Top Ad unit 728 × 90

6 Pemandian Air Panas Terbaik di Sumatera Utara

Pemandian air panas cukup diminati oleh publik. Selain untuk tujuan rekreasi, kandungan belerang murni dan mineral tinggi yang berasal dari dalam panas bumi dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama kulit.

Pada umumnya, lokasi pemandian air panas di Sumatera Utara berada di wilayah yang topografinya berada di area pegunungan. Sebut saja Karo dengan Sibayak hingga Pangururan dengan Pusuk Buhit.

pemandian air panas di sumut - foto: @novia_hh
Berikut adalah daftar pemandian air panas terbaik di Sumut, baik yang sudah ditatakelola oleh pemerintah maupun swasta dan sudah memiliki fasilitas memadai.

1. Aek Rangat Pangururan Hotspring
Sejarah geografi Toba yang berawal dari letusan gunung merapi menyisakan Pusuk Buhit di Samosir. Tepat di bawahnya, ada Aek Rangat (Air Hangat) yang kerap disambangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan sumber mata air secara langsung dan landskap Danau Toba yang mengagumkan di Aek Rangat Pangururan yang terletak di Siogung-Ogung ini.

aek rangat samosir - foto: instagram/andretriutama_
Detail Pangururan Hotspring
Tiket masuk Aek Rangat pangururan tidak ada (gratis)
Setiap rumah makan (restoran) di sekitar Aek Rangat menyediakan kolam pemandian yang dipisah berdasarkan laki-laki dan perempuan
Peta lokasi: Aek Rangat Pangururan
Panduan dan artikel selengkapnya: Indah! Yuk Berwisata ke Aek Rangat di Samosir, Danau Toba

2. Pemandian Lau Sidebuk-Debuk
Berada di bawah kaki gunung Sibayak, Karo, Lau Sidebuk-Debuk tak pernah sepi terutama menjelang akhir pekan. Setiap pengunjung diwajibkan membayar retribusi resmi Rp5.000/orang. Kawasan ini semakin komplit karena terdapat hotel dan penginapan. Tentu saja, masing-masing memiliki kolam renang dengan pemandian air panas belerang.

pemandian air panas di karo - foto: instagram/iceteaworld
Pemandian Alam Sidebuk-Debuk
Tiket masuk Lau Sidebuk-Debuk Rp5.000 (retribusi dinas pariwisata) tiket tersebut tidak termasuk biaya masuk ke lokasi pemandian
Terdapat beragam pilihan pemandian, seperti Hotspring Pesona Sibayak View, Sibayak Ncole, Rindu Alam Resort Berastagi, Pemandian Air Panas daun Paris, Mitra Sibayak Hotspring, Pemandian Alam Pariban, Hot Spring Green Suta dan lainnya.
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/3WTrUzS2qEx
Panduan dan artikel selengkapnya: Pemandian Lau Sidebuk-Debuk

3. Pemandian Sipoholon Crater
Paska meletusnya Dolok Martimbang, maka terbentuklah crater dan pemandian air panas di Tapanuli Utara yang dinamai Sipoholon. Geowisata ini amat menarik untuk ditelusuri karena terdapat perbukitan kapur nan unik.Tak sedikit pula yang menyematkan gelar 'Pamukkale Turki di Sumut' karena keindahannya.

pemandian air panas tapanuli utara - foto: instagram/benny_alfredo
Detail Pemandian Air Panas Sipoholon
Tiket masuk Pemandian Air Panas Sipoholon Rp5.000
Di sini juga terdapat beberapa tempat pemandian seperti seperti Sihol Hot Spring dan Pemandian Air Panas Lambok yang dikelola oleh perseorangan dengan beragam pilihan.
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/9MD2YyjfHwF2
Panduan dan artikel selengkapnya: Pemandian Air Panas Sipoholon Tarutung

4. Pemandian Panas Simolap
Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Langkat juga punya pemandian air panas yakni Simolap Marike. Pihak pengelola membuat beberapa kolam renang dengan air yang bersumber dari Marike, hasilnya cukup kreatif. Anda juga bisa menelusuri sederet tempat wisata lainnya di kawasan ini, seperti Goa Golap/Terang hingga menjelajah kawasan hutan di Maryke.

pemandian air panas di langkat - foto: instagram/wanda_jaws
Detail Air Panas Simolap
Tiket masuk Air Panas Simolap sekitar Rp10.000
Terdapat pemandian alam di bawah pengelolaan TNGL namun ada juga yang dikelola oleh masyarakat setempat
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/yAAE5NQtdVx
Panduan dan artikel selengkapnya: Pemandian Air Panas Simolap Langkat

5. Aek Milas Paringgonan
Pemandian panas di Desa Paringgonan, Barumun, Padang Lawas ini tergolong baru, namun fasilitasnya cukup modern dan lebih lengkap bila dibandingkan obyek wisata lain di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang menawarkan destinasi serupa. Letaknya Aek Milas Paringgonan yang berada di perbukitan membuat pengunjung leluasa memandang kontur alam di sekitar, epik! ditambah air belerangnya jernih dan tidak berbau.
aek milas paringgonan - foto: instagram/windaayunasari
Detail Air Panas Paringgonan
Tiket masuk Air Panas Simolap sekitar Rp10.000
Terdiri dari beberapa kolam terpisah, baik untuk anak-anak, wanita maupun pria. Akses jalan ke lokasi belum terlalu bagus.
Peta lokasi: https://goo.gl/maps/yAAE5NQtdVx

6. Pemandian Air Panas Sumber Padi
Terletak di Sumber Padi, Lima Puluh, obyek wisata baru di Batubara ini sangat ramai dikunjungi karena letaknya yang cukup strategis. Penduduk sekitar juga ramah. Kolam pemandiannya tidak dipisah dan dialiri oleh pancuran namun sudah tertata rapi.


Detail Air Panas Sumber Padi, Batubara
Tiket masuk Pemandian Air Panas Papsmer (Pemandian Air Panas Sumber Padi) Rp10.000
Jalan menuju lokasi sudah sangat memadai, pemandian tidak terpisah dan digabung. Terdapat warung dan gazebo kecil untuk istirahat
Peta lokasi Pemandian Sumber Padi: https://goo.gl/maps/EwdteuKNeVy

Setiap pemandian air panas di atas tentu dikenai biaya retribusi, namun sebanding dengan keindahan yang akan kamu peroleh. Jadi, hotspring mana yang sudah dan ingin kamu kunjungi?

Pastikan kamu sudah follow akun Instagram: @pariwisata_sumut untuk update informasi terkait pariwisata di Sumut. (Th.E/AN/PSN)
6 Pemandian Air Panas Terbaik di Sumatera Utara Reviewed by Pariwisata Sumut on 12/20/2018 Rating: 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

All Right Reserved By Pariwisata Sumut Net. Diberdayakan oleh Blogger.