beli disini seperti Ulos, Tukkot Tunggal Panaluan dan berbagai benda-benda yang sudah diinovasikan oleh para pengrajin. Berbelanja di Tomok sangatlah menarik, pusat penjualannya berada di sekitar objek-objek wisata di Tomok.

Kuliner Batak
Tak lengkap rasanya bila anda berkunjung ke suatu daerah tetapi tidak mencicipi kuliner tradisionalnya. Nah, di Tomok anda dapat memilih rumah makan atau restaurant. Beberapa menu andalan khas batak yang patut anda coba adalah ikan mas arsik, naniura, pohul-pohul, lappet. Makanan tersebut tentu saja halal, akan tetapi bila anda ingin menikmati makanan tradisional yang non halal dapat mencoba saksang dan lomok-lomok. Nah bila anda ingin menikmati kuliner dari SUMUT silahkan silahkan baca di tulisan kami: 

Sigale – Gale
Sigale-gale adalah patung yang dapat menari. Sejarah tentang Sigale-gale menceritakan bahwa dahulu kala ada seorang raja yang kehilangan putranya, ia kemudian membuat patung menyerupai anaknya tersebut. Dulu Sigale-Gale masih sangat disakralkan, karena harus mengorbankan satu nyawa bila membuatnya. Patung Sigale-gale dapat menari, tentu dengan bantuan manusia. Anda bisa menyaksikan atraksi Sigale-Gale di beberapa wilayah kawasan Samosir salah satunya di Tomok.

Makam Raja Sidabutar
Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri. Menurut sejarah Batak, Sidabutar sendiri dikenal sebagai raja yang sangat bijak. Ia dekat dengan rakyatnya. Ia juga mampu memotivasi orang-orang untuk bekerja keras dan memegang teguh prinsip Dalihan Na Tolu, prinsip ini menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Batak hingga saat ini.


Nah, ulasan tersebut diatas semoga menumbuhkan keinginan kamu untuk berkunjung ke Sumatera Utara khususnya ke kabupaten Samosir. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang destinasi wisata di kabupaten Samosir, silahkan baca di tulisan kami: 5 Tempat Wisata Terbaik Di Samosir. Have great trip buddy!! J (Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net