Widget HTML Atas

22 Tempat Wisata Di Kabupaten Batubara

Wisata Batubara - Kab. Batubara merupakan bagian dari provinsi Sumatera Utara. Memiliki keindahan dan pesona adalah ciri khas dari daerah yang mayoritas penduduknya adalah suku Melayu ini. Kabupaten Batubara tidak hanya memiliki wisata alam, akan tetapi wisata sejarah dan budaya adalah tujuan wisatawan baik domestik maupun internasional ke kawasan ini. Destinasi wisata Batubara tentu saja menambah sektor Pariwisata Kabupaten yang tak jauh dari Selat Melaka ini.

Batubara regency, part of North Sumatra Province. Batubara well known as the Melayunese land. By that reason, peoples who visit this place will not only see the beautifull panorama but also culture, culinary and history.


Berikut ini beberapa destinasi wisata di kabupaten yang beribukotakan Lima Puluh yang layak anda kunjungi:

1. Sumur Bor Simpang Dolok
Wisata heritage di kab Batubara ini merupakan peninggalan sejarah dari negara Belanda yang pada masa itu menjajah Indonesia. 

2. Kubah Datuk Batubara
Kubah datuk Batubara dikenal sebagai sejarah dan awal mula terbentuknya nama kabupaten dan kota Batubara. Berada di Kuala Gunung, Lima Puluh Kota

3. Meriam Simpang Dolok
Wisata Sejarah, meriam Simpang Dolok juga sama dengan dua meriam lainnya, Meriam Simpang Dolok adalah pemberian dari Kesultanan Siak yang ada di provinsi Riau.

4. Kantor Camat Lama
Bangunan ini merupakan sebuah bangunan tua yang masih terawat hingga kini, dibelakang bangunan terdapat sebuah istana yang dulunya didiami oleh kesultanan Lima Puluh.

5. Pantai Sejarah
Disebut sebagai pantai Sejarah karena pantai ini memiliki nilai history saat penjajahan Jepang tengah menguasai kawasan Batubara kala itu. Pantai dengan suguhan pasir putih ini dahulunya dilalui oleh Jepang ketika mereka pertama kali melakukan ekspansi.

6. Istana Niat Lima Laras
Wisata Budaya, Menjadi kebanggaan dari masyarakat Melayu yang tinggal di kabupaten Batubara. Memiliki keindahan pada design arsitektur yang dirancang khusus oleh seorang arsitek berkebangsaan asing.

7. Situs Pekuburan Mesjid Lama
Wisata Sejarah, Kesultanan di Batubara dapat disandingkan dengan Kesultanan Melayu di tanah Deli. Situs pekuburan Mesjid Lama adalah areal pemakaman Sultan Datuk Abdul Jalil dan ayahnya.

8. Pulau Pandang
Wisata bahari, objek wisata yang satu ini adalah icon pariwisata dari Pariwisata kab Batubara. Kerap dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri menjadi area bahari yang begitu menggoda untuk dijelajahi. Baca selengkapnya: 

9. Mesjid Indra Pura
Wisata religi dan sejarah, Mesjid Indrapura dikenal sebagai peninggalan kesultanan Indrapura di kabupaten Batubara pada tahun 1920.

10. Meriam Nanas Siam
Wisata Sejarah, Meriam peninggalan bersejarah ini berada di desa Nanas Siam kecamatan Madang Deras. Objek wisata ini dipugar oleh pemerintah kaena memiliki nilai historis tersendiri. 

11. Pulau Salah Namo
Wisata bahari, Pulau Salah Namo adalah satu dari 2 pulau yang berada di sekitar kawasan Selat Melaka Batubara. Memiliki panorama nan indah dan memukau pulau ini merupakan pulau terluar di Indonesia

12. Pantai Wisata Alam
Wisata bahari, pantai indah nan mempesona ini lebih dikenal dengan nama Pantai Datuk Kota Sungai Pasir. Pantai ini mungkin menjadi salah satu pilihan bagi anda yang menyukai ketenangan karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

13. Meriam Bogak
Meriam Bogak berada di Tanjung Tiram, sebuah kawasan di kabupaten Batubara yang menjadi pusat transportasi laut kab Batubara. Memiliki legenda yang unik sehingga kerap diadakan ritual.

14. Pantai Jono/Perjuangan
Wisata Bahari, bila Pantai Bunga sudah kerap dikunjungi, maka Pantai Jono atau Perjuangan lebih dikenal dan diminati karena sudah dibuka sejak lama. Pantai ini berada di Lalang, Akses yang mudah adalah alasan mengapa banyak pengunjung memilih tempat ini.

15. Istana Indra Pura
Wisata Sejarah, Istana Indra Pura adalah bagian yang tak terpisahkan dari Kesultanan Indra Pura. Meski kini sistem kesultanan tidak lagi dianut, akan tetapi keberadaaan Istana Indrapura akan memberikan pengetahuan luas bagi para pengunjung.

Baca juga: Tempat Wisata Menarik di Batubara

16. Benteng Jepang
Penjajahan Jepang di Batubara dimulai dari Benteng strategis di Lima Puluh. Selat Melaka sebagai wilayah dari kesultanan Batubara dan Lima Puluh tentu menjadi kawasan penting dalam hal transportasi laut.

17. Pantai Bunga
Wisata bahari, menjadi objek wisata yang paling kerap dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tidak jauh dari ibukota kabupaten. Memiliki fasilitas standard, Pantai Bunga memiliki keindahan alam yang masih belum terjamah.

18. Komplek Mesjid Padang Genting
Wisata Religi ini adalah peninggalan dari kerajaan Batubara. Saksi bisu kejayaan dari kesultanan Melayu pada masa dulu. Hingga kini mesjid ini masih terawat dengan sangat baik.

19. Danau Lau Tador
Wisata Alam di Batubara yang satu ini kini semakin dikembangkan untuk menarik minat wisatawan setelah terabaikan begitu lama. Kini anda dapat menikmati Danau Laut Tador bersama keluarga. Beberapa faslititas standard sudah disediakan oleh pihak pengelola.

20. Meriam Datuk Simuangsa 2
Meriam Datuk Simuangsa 2 adalah objek wisata sejarah, cagar budaya yang terletak di komplek Mesid Lamo Talawi. Peninggalan dari Datu Simuangsa yang pernah menjadi seorang sultan di kawasan Pesisis.

21. Singapore Land Park Batubara
Kerap disebut sebagai miniatur dari Singapura, objek wisata buatan yang berada di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) - KM 141 ini menyediakan beragam pilihan liburan seperti wahana air, restoran dan sederet spot foto yang instagenic.

22. Sumber Padi (Papsmer)
Destinasi 'baru' ini mulai populer pada 2017 lalu, hingga kini masih terus didatangi oleh pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Sumber Padi yang melengkapi Pemandian Air Panas di Sumatera Utara ini memiliki suhu air panas dan mengandung belerang. Terdapat beberapa kolam yang disediakan oleh pengelola.

Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu mendapatkan informasi terkait tentang Pariwisata Kabupaten Batubara. (LN/PSN)