Home » , » Sejarah Suku Batak

Sejarah Suku Batak

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Tuesday, January 13, 2015 | 2:39 PM


PariwisataSUMUT.net - Suku Batak bermukim di Provinsi Sumatera Utara Indonesia. Asal usul suku Batak terdiri dari beberapa versi yang berbeda. Menurut mitologi Batak atau kepercayaan suku Batak, mereka merupakan turunan dari seorang raja yang lahir dari Pussuk Buhit (Puccuk Buhit), sebuah gunung di kawasan Danau Toba. Hingga kini gunung tersebut masih dianggap sakral oleh Suku Batak terutama Batak Toba. Terdapat beberapa situs yang hingga kini masih dijaga oleh Suku Batak (baca: Batu Hobon dan 7 Keajaiban)

Berdasarkan penelitian yang berkembang, Suku Batak merupakan penutur bahasa Austronesia. Para peneliti belum dapat menemukan fakta sejarah terkait kedatangan nenek moyang orang Batak untuk pertama kalinya bermukim di Tapanuli juga Sumatera Timur. Spekulasi yang berkembang menyatakan bahwa Batak berasal dari Taiwan pada zaman Neolitikum. Diduga nenek moyang Suku Batak datang ke Tapanuli pada zaman logam. 

Pengelompokan suku Batak ke dalam beberapa bagian (clan) yakni Toba, Karo, Pakpak, Mandailing, Simalungun dan Angkola kini mendapat pertentangan dari clan itu sendiri. Beberapa clan tersebut tidak serta merta mengakui bahwa mereka adalah bagian dari Suku Batak. (Antonius Naibaho)


Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net