Top Ad unit 728 × 90

Nih 10 Tempat Wisata di Sumatera Barat Paling Terkenal, Sudah Berkunjung?

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat - Menjadi salah satu destinasi terbaik di Andalas, Sumatera Barat memiliki pertumbuhan sektor pariwisata yang cukup signifikan dibandingkan dengan sederet provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Sumatera Barat memang paket lengkap bagi setiap wisatawan, provinsi yang beribukotakan Padang ini punya laut memukau, budaya yang original serta kuliner yang acap kali menuai perhatian dunia. Jika kamu hendak liburan ke Padang, 10 objek wisata berikut dapat kamu jadikan referensi terbaik.

pulau mentawai - image: instagram.com/_adnan1247
Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai dihuni oleh etnis mentawai, belum jelas darimana sebenarnya asal dari suku ini karena hasil dari beberapa penelitian menyatakan bahwa suku Mentawai berasal dari Nias yang bermigrasi namun ada pula menyatakan jika suku Mentawai adalah masyarakat asli Padang dan menetap di pulau nan indah tersebut.

Ketertarikan wisatawan terutama dari luar negeri terhadap kepulauan Mentawai tidak lepas dari suku di pulau itu sendiri yang amat unik dan masih menyatu dengan alam. Dalam pengertian bahwa mereka tidak terlalu tersentuh dengan kemajuan peradaban atau modernisasi.

Kepulauan Mentawai terdiri dari beberapa gugusan pulau dikelilingi oleh Samudera Hindia. Keindahan panorama bawah laut seperti terumbu karang, laut biru dan ikan yang hidup ditengah biota laut menjadi pemandangan yang amat menakjubkan.

ngarai sianok - image: instagram.com/rizky_mahmuja/
Ngarai Sianok
Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi wisata di Bukit Tinggi, Sumbar, cukup terkenal karena pesona manikam yang begitu indah dan luar biasayang. Banyak wisatawan menghabiskan waktu lama untuk melihat dan menikmati ngarai sianok yyang menyandang status sebagai ngarai terbesar di Sumatera Barat.

danau singkarak - image: instagram.com/darojatfc/
Danau Singkarak Sumatera Barat
Danau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat. Danau ini telah menjadi daerah tujuan wisata sejak dahulu. Keindahan alam ditambah pemandangan memukau menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Keberadaan rumah tradisional minang, Rumah Gadang dibeberapa titik tepat ditepi danau menambah ekstotisme tanah ibu pertiwi.

museum adityawaman - image: instagram.com/shantie_syifa

Museum Negeri Adityawarman
Museum terbesar di Sumatera Barat ini terletak di Padang. Menyimpan berbagai jenis peninggalan pra-sejarah, koleksi keramik cina, arkeologi, kebudayaan masyarakat sumbar berupa seni rupa, heraldik, dan numismatik. Salah satu daya tarik museum negeri satu-satunya di Sumbar ini adalah adanya koleksi suku Mentawai yang banyak diminati oleh para wisatawan.

desa wisata pariangan - image: instagram.com/apixphotography
Desa Wisata Pariangan Sumatera Barat
Pengembangan desa wisata di Indonesia menumbuh-kembangkan minat masyarakat untuk bekerja di industri pariwisata semakin besar. Bila di Sumatera Utara terdapat desa wisata Jangga, desa Wisata Dokan dan desa Wisata Simanindo maka di Sumatera Barat terdapat desa Wisata Pariangan. Berkunjung di desa ini maka anda akan akan terbawa dan melebur seperti masyarakat minangkabau.

pantai bungus padang - image: instagram.com/not_twinsisters
Pantai Bungus
Pantai Bungus merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan terlebih saat musim liburan tiba. Letaknya yang cukup strategis dengan hamparan air laut beradu dengan langit biru ditambah pasir disepanjang bibir pantai akan membuat anda takjub adan bersyukur atas ciptaan sang khalik. Pantai ini cocok bagi anda yang ingin berwisata keluarga ke Sumatera Barat.

gunung pasaman: image: instagram.com/ogyfathulbahri
Gunung Pasaman
Gunung tertinggi di Sumatera Barat ini merupakan salah satu spot bagi anda yang suka berpetualang dan menaklukkan tantangan menuju puncak. Gunung Pasaman  kerap dikunjungi oleh para pendaki karena keindahan alam Sumatera Barat akan terasa begitu matahari saat sunset dan sunrise yang mana keduanya akan terasa sangat sempurna bila dinikmati dari puncak gunung.
Taman Siti Nurbaya
Bila anda berasal dari Indonesia tentu saja pernah mendengar istilah Siti Nurbaya. Nah… cerita ini berasal dari Sumatera Barat. Mengkisahkan tentang seorang wanita yang dijodohkan dengan seorang saudagar kaya raya tua oleh orangtuanya. Istilah “Zaman Siti Nurbaya” masih trend hingga saat ini bila ada orangtua yang menjodohkan buah hatinya tanpa memperdulikan perasaan. Taman Siti Nurbaya adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kekuatan legenda dan cerita tentang Siti Nurbaya mampu menarik wisatawan terutama dari Indonesia.

puncak lawang - foto: instagram.com/renaldo.pp
Puncak Lawang
Bila di jawa istilah puncak mengarah ke Bogor maka lain halnya dengan Puncak menurut masyarakat Sumatera barat yang identik dengan Puncak Lawang. Bila anda berkunjung kedaerah wisata yang satu ini maka hijaunya alam dan segarnya udara yang berhembus akan membuat kaki enggan untuk beranjak.Puncak Lawang kerap dijadikan sebagai tempat wisata keluarga karena suasananya yang terasa damai.

Pantai Air Manis
Letak pulau Andalas yang bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia menjadi salah satu faktor keberagaman wisata bahari bagi beberapa provinsi di pulau Sumatera tak terkecuali Sumatera Barat. Pantai Air Manis adalah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tidak begitu jauh dari kota Padang. Sarana dan prasarana yang lengkap ditambah pasir pantai disepanjang bibir pantai merupakan daya tarik bagi setiap pelancong di Pantai Air Manis.(Ted/PSN)
Nih 10 Tempat Wisata di Sumatera Barat Paling Terkenal, Sudah Berkunjung? Reviewed by Pariwisata Sumut on February 12, 2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Powered by Blogger.