Home » , , , » Makam Raja Sisingamangaraja, Berwisata Sejarah Ke Humbahas

Makam Raja Sisingamangaraja, Berwisata Sejarah Ke Humbahas

Posted By Admin: pariwisata SUMUT on Friday, March 11, 2016 | 12:02 PM


pariwisataSUMUT.Net - Humbang Hasundutan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Humbahas dikenal dengan suguhan menarik akan panorama alam Danau Toba, akan tetapi tidak hanya itu, kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Tapanuli Utara ini memiliki tempat wisata bersejarah yakni Makam Raja Sisingamangaraja.

Untuk menuju lokasi, anda membutuhkan waktu sekitar 11 jam perjalanan dari Kota Medan bila menggunakan transportasi darat ke Kota Dolok Sanggul. Dari Dolok Sanggul silahkan kemudikan kenderaan anda atau menggunakan transportasi umum ke Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja. Nah sesampainya di lokasi, bersiaplah mengenal perjuangan dan latar sejarah dari salah satu pahlawan besar pada masanya, Raja Sisingamangaraja.

Berbicara tentang Sisingamangaraja, pahlawan bermarga Bakkara ini, anda tentu akan teringat bagaimana perjuangan yang beliau lakukan untuk mengusir penjajah. Selain itu, Raja Sisingamangaraja adalah pendiri dari Ugamo Malim, sebuah kepercayaan lokal yang hingga saat ini masih dianut oleh sebagian masyarakat Batak yang tinggal di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara. Raja Sisingamangaraja dipercaya memiliki kekuatan supra natural, beliau dapat bersembunyi di balik sehelai daun, sesuatu hal yang mustahil di masa kini. Makam Raja Sisingamangaraja telah dipugar oleh pemerintah setempat, mengingat bahwa peranannya yang begitu besar dan juga sebagai wujud menghargai pahlawan sehingga kelak, anak cucu kita mengenal arti dari perjuangan. 
Terdapat beberapa rumah adat Batak dengan ornamen gorga (kerajinan ukir khas Batak), sebuah sumur tua dan beberapa peninggalan dari Raja Sisingamangaraja. Dan yang paling menarik adalah sebuah bendera berwarna merah dengan gambar dua buah pedang serta tanda bintang dan bulan. Menarik, bukan?. Lain lagi penuturan penjaga makam yang mengatakan bahwa kepala dari pahlawan kita tersebut ada di sumur tua dan badannya berada di sebuah puncak perbukitan yang dimana beliau pernah bertempur dengan 

Bagaimana? tertarikkah anda menelusuri sejuta manikam pariwisata Sumatera Utara? selain wisata sejarah, anda juga dapat menelusuri tempat wisata lainnya dan tentu menarik, Jangan lupa membaca artikel kami lainnya seperti Tempat Wisata di Humbang Hasundutan yang tentu saja penting bila anda ingin menjejakkan kaki ke kabupaten ini. Salam sejuta manikam Pariwisata Sumatera Utara. Salam Peduli Pariwisata Sumut.
Share this article :
Facebook
0 Komentar
pariwisatasumut.net team

Post a Comment

kami independen, jadi... sila berkomentar dengan sopan dan juga kritik konstruktif. Salam Peduli Pariwisata Sumut.

 
Copyright © 2014 - 2016. Pariwisata Sumut - All Rights Reserved
Team Pariwisata SUMUT Net