Home » , , , » Desa Bali di Pegajahan Serdang Bedagai

Desa Bali di Pegajahan Serdang Bedagai

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Monday, June 29, 2015 | 12:30 PM


pariwisataSUMUT.Net - Desa Bali atau lebih kerap disebut Kampung Bali, merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Serdang Bedagai. Membutuhkan wakut sekitar 2 jam dari Kota Medan, Kampung Bali yang berada di Desa Pegajahan layak dijadikan sebagai list tempat wisata yang harus anda kunjungi bila berada di Sumatera Utara.

Setelah mengalamai insiden salah jalan, akhirnya tim kami PariwisataSUMUT.Net dan Traveling Medan Comm tiba di Desa Pegajahan. Rute dan banyaknya simpang di sekitar kawasan Kecamatan Pegajahan cukup membuat kami kelimpungan. Tak banyak yang bisa kami lakukan kecuali bertanya kepada setiap penduduk. Para warga lokal lebih mengenal Kampung Bali sebagai Desa Pegajahan. Jadi bila anda bertanya, silahkan ajukan lokasi Pura Bali atau Desa Pegajahan.


What To Do
Bagi anda para pecinta wisata sejarah, tak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Anda dapat belajar terkait keberadaan Pura Penataran Dharmaraksaka kepada pengurus pura, meski telah berusia cukup tua, bapak yang sangat ramah dan selalu menyunggingkan senyum ini tak bosan menjawab ragam pertanyaan yang kami ajukan. I Made, namanya singkat dan tentu saja identik dengan kebudayaan Bali. Beliau juga menjelaskan terkait pemberian nama dalam adat-istiadat suku Bali, seperti perbedaan nama I dan Ni. I merujuk kepada lelaki dan Ni merujuk kepada perempuan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sejarah Kampung Bali
Pura yang didirikan sejak tahun 1989 ini menjadi saksi bisu para transmigran dari Tanah Bali ke Sumatera Utara. Mereka dipekerjakan sebagai buruh di kawasan perkebunan sawit yang dapat anda lihat langsung disekitar kawasan kab Serdang Bedagai yang begitu luas. Pura Dharmaraksaka memiliki nilai historis yang tinggi, bagimana kebudayaan dari daerah lain dapat diterima oleh penduduk setempat. Meski demikian, hanya tersisa 10 keluarga yang masih menganut agama Hindu di Desa Pegajahan. Menurut penuturan bapak I Made, sebagian umat Hindu yang dulunya tinggal di daerah ini telah kembali pulang ke Bali, sebagian juga telah pindah aliran ke agama lain. Bila anda berkenan, silahkan berkunjung ke Desa Bali atau Desa Pegajahan. Salam Peduli Pariwisata SUMUT. 
(Antonius Naibaho)
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net