Home » , , » Indahnya Wisata Gundaling Berastagi

Indahnya Wisata Gundaling Berastagi

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Sunday, November 16, 2014 | 1:59 PM


PariwisataUMUT.net - Pariwisata Karo cukup potensial di Sumatera Utara untuk menarik minat berkunjung wisatawan, salah satu tempat wisata yang terkenal di Kabupaten Karo adalah Gundaling. Destinasi wisata alam ini menyuguhkan pemandangan alam dan juga wisata belanja. Gundaling Berastagi berada di ketinggian 1.575 diatas permukaan laut. Gundaling yang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Medan ini kerap diidentikan dengan sebuah kisah yang juga menjadi latar sejarah mengapa tempat ini dinamai Gundaling.

Sejarah nama Gundaling sebenarnya cukup unik dan menyedihkan, Gundaling adalah singkatan dari Bahasa Inggris 'good bye my darling". Nama ini berasal dari kisah percintaan sepasang kekasih berbeda suku, suatu ketika seorang pria berkebangsaan Inggris datang menjajaki Kabupaten Karo untuk menyiarkan agama Kristen. Suatu ketika sang pria tengah berjalan-jalan di sebuah Bukit dan cinta pada pandangan pertama itu terbukti, ia jatuh hati kepada seorang perempuan yang merupakan putri dari keluarga Karo. Kisah percintaan beda suku akhirnya mendapat pertentangan dari orang tua perempuan, atas ketidaksetujuan tersebut, sang perempuan akhirnya dijodohkan dengan seorang pria lain. dengan bersemnuyi-sembunyi kedua pasangan terlarang itu akhirnya membuat kesepakatan untuk kawin lari. Di hari H sang pria dengan penuh pergolakan menunggu wanita Karo dambaan hatinya dengan harap-harap cemas. Sang wanita mencoba melarikan diri dari rumah namun malang sekali ia kedapatan oleh orangtuanya saat itu juga sang perempuan dinikahkan dengan pria pilihan orangtua. Si lelaki keturunan Inggris semakin galau, waktu terus bergulir dan wanita yang ia harapkan menjadi isteri belum juga muncul. Berderai air mata, ia kemudian berteriak memanggil sang wanita: "darling, darling". Tetapi teriakan tersebut hilang di telan angin yang berhembus, langkah gontai dan airmata menjadi teman sejatinya meninggalkan tempat dimana mereka jatuh cinta pertama kalinya. Ia kemudian kembali ke negara asalnya.


Kisah klasik tersebut menjadi sebab mengapa destinasi wisata di Kabupaten Karo ini dinamai Gundaling. Keindahan Panorama alam di Bukit Gundaling bahkan dimuat dalam lirik lagu khas suku Karo salah satunya adalah lagu Gundaling Kenangen ada sebuah hotel yang mengambil kisah tersebut menjadi nama yakni Gundaling Hill Hotel dan tak ketinggalan sebuah peternakan di Kab Karo yang memiliki nama perusahaan Gundaling Farm.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Gundaling, Namun utamanya adalah melihat pemandangan eksotis Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Kawasan Wisata Gundaling dapat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Bila anda hendak berkeliling, maka menunggangi kuda adalah aktivitas yang wajib. Jangan lupa menikmawi eko wisata Gundaling Farm untuk mengenal lebih dekat proses pembuatan susu alami. Fasilitas di Gundaling sudah sangat memadai, tersedia fasilitas lengkap bagi para wisatawan yang datang berkunjung seperti restaurant dan juga akomodasi. Salam Peduli Pariwisata Sumut (Oleh: Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net