Home » , , , , , » 10 Tempat Wisata Di Humbahas

10 Tempat Wisata Di Humbahas

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Thursday, December 4, 2014 | 2:14 PM

pariwisataSUMUT.Net - Pariwisata Humbang Hasundutan adalah bagian tak terpisahkan dari Provinsi Sumatera Utara. Terbentuk pada tahun 2003 silam, Humbahas semakin berbenah agar sejajar bahkan melebihi kemajuan yang telah diraih kabupaten lain di Sumut. Bakkara kota memikat sejak dulu kala, kebudayaan Batak yang begitu erat masih dirangkul oleh masyarakat, pesona alam memukau dan cita rasa kuliner khas Humbahas yang menggugah selera, ayo berlibur ke Humbang Hasundutan.

Aek Sipangolu
Lebih dikenal penduduk setempat dengan nama Aek Sipangolu, secara harfiah dalam bahasa lokal, Sipangolu berarti pemberi kehidupan/menghidupan kembali. Keberadaan Aek Sipangolu telah dijadikan sebagai destinasi wisata air di Humbahas karena sudah dikelola secara baik. Sarana dan prasarana cukup memadai, selain menikmati keindahan wisata alam, anda juga secara tidak langsung telah berada di situs sejarah Sisingamangaraja. Jarak dari Dolok Sanggul, ibukota Kab Humbahas sekitar 17 km. Lokasinya berada di desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja.

Istana Sisingamangaraja
Berjarak sekitar 16 km dari Dolok Sanggul, anda akan menelusuri Istana Sisingamangaraja sang pahlawan Batak yang berjasa besar di tanah Batak. Istana ini terletak di Desa Simamora Kecamatan Bakti Raja. Menurut penuturan penjaga, di sebuah sumur di komplek istana ini dimakamkan kepala dari Raja Sisingamangaraja dan anggota tubuhnya dimakamkan disebuah bukit ketika berperang melawan Tuanko Rao. Tempat wisata sejarah di Humbahas ini kerap dikunjungi wisatawan untuk berziarah. Sarana dan prasarana sudah memadai. Rumah khas Batak dan elemen budaya Batak lainnya dapat anda temukan juga sekitar komplek istana.

Air Terjun Binanga janji
Pesona wisata Danau Toba semakin lengkap karena keberadaan Air Terjun Binanga Janji di Baktiraja. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Air Terjun Binanga Janji dipercaya sebagai tempat para raja-raja Batak berikrar atau berjanji dalam hal kesetiaan semasa perang. Sarana dan prasarana cukup memadai, berjarak sekitar 22 km dari Kota Dolok Sanggul, Binanga Janji semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari libur maupun hari biasa.

Sipinsur Humbahas
Perbukitan indah dengan panorama epik Danau Toba yang meliputi kab Tapanuli Utara, Humbahas dan Tobasa ini bernama Sipinsur. sipisur semakin dikembangkan sebagai destinasi wisata di Humbahas karena keistimewaannya. Di Sipinsur anda dapat berkemah (camping ground) atau berwisata olahraga. Di lokasi wisata ini telah disediakan fasilitas-fasilitas seperti restaurant, hotel/penginapan, tempat permainan anak-anak dan juga toko souvenir. Luasnya area Sipinsur membuat objek wisata yang ditumbuhi oleh pohon pinus ini dijadikan sebagai lokasi tracking dan juga kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Air Terjun Sampuren Pollung
Objek wisata yang satu ini masih baru saja ditemukan sehingga tak banyak yang mengetahui keberadannya> Sampuren Pollung berada di desa Purba Baringin, menempuh sekitar 36 km dari Dolok Sanggul. Keindahan Air Terjun Sampuren Pollung terletak pada air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 65 meter. Sungguh menakjubkan, keterpanaan anda akan semakin bertambah melihat keberadaan pasir putih di sisi sungai yang menyerupai pantai sehingga kerap juga disebut sungai berpantai. Namun fasilitas dan aksesibilita menuju objek wisata belum cukup memadai.

Danau Tao Silosung
Sebenarnya dalam bahasa Batak, Tao berarti Danau. Namun agar semakin jelas mengenai objek wisata yang satu ini maka diberi label Danau Tao Silosung. Losung adalah wadah tempat menumbuk padi. Berkaitan dengan namanya, danau ini terbentuk karena perkelahian dua orang bersaudara di masa lampau. Tao Silosung berada di Desa Sinambela Kecamatan Baktiraja. Menempuh jarak sekitar 24 km dari Dolok Sanggul. Di lokasi ini anda dapat memancing, berenang atau sekedar menikmati pemandangan. Sarana dan prasarana masih belum cukup memadai.

Pulau Simamora
Mereka yang bermarga Simamora dapat berbangga hati karena sebuah pulau di kawasan Danau Toba yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Humbahas ini diberi nama Pulau Simamora. Pulau ini memang tidak terlalu luas, namun bentuknya yang berupa gundukan hijau terlihat begitu indah. Anda dapat menggunakan sampan untuk menuju pulau. Pulau Simamora memang dikaitkan dengan tipang sejarah marga Simamora. Pulau yang tidak terlalu jauh dari Bakkara ini memang sangat potensial dikembangakan sebagai daerah tujuan wisata.

Goa Pertenunan Ibunda Sisingamangaraja
Kawasan Gua Pertenunan ini didominasi hutan hijau, keberadaannya yang sarat dengan nilai sejarah dan budaya menjadikan Gua Partonunan kerap menjadi lokasi wisata sejarah. Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat Humbang Hasundutan, Goa ini merupakan tempat bagi ibunda Sisingamangaraja melakukan aktivitas menenun tatkala sang suami atau ayah dari Sisingamangaraja pergi merantau. Terletak di Desa Marbun Kecamatan Baktiraja, Goa Partonunan ini berjarak sekitar 18 km dari Dolok Sanggul

Tombak Sulu-Sulu
Ketika Raja Sisingamangaraja masih kecil, hutan merupakan tempatnya bermain. Menurut penuturan warga, pohon disekitar hutan seolah menurut kepada Raja Sisingamangaraja, apabila ia menggantungkan diri di pohon dengan posisi terbaik maka pohon tersebut akan ikut serta mengikuti. Di lokasi wisata sejarah ini terdapat pohon berusia ratusan tahun bahkan anda juga dapat menyaksikan bebatuan karst yang diduga merupakan muntahan letusan dari Gunung Toba.

Selain objek wisata tersebut di atas, masih banyak destinasi wisata lainnya di humbahas yakni: Gua Sihonom, Batu Hundul-Hundulan, Danau Sipinggan, Makam Raja Sisingamangaraja, Lembah Bakkara, Hariara Tungkot, Dolok Pesona, Batu Parsadaan, Makam Putri Sisingamangaraja XII, Markas Raja Sisingamangaraja XII dan Wisata Megaltik Batak Desa Tipang. 

Nah, bila kamu tertarik melakukan kunjungan ke Humbahas dapat menggunakan transportasi darat dari kota Medan menuju Dolok Sanggul. Selain itu juga dapat menggunakan transportasi udara dari KNIA - Deli Serdang ke Bandara Udara Silangit. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net