Widget HTML Atas

9 Lagu daerah dari Sumatera Utara

Pariwisata Sumut - Lagu daerah merupakan identitas bagi suatu suku yang mendiami suatu wilayah, Adapun lagu-lagu daerah dari Sumatera Utara yang terkenal diantaranya:

1. Anju AhuLagu ini berasal dari tanah Tapanuli, berisikan tentang seorang pemuda yang ingin mendapatkan pengertian dari sang kekasih.

2. Butet
Lagu Batak yang paling terkenal ini berasal dari tanah Tapanuli, mengutarakan tentang seorang ibu yang bernyanyi tentang ayah dari sang anak di masa perang.

3. Dago Inang Sarge
Lagu berirama seperti pantun ini berasal dari daerah Toba, syairnya merupakan kumpulan dari beberapa pantun atau umpasa.
Baca Juga: Pemandian Air Panas Simolap di Langkat
4. LisoiLagu ini  menggambarkan orang Batak memiliki tradisi meminum tuak, tradisi ini masih kerap ditemui di pedesaan maupun daerah perkotaan, tak  jarang pula tradisi minum tuak dimasukkan sebagai bagian dari adat istiadat turun menurun.

5. Sing Sing So
Lagu Sing Sing So merupakan lagu bernuansa sedih akan rasa rindu terhadap orangtua, sanak saudara dan tanah kelahiran

6. Piso SuritLagu Piso Surit berasal dari tanah Karo, menggambarkan tentang rasa rindu seseorang terhadap kekasihnya yang tak tau dimana rimbanya.

7. Kekelengenku Tanoh PakpakLagu ini berasal dari daerah Pakpak, menggambarkan tentang rasa cinta dan kekaguman terhadap tanah Pakpak.
Baca jugaRumah Adat Tradisional dari Sumatera Utara
8. SittogolBerasal dari daerah Mandailing, lagu Sittogol merupakan lagu bertempo cepat yang mana isinya mengajak untuk bergembira ria dan melepaskan diri dari rasa susah hati.

9. Cikala Le Pong-Pong
Merupakan sebuah lagu tradisional dengan tempo up beat. Lagu ini sangat populer di masyarakat pakpak. Lagu Cikala Le Pong-Pong kerap dinyanyikan baik diacara formal maupun diacara non formal.

Lagu lagu yang berasal dari setiap daerah merupakan bukti keberagaman dan kekayaan budaya berupa di Indonesia. Sebagai warga negara yang hidup di tanah air ibu pertiwi sudah sepantasnya kita melestarikan kebudayaan tersebut. (LN/PSN)