Home » , » Telusur Gua Liang Dahar

Telusur Gua Liang Dahar

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, December 22, 2014 | 12:28 PM

PariwisataSUMUT.net - Berwisata speologi tentu menjadi agenda penting dalam sebuah perjalanan wisata geo. Gua Liang Dahar di Kabupaten Karo melengkapi refrensi Gua di Sumatera Utara yang jumlahnya sangatlah banyak dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi Gua Liang Dahar terletak di Desa Lau Buluh yang masuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Kuta Buluh di Kabupaten Karo. Ada satu lagi tempat wisata sejenis di Kab Karo yang bernama Gua Lingling Gara. Rute menuju Gua Liang Dahar dapat dilalui melalui Kota Medan ke Berastagi dan langsung ke Desa Lau Buluh. Membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.


Keindahan stalagmit dan stalagnit di Gua Liang Dahar tak perlu diragukan lagi. Kedalamannya yang mencapai 200 meter dari permukaan tanah menjadikan kontur gua lembab. Jangan terkejut bila menemukan kelelawar di sekitar, pemandangan seperti ini juga dapat anda saksikan di Gua Kampret – Langkat. Terdiri dari 3 ruang besar yang luasnya berbeda antara yang satu dengan lainnya. Ketika memasuki areal gua, maka pemandangan akan tertuju pada ruangan seluar 500 meter persegi, dan selanjutnya ruangan yang lain memiliki luas 400 dan 300 meter. Bila anda merasa lelah, istirahatlah sejenak merasakan kesegaran mata air di dalam gua. Aliran air ini juga dipergunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat Karo yang berada di sekitar Desa Laubuluh kerap menangkap kelelawar-kelelawar tersebut untuk dijadikan makanan, nah.. anda ingin mencoba?. 
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net