Widget HTML Atas

Istana Niat Lima Laras, Telusur Kebudayaan Melayu Pesisir di Tanjung Tiram Batubara

Tak akan ada yang besar bila tak menghargai sejarah, pepatah lama yang mungkin terabaikan oleh kita. Begitu juga dengan salah satu destinasi wisata di Batubara ini yang diberi nama Istana Niat Lima Laras. 

Didirikan oleh Datuk Muhammad Yuda pada tahun 1883 hingga berakhir pada tahun 1919, Istana Niat Lima Laras menjadi pusat ekonomi, pemerintahan dan sosial dimana pada saat itu - sistem kesultanan masih berlaku seperti di kawasan yang mayoritas penduduknya bersuku Melayu lainnya di Indonesia.

istana niat lima laras - tanjung tiram
Sejarah Kesultanan Di Istana Niat Lima Laras
Situs peninggalan dari kesultanan yang terletak di kabupaten Batubara ini menghantarkan kita kepada sejarah yang sedikit terlupakan, tak banyak yang tahu bahwa istana Niat Lima Laras tidak kalah jauh epic dengan istana Maimun (Istana Deli) di Medan. Sejarah kesultanan Melayu Pesisir di Batubara mencapai puncak kejayaanya ketika dipimpin oleh sultan ke-sebelas yakni Datuk Muhammad Yuda dan sultan ke-duabelas bernama Datuk Muda Abdul Roni. Pengaruh kesultanan Niat Lima Laras bahkan sampai ke tanah Jawa di Simalungun dan pulau Bandreng di Asahan.

Bentuk Istana Niat Lima Laras
Berarsiktektur perpaduan Melayu, Eropa dan Cina dengan rumah panggung. Nuansa kuning yang merupakan salah satu perlambang Melayu di dunia mendominasi warna istana. Terdiri dari dua lantai yang mana lantai dasar digunakan sebagai tempat bermusyawarah ketika itu dan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kesultanan. Memiliki luas 40x35 meter persegi dengan luas lahan mencapai 102 x 98 meter.

Baca juga artikel menarik lainnya:
9 Tempat Wisata di Berastagi untuk Liburan 1 Hari
11 Tari Adat Pakpak yang Perlu Kamu Ketahui

Rute Menuju Istana Niat Lima Laras
Dari kota Medan dapat menggunakan transportasi roda dua atau roda empat menuju kabupaten Batubara. Bila anda menggunakan angkutan umum silahkan menggunakan bus kartika atau bus lintas Sumatera yang melewati Batubara. Sesampainya di Batubara silahkan menggunakan jasa angkutan betor (becak bermotor)

Nah, bagi kamu pecinta wisata sejarah dan budaya, masukkan Istana Niat Lima Laras sebagai refrensi kamu bila hendak berkunjung ke objek-objek wisata budaya di Sumatera Utara. (LN/PSN)