Widget HTML Atas

Air Terjun Namu Belanga, Sejernih Kristal di Tengah Hutan

air terjun namu (namo) belanga
Pariwisata SUMUT - Air Terjun Namu Belanga berada di Desa Rumah Galuh kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Air terjun nan eksotis di tanah Melayu ini belum banyak diketahui oleh masyarakat dan juga pengunjung. Sama halnya seperti Negeri Suah, destinasi tersebut diprediksi akan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kabupaten Langkat memang memiliki sejuta pesona dan keindahan alam yang memukau, bertipe adventure. Demikian juga di Air Terjun Namo Belanga. Saat melancong ke salah satu air terjun di Sumut tersebut, Anda akan menikmati panorama dan tantangan layaknya seorang petualang di tengah hutan belantara.

Namo Belanga, Air Terjun Sejernih Kristal

Panorama memukau nan menggoda, seperti itulah kata yang layak disematkan pada objek wisata Air Terjun Siluman ini. Aliran air yang tidak terlalu deras, dengan suguhan yang begitu bening bak kaca akan mengajak Anda segera terjun dan menikmati kesegarannya.

Sangking beningnya, pesonanya sudah seperti kristal di tengah lebatnya hutan. Dinding bebatuan di sekitarnya yang ditumbuhi oleh lumut juga turut menambah keindahan. Dari sana, pengunjung dapat melompat ke permukaan air yang tenang.

1. Rute ke Lokasi Namo Belanga

namu belanga
Anda dapat menggunakan transportasi darat moda roda dua dan juga moda roda empat dengan jalur lintas Medan - Binjai - Desa Rumah Galoh - Air Terjun Namo Belanga. Dari Medan, Anda menghabiskan waktu sekitar 50 - 60 menit ke ke kota Binjai, sedangkan dari Binjai membutuhkan waktu sekitar 2 jam menuju Desa Rumah Galoh.

Dari Desa Rumah Galoh menuju ke Air Terjun Namu Belanga, pengunjung akan menghadapi jalur tracking yang lumayan menantang. Jadi sebelum datang, persiapkan diri sebaik mungkin. Mulai dari busana hingga stamina.

Baca Juga: Wisata Bukit Lawang Bahorok yang Menawan

2. Air Terjun Bertipe Musiman

Namun sayang, spot wisata di tengah hutan ini tidak seperti objek-objek wisata lainnya. Lantaran air terjun sebening kristal tersebut sama jenisnya dengan Simangande di Samosir. Dimana, keduanya hanya dapat dinikmati pada waktu tertentu saja yakni pada musim penghujan.

Pun, debit airnya tidak mudah ditebak, jadi bila dewi fortuna ada pada perjalanan Anda, maka Air Terjun Namu Belanga dapat disaksikan.

Biaya Masuk
Berkaitan dengan objek wisata Air Terjun Namu Belanga yang masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang, maka anda harus menggunakan jasa guide (ranger) untuk menyaksikan langsung objek wisata yang satu ini. Tiket masuknya sudah termasuk dalam paket wisata yang disediakan (LN/Foto Wendy Setiawan)